Ilustrasi long distance relationship/freepik
Relationship

7 Tips Cinta Agar Hubungan LDR Tetap Romantis dan Langgeng

Ileny Rizky
Kamis, 5 Januari 2023 - 14:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menjalin hubungan percintaan jarak jauh atau yang biasa dikenal dengan LDR (Long Distance Relationship) bukanlah perkara yang mudah. Simak tips cinta agar Anda tidak menyerah dalam hubungan ini.

Meskipun begitu, masih banyak juga contoh para pasangan yang sukses dalam memperjuangkan hubungan ldr. Beberapa pejuang ldr yang akhirnya berujung ke pernikahan diantaranya ialah Tasya Kamila dengan Randi Bachtiar, Bunga Citra Lestari dengan Ashraf Sinclair, dan Titi Kamal dengan Chriastian Sugiono.

Setelah melihat contoh tadi, Anda diharapkan dapat lebih optimis dalam menjalani hubungan jarak jauh bersama pasangan. Kemudian demi mewujudkan impian tersebut, ada beberapa cara yang cukup simpel untuk dilakukan oleh Anda sang pejuang ldr. Lalu apa saja caranya?

Simak tips cinta menjalin hubungan LDR:

1. Atur Komunikasi

Dilansir dari Getlasthing.com, Komunikasi menjadi poin utama dalam kesuksesan suatu hubungan, terutama bagi kaum ldr. Namun, Anda bersama pasangan harus mengetahui cara dan gaya komunikasi yang baik untuk diterapkan di dalam hubungan percintaan Anda.

Anda dapat mengatur cara dan gaya komunikasi dengan pasangan. Misalnya, ketahui jam yang pas untuk keduanya saling bertukar kabar atau cerita, platform atau aplikasi apa yang efektif untuk digunakan pada sehari-harinya, dan topik seperti apa yang perlu dihindari.

Selain itu, disarankan pula untuk tidak berkomunikasi secara berlebihan. Sebab, jika terlalu intens, ini memungkinkan untuk membuat pasangan Anda menjadi merasa tidak nyaman karena terus dibayang-bayangi oleh Anda.

2. Berpikir Positif

Setelah komunikasi, terapkan pula mindset positif tentang hubungan dan pasangan Anda. Jangan berpikir hal-hal yang negatif seperti pasangan Anda akan selingkuh, hubungan Anda akan berakhir, dan lain sebagainya. Dengan memiliki pikiran yang positif, ini akan membawa hidup dan hubungan Anda menjadi lebih sehat.

Pikirkanlah hal yang baik seperti pasangan Anda merupakan orang yang setia, menyenangkan, dapat dipercaya, dan lainnya. Cara ini terbilang sederhana namun paling sering diabaikan. Sebab, hubungan jarak jauh memungkinkan Anda menjadi lebih sensitif lantaran keduanya tidak dapat mengetahui secara langsung apa yang dilakukan oleh setiap pasangan di kehidupan kesehariannya.

3. Jujur

Dalam menjalin hubungan jarak jauh, setiap pasangan harus bersikap lebih dewasa. Selalu terapkan kejujuran dalam berkomunikasi. Tidak perlu ada yang ditutup-tutupi. Dengan begitu, pasangan Anda akan lebih menghargai Anda dan hubungan itu. 

Terbukalah dengannya, diskusikan setiap masalah dengan pandangan yang terbuka dan jujur. Kejujuran dan sikap terbuka terbukti sangat berpengaruh dalam keberhasilan hubungannya jarak jauh. Jangan merasa malu dan terbebani karena Anda harus menceritakan hal bodoh sekalipun kepada pasangan Anda. Justru ini dapat menilai apakah dia peduli dan menerima Anda atau tidak.

4. Saling Percaya

Selain berkomunikasi dengan jujur dan terbuka, kepercayaan juga menjadi aspek penting dalam melanggengkan hubungan ldr. Terlebih biasanya pasangan ldr sering dipenuhi dengan perasaan cemburu. Bahkan, jika pasangan Anda tidak mengabari sebentar saja pasti pikiran buruk akan datang.

Dengan begitu, untuk mengurangi kekhawatiran yang berlebihan, menerapkan sikap saling percaya adalah pilihan yang tepat. Selain itu, pasangan Anda juga akan merasa lebih nyaman dalam beraktivitas. 

5. Beri Kejutan

Dengan adanya jarak waktu atau lokasi yang cukup jauh, ini menjadikan pasangan LDR jarang bertemu. Keduanya hanya bisa melepas rindu melalui aplikasi pesan online. Bahkan jika terus menerus berkomunikasi secara daring, ini dapat memicu rasa bosan yang dapat melonggarkan hubungan antar keduanya.

Selain itu, berkomunikasi secara tidak tatap muka secara langsung dapat memicu terjadinya kesalahpahaman. Sesekali, berilah kejutan dengan menemui langsung pasangan Anda. Bayangakan betapa bahagianya mereka ketika melihat Ansa secara langsung. 

Selain itu, memberikan kejutan juga dapat dilakukan dengan mengirimkan pasangan Anda barang atau makanan yang dia suka. Misalnya, jika pasangan Anda suka makanan manis, Anda dapat memesankannya kue-kuean, coklat, atau permen melalui aplikasi online.

6. Beri Pujian

Hal simpel yang dapat Anda lakukan untuk menyenangkan pasangan adalah dengan memberikannya pujian. Sampaikan kepadanya betapa lucu, cantik, tampan, cerdas dan beberapa sifat baik lainnya.

Merapkan kebiasaan baik ini dapat membuat hubungan Anda menjadi lebih menyenangkan. Terlebih jika Anda sering melakukan hal ini, pastinya pasangan Anda juga akan ikut melakukannya ke Anda. 

7. Diskusikan masa depan

Hal terakhir yang harus Anda lakukan bersama pasangan ldr Anda ialah dengan membahas kehidupan masa depan. Tanyakan bagaimana pandangan dia terhadap masa depan seperti bagaimana cita-citanya, bagaimana cara dia dalam meraih keinginannya dan seperti apa keinginan kehidupan setelah berkeluarga nanti.

Dengan begitu, ini akan menunjukkan keseriusan Anda dalam menjalin hubungan bersama pasangan. Selain itu, Anda juga dapat mengetahui bagaimana Anda dapat mengetahui lebih dalam bagaimana cara untuk menyikapi pasangan Anda di kehidupan bersama nantinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro