10 Manfaat Kangkung beserta Efek Sampingnya (freepik)
Health

Ini 10 Manfaat Kangkung bagi Kesehatan serta Efek Sampingnya

Nuraini
Rabu, 1 Februari 2023 - 20:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Konsumsi kangkung seringkali dihindari karena dapat menyebabkan kantuk. Padahal, efek samping tersebut hanya bisa timbul saat mengkonsumsinya secara berlebihan.

Apabila konsumsinya dalam jumlah tepat, terdapat berbagai manfaat kangkung yang bisa diperoleh. Apa saja kandungan dan manfaat kangkung? Simak penjelasan lengkapnya disini. 

Kandungan Kangkung

Berdasarkan panganku.org, dalam setiap 100 g kangkung mengandung gizi sebagai berikut. 

  • Air (91,0 g)
  • Energi (28 Kal)
  • Protein (3,4 g)
  • Lemak (0,7 g)
  • Karbohidrat (3,9 g)
  • Serat (2,0 g)
  • Abu (1,0 g)
  • Kalsium (67 mg)
  • Fosfor (54 mg)
  • Besi (2,3 mg)
  • Natrium (65 mg)
  • Kalium (250,1 mg)
  • Tembaga (0,13 mg)
  • Seng (0,4 mg)
  • Beta karoten (2,868 mcg)
  • Total Karoten (5,542 mcg)
  • Thiamin/Vit.B1 (0,07 mg)
  • Riboflavin/Vit.B2 (0,36 mg)
  • Niasin (2,0 mg)
  • Vit. C (17 mg)

Manfaat Kangkung Bagi Manusia

Kandungan nutrisi tersebut membuat kangkung memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Berikut sejumlah manfaat sayur kandung untuk tubuh. 

1. Mengobati anemia

Salah satu manfaat kangkung adalah mengatasi anemia. Gejala anemia pada ibu hamil antara lain tubuh lemas, pusing, sesak nafas, nyeri dada, jantung berdebar cepat, tangan dan kaki dingin, sulit konsentrasi, dan warna kulit, bibir, dan kuku pucat. 

Manfaat kangkung untuk ibu hamil yakni dapat mencegah anemia berkat kandungan zat besi di alamnya. Selain itu, zat besi juga berguna untuk menutrisi janin, mencegah pendarahan saat persalinan, dan menurunkan risiko kematian ibu karena perdarahan saat persalinan. 

2. Mencegah diabetes

Manfaat dan kandungan kangkung bagi ibu hamil juga dapat mengobati diabetes. Penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi kangkung secara rutin dapat membantu memproduksi ketahanan terhadap stress yang dapat mengakibatkan diabetes. 

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat kangkung untuk kesehatan berikutnya yaitu bisa meningkatkan imun tubuh. Konsumsi kangkung secara rutin dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menguatkan tulang. Kangkung juga berperan dalam menetralisir racun di dalam tubuh. 

4. Mencegah kanker

Kandungan 13 jenis antioksidan di dalam kangkung mampu mencegah kanker. Antioksidan berperan dalam menangkal radikal bebas sehingga menghambat pertumbuhan sel kanker. Manfaat sayur kangkung yakni dapat mencegah terjadinya kanker kolorektal, perut, kulit, dan kanker payudara. 

5. Menutrisi rambut

Manfaat makan kangkung untuk rambut antara lain dapat mencegah kerontokan rambut, membantu pertumbuhan rambut, dan memperbaiki tekstur rambut. 

6. Mengobati penyakit kuning dan hati

Berdasarkan penelitian, ekstrak tanaman kangkung ternyata bisa menunjang kesehatan organ hati. Manfaat ekstrak sayur ini dapat melindungi hati yang rusak dari akibat bahan kimia.

7. Mencegah penyakit jantung

Manfaat makan kangkung selanjutnya yakni dapat mencegah penyakit jantung. Hal ini terjadi karena kandungan vitamin A, vitamin C, dan beta karotennya yang mampu mengurangi radikal bebas. Selain itu, kandungan asam folat dan magnesium di dalamnya dapat menurunkan tekanan darah sehingga risiko penyakit jantung atau stroke berkurang. 

8. Mengurangi kolesterol

Peneliti membuktikan bahwa manfaat makan kangkung dapat menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

9. Mencegah katarak

Kandungan vitamin A dalam kangkung cukup tinggi dan tentunya sangat bermanfaat untuk mata. Manfaat dari kangkung dapat meningkatkan kadar glutathione yang berperan dalam mencegah penyakit katarak. 

10. Mengobati gangguan pencernaan

Manfaat dari kangkung yang terakhir yaitu dapat mengobati gangguan pencernaan. Hal ini terjadi sebab kangkung mengandung serat tinggi yang dapat mengobati sembelit dan gangguan pencernaan lainnya.

Efek Samping Kangkung

Meskipun kandungan dan manfaat sayur kangkung sangat beragam, konsumsinya tidak boleh berlebihan. Pasalnya, konsumsi kangkung berlebih bisa memberikan efek samping tertentu. Berikut beberapa efek samping kangkung yang bisa timbul akibat dikonsumsi berlebih: 

1. Asam urat

Kangkung mengandung purin tinggi. Sedangkan penderita asam urat ataupun yang sudah sembuh dari asam urat tidak boleh mengonsumsi makanan dengan kadar purin tinggi. Konsumsi kangkung hanya diperbolehkan dengan kadar 50 – 100 g setiap harinya. 

2. Menimbulkan rasa kantuk

Konsumsi kangkung secara berlebihan juga dapat menyebabkan kantuk. Hal ini disebabkan kangkung mengandung kalium tinggi yang mampu mempengaruhi saraf bagian kepala.

3. Alergi

Sebagian orang alergi terhadap kandungan magnesium dalam kangkung. Gejala alergi yang muncul biasanya berupa gatal, ruam kemerahan, dan pusing.

4. Gangguan pencernaan

Manfaat sayur kangkung yakni dapat mengobati gangguan pencernaan. Namun, konsumsi kangkung yang tidak dicuci bersih dapat mengakibatkan bakteri tertinggal di lambung dan mengiritasi dinding lambung. Hal ini menyebabkan seseorang mual dan sakit perut.

Itulah penjelasan seputar kandungan, manfaat kangkung dan efek sampingnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro