Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

10 Manfaat Bawang Merah, Bisa Mengobati Jerawat

Bawang merah merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak manfaat. Berikut sejumlah manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh.
Nuraini
Nuraini - Bisnis.com 21 Januari 2023  |  09:27 WIB
10 Manfaat Bawang Merah, Bisa Mengobati Jerawat
10 Manfaat Bawang Merah, Bisa Mengobati Jerawat / Freepik
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bawang putih (Allium ascalonium L.) merupakan salah satu rempah yang sudah biasa diolah menjadi acar dan bawang goreng.

Di balik kelezatan olahan bawang merah, terdapat manfaat bawang merah yang baik untuk kesehatan tubuh hingga wajah. Apa saja kegunaan bawang merah? Simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

Kandungan Bawang Merah

Sebelum mengetahui beragam manfaatnya, sebaiknya perlu terlebih dahulu mengetahui kandungan dari bawang merah. Kandungan bawang merah diantaranya vitamin, allicin, flavonoid, mineral, polifenol, serat, kalori, protein, kalium, kalsium, zat besi, fosfor, niasin, karbohidrat, dan asam lemak esensial. Bawang merah juga menjadi sumber vitamin diantaranya vitamin A, vitamin B, dan vitamin C. 

Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Kandungan bawang merah berperan baik bagi tubuh. Melansir dari beberapa sumber berikut ini ragam manfaat bawang merah untuk kesehatan. 

1. Mengontrol diabetes

Manfaat bawang merah untuk kesehatan yang pertama dapat mengontrol diabetes. Bawang merah dapat mengontrol diabetes dengan cara menurunkan kadar gula dalam darah, membantu mengontrol penambahan berat badan,  membantu merangsang sekresi insulin, dan menurunkan respon peradangan akibat diabetes. Hal ini berkat kandungan flavonoid dan peptida di dalamnya. 

2. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan allicin pada bawang merah berperan sebagai antihipertensi dan antioksidan yang mampu melindungi jantung. Kandungan kalium pada bawang merah juga berperan dalam mengatur tekanan darah dan memperkuat kapiler darah. 

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Khasiat bawang merah yang dikonsumsi secara rutin diketahui dapat meningkatkan kesehatan tulang. Hal tersebut dikarenakan bawang merah memiliki kandungan kalsium, mineral, zat besi, dan fosfor membantu meningkatkan kepadatan tulang. 

4. Mengurangi risiko kanker

Khasiat bawang merah yang dikonsumsi secara rutin juga dapat mengurangi risiko terjadinya kanker. Mandaat ini diperoleh dari kandungan allium yang mampu mematikan sel kanker dan etil asetat yang mampu memperlambat pertumbuhan sel kanker. 

5. Meningkatkan kesehatan otak

Meningkatkan kesehatan otak menjadi salah satu manfaat bawang merah untuk kesehatan. Kandungan vitamin B, asam folat, dan pyrithione dapat membantu meningkatkan fungsi otak, meningkatkan kesehatan otak, dan melawan peradangan otak. 

6. Mencegah dan mengobati infeksi penyakit

Kegunaan bawang merah selanjutnya dapat mencegah infeksi penyakit. Berkat kandungan bawang merah yang bersifat sebagai antibakteri dan antivirus, infeksi batuk berdahak, dan sakit tenggorokan dapat terobati. 

7. Menyamarkan flek hitam

Salah satu manfaat bawang merah untuk wajah dapat menyamarkan flek hitam. Kandungan vitamin C, antioksidan, dan fitonutrien di dalamnya dapat menghilangkan noda pada wajah. 

8. Mengatasi jerawat

Manfaat bawang merah untuk wajah yang lainnya dapat mengatasi jerawat. Kandungan sulfur dan vitamin C dapat mengobati jenis jerawat dan meningkatkan kecepatan pergantian sel kulit sehingga mengurangi jerawat dan kemerahan. 

9. Menjaga kesehatan rambut

Selain berguna untuk memelihara kesehatan wajah, bawang merah juga memberikan manfaat untuk rambut. Manfaat bawang merah untuk rambut diperoleh dari kandungan sulfur yang ada di dalam bawang merah. 

Kandungan tersebut dapat membantu produksi jaringan kolagen sebagai pendukung pertumbuhan rambut. Dengan menggunakan jus bawang merah, kebotakan, kerontokan rambut, dan infeksi kulit kepala dapat terobati. 

10. Meredakan flu

Gejala flu seperti demam, sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, dan batuk dapat mengganggu aktivitas sehari-hari. Manfaat bawang merah untuk pernafasan dapat mengatasi flu yang disertai dengan batuk berdahak. Hal ini berkat kandungan sulfur yang mampu mengatasi batuk berdahak sehingga saluran pernafasan menjadi lega. 

Itulah sejumlah manfaat bawang merah untuk kesehatan tubuh. Untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda bisa menambahkan bawang merah pada makanan yang dikonsumsi sehari-hari. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

bawang merah Manfaat kesehatan tips sehat kandungan gizi diabetes
Editor : Mia Chitra Dinisari
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top