12 Manfaat Bersepeda untuk Tubuh, Bisa Mengurangi Stres(pexels)
Health

Ini 12 Manfaat Bersepeda untuk Tubuh, Bisa Mengurangi Stres

Nuraini
Minggu, 12 Februari 2023 - 14:11
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bersepeda merupakan mode transportasi darat dan sekaligus menjadi salah satu olahraga yang banyak digemari. Pengguna sepeda bisa dijumpai di pedesaan hingga perkotaan. Manfaat bersepeda sangat beragam. 

Bersepeda secara rutin memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental. Ada pula manfaat bersepeda untuk wanita. Lantas, apa saja manfaat olahraga bersepeda? Inilah penjelasan lengkapnya. 

Manfaat Bersepeda Bagi Kesehatan

Bersepeda banyak digemari karena menyenangkan dan menyehatkan. Bahkan, banyak orang menjadikan bersepeda sebagai kegiatan olahraga rutin. Adapun beberapa manfaat bersepeda bagi tubuh, seperti berikut. 

1. Mengurangi risiko kanker

Salah satu manfaat bersepeda adalah bisa mencegah kanker. Pola makan sehat yang diiringi dengan beraktivitas fisik seperti bersepeda dapat membantu mengurangi risiko kanker. 

Berdasarkan penelitian dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang bertubuh bugar ketika di masa tua memiliki risiko terkena kanker paru dan kolateral yang lebih rendah. Penelitian lain menyebutkan bahwa bersepeda secara teratur dapat menurunkan risiko kanker usus dan payudara. 

2. Menurunkan risiko penyakit berbahaya

Manfaat bersepeda lainnya yakni dapat menurunkan risiko penyakit berbahaya, seperti diabetes, stroke, dan jantung. Hal ini berkaitan dengan penurunan faktor risiko penyakit yakni kelebihan berat badan. 

3. Mengendalikan berat badan

Manfaat bersepeda untuk diet dapat diperoleh sebab aktivitas tersebut dapat membakar lemak dalam tubuh, meningkatkan metabolisme tubuh, dan membangun otot. Sebuah penelitian menyebutkan bahwa bersepeda setiap hari dengan durasi setengah jam mampu membakar hampir lima kilogram lemak lebih dari setahun. 

4. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Manfaat bersepeda bagi kesehatan jantung sudah terbukti. Dalam sebuah penelitian di Denmark membuktikan bahwa manfaat bersepeda bagi jantung adalah bisa mencegah penyakit jantung di masa tua. 

5. Mengurangi stress

Manfaat bersepeda di pagi hari mampu meredakan stress. Hal ini karena ketika bersepeda tubuh akan mengeluarkan hormon dopamin yang dapat meningkatkan rasa bahagia sehingga stress dan depresi dapat berkurang.

6. Meningkatkan sistem imun

Manfaat bersepeda di pagi hari selain dapat meredakan stress juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan demikian, tubuh tidak mudah sakit.

7. Mengurangi risiko diabetes

Kurangnya aktivitas fisik menjadi salah satu penyebab dari diabetes. Sebuah penelitian di Finlandia menyebutkan bahwa orang yang bersepeda selama lebih dari 30 menit setiap harinya memiliki risiko yang lebih rendah terkena penyakit diabetes. 

8. Meningkatkan kekuatan, keseimbangan, dan koordinasi otot tubuh

Manfaat ini tidak secara khusus membantu osteoporosis tetapi bersepeda menjadi latihan bagi penderita osteoporosis. Hal tersebut dikarenakan bersepeda dapat memberikan sedikit tekanan pada sendi. 

Berdasarkan penelitian disebutkan bahwa kondisi pasien lansia dengan nyeri lutut dan osteoporosis kondisinya menjadi semakin membaik setelah melatih diri dengan bersepeda. 

9. Mendukung aktivitas seks

Bersepeda mampu meningkatkan stamina tubuh. Hal ini dapat mendukung kehidupan seks menjadi lebih baik. 

10. Meredakan gejala menstruasi

Sebagian besar wanita mengalami nyeri haid. Salah satu manfaat bersepeda bagi wanita yakni mampu meredakan berbagai gejala selama haid dan saat memasuki masa menopause.

11. Menjaga postur tubuh

Manfaat bersepeda bagi wanita maupun pria yaitu dapat menjaga postur tubuh karena ketika bersepeda tubuh akan menstabilkan posisi dan menjaga sepeda agar tetap melaju. Selain itu, manfaat ini berkaitan juga dengan peningkatan keseimbangan, menjaga stamina, dan memperbaiki postur tubuh.

12. Memperkuat otot kaki

Otot yang paling sering digunakan ketika bersepeda adalah otot kaki. Dengan begitu, otot kaki merasakan manfaatnya diantaranya dapat menambah kekuatan betis, paha, dan bagian kaki lainnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro