Petai/bulelengkab.go.id
Health

Menilik 5 Manfaat Makan Pete, Jadi Obat Depresi hingga Ringankan Nyeri PMS

Restu Wahyuning Asih
Jumat, 7 Oktober 2022 - 12:18
Bagikan

Bisnis.com, SOLO - Pete merupakan salah satu makanan yang banyak disukai oleh masyarakat.

Selain karena rasanya yang enak, pete mengandung berbagai manfaat.

Pete diketahui menggandung protein, zat besi, kalium, fosfor, lemak nabati, vitamin B1, vitamin A, vitamin C, vitamin D, dan karbohidrat.

Protein dan mineral dalam pete pun dinilai tinggi. Setiap 100 gram pete mengadung 6-27,5 persen protein dan mineral, seperti casium sebesar 108-265 miligram.

Berikut 5 manfaat pete untuk kesehatan tubuh:

Mengobati Diabetes

Pete dipercaya dapat mengobati penyakit diabetes karena rasanya yang pahit. Selain itu Pete juga merupakan makanan yang bisa mengontrol kadar gula darah dalam tubuh. 

Antidepresan

Pete juga terkenal sebagai obat depresi. Biji pete secara khusus dapat mengobati para penderita depresi ringan atau Afficetive Disorder (SAD).

Hal ini disebabkan karena pete mengandung asam amino tryptophan, yaitu jenis asam amino yang dibutuhkan tubuh untuk mendorong suasana hati.

Meringankan nyeri PMS

Biji pete ini juga dipercaya dapat meringankan nyeri dan moody saat PMS.

Pasalnya saat PMS, wanita terkadang dapat berubah mood dan emosi. Dengan mengonsumsi pete dipercaya dapat menstabilkan mood dan emosi.

Hal ini terjadi karena pengaruh zat tryptophan di dalam pete dan Vitamin B1 yang mengatur kadar gula dalam tubuh. Selain itu ada kandungan vitamin D juga yang mengatur mood dalam tubuh.

Meningkatkan kualitas tidur

Selain digunakan untuk memperbaiki suasana hati dan menurunkan depresi, asam amono tryptophan juga dapat meningkatkan kualitas tidur. Tryptophan dapat membantu pembentukan serotonin sehingga membuat seseorang merasa lebih rileks dan mengantuk.

Obat antikanker

Pete juga banyak dijadikan sebagai makanan alternatif untuk mengobati kanker. Biji pete juga mengandung zat yang bisa meningkatkan imun tubuh sebab memiliki sifat anti inflamasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro