Ilustrasi pasangan yang berjodoh dan sedang jatuh cinta/Freepik.com
Relationship

Fobia Jatuh Cinta? Ini Tanda dan Cara Mengatasi Philophobia

Ileny Rizky
Selasa, 24 Januari 2023 - 11:51
Bagikan

Cara Mengatasi Philophobia

Dilansir dari Pinkvilla, terdapat empat cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi gangguan psikologis rasa takut jatuh cinta atau Philophobia, keempat cara ini yaitu:

1. Cari Tahu Penyebab Utamanya

Pertama, pastikan untuk memperhatikan alasan dari utama dari munculnya gangguan ini. Ajukan pertanyaan kepada diri sendiri untuk mulai mengidentifikasi akar dari rasa ketakutan ini.

Umunya orang dengan Philophobia pasti sudah lama menghindari memikirkan hal ini, namun jika permasalahan ini terus diabaikan, ini tentunya hanya akan menghambat hidup dan hubungan yang akan datang.

2. Mulai Mencoba Memahami Diri Sendiri

Setelah mengetahui penyebab dari ketakutan, biarkan diri merasakan ketakutan itu sesekali tanpa adanya gangguan apapun. Melupakan ketakutan secara sekaligus memang sangat tidak mungkin, tetapi memahami dan merasakan emosi adalah kebaikan bagi diri sendiri.

Tentunya pasti akan selalu ada ketakutan, risiko, dan ketidakpastian dalam sebuah hubungan percintaan. Jangan terus merasa sendirian, pastikan untuk mulai bercerita dengan orang terdekat dan tersayang untuk menghilangkan perasaan sedih, perselingkuhan, atau kekecewaan.

3. Jangan Memendam Ketakutan Seorang Diri

Ketika dihadapkan dengan rasa takut, mungkin orang dengan gangguan Philophobia akan sangat sulit untuk terbuka dengan seseorang. Disarankan agar menghindari menyakiti diri sendiri, pastikan untuk mencoba mendapatkan bantuan emosional dari lingkungan terdekat. Jangan pernah menyimpan perasaan takut ini sendiri. Sebab perasaan ini hanya akan memperburuk luka.

4. Berusaha Bangkit dengan Perlahan

Menawar rasa takut akan cinta bukanlah hal yang bisa dilakukan dalam semalam. Secara perlahan, berusahalah untuk bangkit demi menyembuhkan, melupakan, dan memproses perasaan itu.

Tenangkan diri dan mulailah dengan mengatasi akar dari penyebab di balik Philophobia untuk sembuh secara efektif. Jangan lupa untuk mencari bantuan dari orang terdekat kapan pun jika dibutuhkan.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Ileny Rizky
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro