Objek wisata Jambi
Entertainment

Simak 7 Rekomendasi Wisata Jambi yang Hits, Wajib Kamu Kunjungi

Hana Fathina
Sabtu, 24 Desember 2022 - 00:41
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jika kamu belum pernah berlibur ke Jambi, kamu perlu menjajal wisata Jambi sekaligus kulineran untuk membuktikan sisi pulau Sumatra yang mungkin belum kamu ketahui. Jambi merupakan salah satu kota di Pulau Sumatera yang memiliki banyak potensi wisata, mulai dari wisata alam, sejarah hingga kuliner. 

Keunikan dan ciri khasnya tentu tidak kalah dibandingkan wisata di kota lainnya. Itu artinya, wisata Jambi perlu kamu masukkan ke list destinasi jika kamu ingin berlibur ke pulau Sumatera.

Berikut ini adalah beberapa beberapa wisata Jambi yang wajib kamu kunjungi. 

1. Danau Kerinci

Danau ini merupakan danau terluas kedua setelah danau Toba, dengan luas 4200 hektar dan kedalaman 110 m. lokasi danau kerinci ini berada di ketinggian 783 meter dengan diameter keliling danau sepanjang 70 km. Danau ini memiliki pemandangan yang sangat indah sehingga cocok dijadikan sebagai tempat refreshing.

2. Gentala Arasy

Gentala Arasy merupakan Menara jam yang memiliki ketinggian 80 meter. Bangunan wisata Jambi ini kental dengan ciri khas Melayu dan Arab. Di bawah Menara terdapat jembatan yang melintang di atas sungai Batanghari dan Museum Kebudayaan Jambi. 

3. Jambi Paradise

Tempat wisata ini memiliki luas sekitar 8 hektare dan memiliki berbagai wisata menarik dan spot foto yang instagramable. Wahana permainan di sini juga cocok untuk anak-anak. Ada wahana labirin, sepeda air, flying fox, jembatan gantung hingga motor ATV.

4. Wisata Batanghari

Meskipun sudah berganti masa, tetapi jasa penyebrangan menggunakan perahu masih ada di Jambi. Kamu bisa menjumpainya jika berkunjung ke Pasar Angso Duo, yang di mana ada perahu penyebrangan di sungai Batanghari. Dulunya sungai ini merupakan salah satu akses aktivitas sehari-hari. Seiring berjalannya waktu justru diubah menjadi tempat wisata. 

5. Danau Kaco

Dari kota Jambi, kamu membutuhkan waktu 10 jam hingga menuju ke Sungai Penuh. Kemudian dilanjutkan hingga tiba di desa Lempur kira-kira 90 menit. Dari desa tersebut kamu akan melintasi sungai dan jurang serta hutan rimba untuk tiba di lokasi. 

Keunikan danau ini ada pada air danau yang berwarna biru dan bening seperti kaca. Kamu bisa merasakan kesegaran air danau, namun pastikan kamu bisa berenang karena kedalaman danau belum diketahui. 

7. Pasar Keramik Sitimang

Pasar keramik merupakan salah satu jenis wisata pasar tradisional yang luar biasa. Konsep pasar Sitimang dibuat dengan sangat bagus dan dilengkapi dengan sejumlah pengrajin yang sangat lihai membuat karya keramik terbaik. Berbagai macam keramik dengan berbagai bentuk dan fungsi akan disediakan di sini. 

8. Museum Siginjai

Di dalam museum ini terdapat kebudayaan Jambi yang diabadikan dengan baik agar bisa dipelajari oleh semua generasi. museum ini didirikan oleh Gubernur Jambi pada tahun 1981. Di dalam museum kamu bisa menemukan berbagai koleksi yang berhubungan dengan arkeologi dan geologi di Jambi. 

Itulah beberapa wisata Jambi yang wajib kamu kunjungi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro