Biji bunga teratai
Health

Ini 8 Manfaat Biji Bunga Teratai yang Viral di TikTok 

Widya Islamiati
Kamis, 10 November 2022 - 12:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Baru-baru ini para food vlogger di platform TikTok maupun Instagram ramai membagikan pengalamannya mencicipi makanan dari bunga teratai, biji teratai. Bagi orang yang punyai tripofobia, biji teratai sangatlah mengerikan. 

Namun, dibalik bentuknya yang menakutkan dengan bulatan di tengah dan terlihat seperti memiliki mata, biji teratai yang juga disebut lotus seeds atau foxnut ini ternyata punyai sederet manfaat jika dikonsumsi.

Berikut ini sederet manfaat biji teratai menurut Healthline dan Timesofindia.

 1. Kaya akan nutrisi 

Healthline menyebut biji teratai dengan sebutan makhana. Ini kaya akan nutrisi, dengan karbohidrat, kaya akan zat gizi mikro seperti kalsium, magnesium, zat besi serta fosfor.

2. Membantu mencegah stress oksidatif dengan antioksidan

Makanan yang kaya akan antioksidan selalu dikaitkan dengan fungsinya membantu menetralisir radikal bebas berbahaya dan mencegah stres oksidatif. Antioksidan juga dapat mengurangi peradangan, yang dapat bermanfaat untuk kondisi seperti rheumatoid.

Selain itu penelitian juga menunjukkan bahwa antioksidan memainkan peran kunci dalam membantu melindungi terhadap kondisi kronis seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes tipe 2.

Biji teratai ternyata punyai antioksidan spesifik seperti asam galat, asam klorogenat, dan epikatekin.

3. Magnesium rendah bantu kesehatan jantung

Biji teratai punyai jumlah natrium yang rendah dan jumlah kalium yang tinggi, ini membantu menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi. Karena, natrium yang rendah membantu menjaga tekanan darah tetap terkendali.

Sedangkan, magnesium pada biji teratai membantu meningkatkan kualitas darah dan oksigen dalam tubuh. Kadar magnesium yang rendah dalam tubuh meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Tulang kuat

Biji bunga teratai juga memiliki kandungan kalsium yang cukup, sehingga mengonsumsi biji bunga teratai bisa membantu menjaga tulang agar senantiasa kuat dan sehat.

 5. Membantu penurunan berat badan

Dalam program penurunan berat badan, disarankan untuk konsumsi makanan yang kaya akan protein seperti dada ayam. Biji  teratai juga kaya akan protein, yang akan membuat kenyang lebih lama. Sehingga bisa berolahraga ataupun aktivitas fisik lebih banyak.

Selain itu, biji teratai juga rendah kalori, sehingga bisa dijadikan cemilan tanpa takut menggemuk karena ini.

6. Baik untuk pencernaan

Biji bunga teratai selain rendah kalori juga tinggi serat yang dapat  membantu meningkatkan kesehatan pencernaan. Bahkan biji bunga teratai bisa membantu  meningkatkan pergerakan usus. 

7. Anti penuaan

Antioksidan dalam biji teratai juga bisa membantu menghindari penuaan, dengan syarat pengolahannya tidak boleh digoreng. Mengonsumsi biji teratai digenggam setiap hari membantu merawat kulit dari kerutan dan menjadikannya lebih bercahaya.

8. Membantu meningkatkan fungsi kognitif

Satu kandungan kaya manfaat dalam biji teratai adalah kandungan tiamin yang tinggi. Ini dapat membantu dalam mempertahankan fungsi kognitif saraf. Mengonsumsi biji teratai juga membantu dalam generasi asetilkolin dan dengan kontribusi pada proses neurotransmisi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro