Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Intip Daftar Gaji Perawat di Indonesia Berdasarkan Tugasnya

Ternyata gaji perawat berbeda-beda tergantung ditugaskan di bagian apa. Simak penjelasan lengkapnya.
Hana Fathina
Hana Fathina - Bisnis.com 01 November 2022  |  09:15 WIB
Intip Daftar Gaji Perawat di Indonesia Berdasarkan Tugasnya
Gaji perawat di rumah sakit dan klinik - Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Daftar gaji perawat di Indonesia sangat beragam sesuai dengan wilayah tempat tugas dan statusnya termasuk PNS atau honorer. Tidak hanya itu, gaji perawat juga dibedakan jika bertugas di Rumah Sakit atau di Puskesmas dan ada juga penyesuaian berdasarkan kelulusan dan sertifikasi. 

Secara umum, perawat merupakan tenaga Kesehatan yang bertugas untuk menjaga dan merawat pasien. Perawat akan bekerja sama dengan dokter, bidan dan tenaga Kesehatan lainnya. Bahkan di rumah sakit perawat juga membantu pemeriksaan Kesehatan medis. 

Berikut ini adalah gaji perawat berdasarkan status dan tempat tugasnya yang sudah dilansir dari berbagai sumber:

1. Gaji perawat di rumah sakit

Pekerjaan sebagai perawat di rumah sakit bisa dijalani dengan sertifikat kelulusan S1 atau D3. Yang paling penting, kamu harus memiliki Surat Tanda Registrasi atau STR atau surat kompetensi resmi dari pemerintah. 

Saat ini pembuatan STR bisa dilakukan secara online. Kamu cukup menyiapkan ijazah kelulusan dan mengunjungi situs resmi Kemenkes. Jika kamu sudah memiliki STR, kamu bisa langsung menentukan jenis rumah sakit yang kamu inginkan, mulai dari rumah sakit pemerintahan, swasta atau rumah sakit di luar negri. 

Gaji perawat yang memiliki STR juga terbilang cukup besar, sekitar 4 hingga 7 juta rupiah perbulannya.

2. Perawat homecare

Selain dapat bekerja di rumah sakit, seorang perawat juga bisa memilih menjadi perawat homecare. Perawat homecare bertugas merawat bayi, anak kecil, lansia hingga pasien berkebutuhan khusus. 

Perawat di bidang ini umumnya memiliki waktu yang fleksibel. Selain itu, gaji yang diterima harus disesuaikan dengan kondisi pasien yang dirawat. Artinya, semakin banyak alat medis yang digunakan maka gaji perawat berpotensi semakin tinggi. 

Sama hal nya jika bekerja di rumah sakit, syarat untuk menjadi perawat homecare adalah lulusan D3 atau S1 keperawatan yang memiliki sertifikat STR. Kisaran gaji perawat homecare dengan STR per bulannya sekitar 2,5 juta hingga 7 juta. 

3. Gaji perawat puskesmas

Sama hal nya dengan perawat di rumah sakit. Gaji perawat puskesmas bisa berbeda tergantung wilayah penempatan bertugasnya. Berdasarkan Hasil Kajian Insentif Tenaga Kesehatan di puskesmas dan Self Assessment Tim Nusantara Sehat, gaji perawat sebesar Rp. 2.250.148. gaji tersebut belum termasuk tunjangan dan insentif. 

4. Perawat Gawat darurat

Praktik keperawatan gawat darurat adalah penanganan medis secara cepat dan tepat kepada pasien yang sedang mengalami kondisi gawat darurat. Sesuai dengan Namanya, di sini perawat akan ditempatkan pada Unit Gawat Darurat (UGD) di sebuah rumah sakit atau klinik. 

Dalam dunia keperawatan, ditempatkan dalam unit gawat darurat memiliki gengsi tersendiri. Hal ini karena, perawat UGD berarti dipercaya untuk menangani dan mengambil keputusan pada saat genting. 

Contohnya seperti bisa memutuskan pasien mana yang harus ditangani terlebih dahulu berdasarkan tingkat kegawatannya dan yang lain sebagainya. Itu sebabnya untuk menjadi perawat gawat darurat, umumnya perawat harus memiliki pengalaman di dunia medis paling tidak selama 6 bulan. Kisaran gaji perawat gawat darurat yang memiliki STR juga sekitar 4,4 juta hingga 7 juta. 

Perawat unit gawat darurat juga harus memiliki sertifikasi seperti:

  • Basic Trauma Life Support (BTLS).
  • Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS).
  • General Emergency Life Support (GELS).
  • Pelatihan Penanganan Gawat Darurat (PPGD).

5. Perawat klinik kecantikan

Sebagai perawat klinik kecantikan, tugas yang dilakukan adalah membantu dokter dalam melakukan Tindakan medis yang berkaitan dengan perawatan kosmetik, seperti perawatan menghambat penuaan, pencerahan kulit dan juga yang lainnya. 

Untuk bisa mengikuti Tindakan medis di klinik kecantikan, perawat juga memerlukan sertifikat STR yang membuktikan bahwa perawat terkait mampu melakukan Tindakan medis. Kisaran gaji perawat klinik kecantikan perbulan dengan STR sekitar 2,5 hingga 5 juta rupiah. 

6. Gaji Perawat Lulusan SMK

Gaji perawat lulusan SMK di kota-kota besar seperti Jakarta dan sekitarnya mengikuti UMR wilayah setempat. Rata-rata gaji di rumah sakit swasta menerapkan gaji pokok sekitar 2 juta, ditambahkan dengan tunjangan lainnya seperti tunjangan jabatan, kinerja, transportasi dan lain sebagainya. Secara umum, biasanya gaji perawat lulusan SMK sekitar 4 juta setiap bulannya. 

6. Gaji Perawat Anestesi

Gaji perawat anestesi sekitar 1,5 hingga 9 juta. Jika perawat anestesi PNS akan mengikuti golongan IIIA terendah sekitar 2,57 juta hingga 4,2 juta dan tertingginya untuk golongan IIID sekitar 2,92 juta hingga 4,79 juta. 

Secara umum, gaji perawat anestesi rumah sakit yang bekerja di ruang operasi rumah sakit menerima gaji sekitar 100 ribu hingga 600 ribu setelah perawatan bedah pasien. Jika selama sebulan kamu merawat 15 pasien bedah, sehingga perawat anestesi mampu mendapat 1,5 hingga 9 juta. 

Itulah kisaran gaji perawat yang perlu kamu tahu. Apakah kamu berminat menjadi perawat?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

gaji rumah sakit klinik perawat tenaga kesehatan puskesmas perawatan kecantikan kesehatan
Editor : Novita Sari Simamora
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top