11 Manfaat air kelapa muda/vogue
Health

Ini 11 Manfaat Air Kelapa Muda Bagi Kesehatan yang Kaya Nutrisi

Nuraini
Minggu, 8 Januari 2023 - 11:34
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air kelapa muda dikenal sebagai minuman pengganti elektrolit. Selain kandungan elektrolit, air kelapa muda punya banyak kandungan lainnya yang bermanfaat baik untuk tubuh, wajah, dan ibu hamil.

Apakah Anda sudah mengetahui kandungan dan manfaat air kelapa muda? Dikutip dari Hellosehat, Alodokter, dan SehatQ, berikut penjelasan selengkapnya. 

Kandungan Air Kelapa Muda

Kandungan nutrisi dan senyawa dalam air kelapa cukup lengkap. Sebanyak 250 ml air kelapa muda mengandung 45,6 kalori, 0,4 gram lemak, 252 mg, 8,8 gram karbohidrat, 2,6 gram serat, 6,3 gram gula, 1,8 gram protein, vit. C (10% dari kebutuhan harian tubuh), kalsium (6% dari kebutuhan harian tubuh), dan zat besi (4% dari kebutuhan harian tubuh). 

Kandungan air kelapa muda lainnya yaitu elektrolit dapat berperan dalam menjaga cairan tubuh. Elektrolit yang dimaksud seperti kalium, magnesium, natrium, kalsium, dan mangan. Antioksidan pada air kelapa muda dapat menangkal radikal bebas. Kemampuan menangkal radikal bebas menjadi salah satu manfaat air kelapa muda untuk pria karena kualitas sperma dapat terjaga.

Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan Tubuh

Ternyata, manfaat air kelapa muda bagi kesehatan sangat beragam. Beberapa diantaranya sebagai berikut. 

1. Mengatur tekanan darah dan kolesterol

Kandungan natrium dalam air kelapa muda dapat menurunkan kadar gula darah. Alhasil, penggumpalan darah dapat dicegah dan kadar tekanan darah dapat menurun. Air kelapa muda juga mampu meningkatkan kolesterol baik (HDL).

2. Meredakan asam lambung

Manfaat air kelapa muda untuk asam lambung yakni dapat menetralkan asam. Hal ini terjadi karena kandungan kalium yang bersifat basa sehingga asam lambung dapat dinetralkan.  

3. Mencegah penyakit batu ginjal

Berdasarkan penelitian Prophylactic Effect of Coconut Water, manfaat air kelapa muda bagi kesehatan adalah dapat mengurangi terbentuknya kristal pada ginjal sehingga penyakit batu ginjal dapat dicegah.

4. Mengganti cairan tubuh yang hilang

Manfaat air kelapa muda bagi pria dan wanita lainnya yaitu bisa mengganti cairan tubuh yang hilang. Kandungan air kelapa muda dapat mengganti elektrolit yang hilang. Elektrolit yang dimaksud seperti kalium, magnesium, natrium, kalsium, dan mangan.

5. Baik untuk pencernaan

Manfaat minum air kelapa muda yakni dapat menggantikan cairan yang hilang karena diare. Selain itu, kandungan klorida dan natrium yang tinggi serta asam amino dan gula yang tinggi dapat mencegah dehidrasi akibat gangguan pencernaan.

6. Meredakan demam

Konsumsi air kelapa muda dapat mempercepat penurunan demam. Manfaat air kelapa muda untuk demam ini dapat diperoleh dengan meminum air kelapa muda asli, bukan olahan.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Wajah

Selain bermanfaat untuk menunjang kesehatan, air kelapa muda juga dapat dimanfaatkan sebagai bahan alami untuk kesehatan kulit wajah. Inilah manfaat air kelapa muda untuk wajah. 

1. Mengurangi kerutan dan garis halus

Air kelapa mengandung keratin dan vitamin C berperan sebagai antioksidan yang dapat melawan radikal bebas dan tanda penuaan seperti kerutan dan garis halus. 

2. Menghidrasi kulit

Kandungan air kelapa muda seperti kalsium, kalium, natrium, dan magnesium dapat menghidrasi kulit wajah. 

3. Mengatasi jerawat

Manfaat air kelapa muda untuk wajah lainnya yaitu dapat mengatasi jerawat. Berdasarkan penelitian JISPCD, sifat antimikroba dalam air kelapa dapat mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Manfaat Air Kelapa Muda untuk Ibu Hamil

Air kelapa muda juga dikenal baik untuk kesehatan ibu hamil. Berikut ini manfaat air kelapa muda bagi ibu hamil. 

1. Mendukung perkembangan janin

Manfaat air kelapa muda bagi wanita hamil yang pertama yaitu dapat mendukung perkembangan janin karena kandungan kalsiumnya yang tinggi. Meskipun begitu, perlu diiringi pula dengan konsumsi sayur dan buah-buahan.

2. Menurunkan tekanan darah

Kalium menjadi salah satu kandungan air kelapa muda yang dapat menurunkan dan mengontrol gula darah. Sehingga kesehatan ibu hamil tetap terjaga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro