Studi: Bike to Work Tingkatkan Kesehatan Mental/sfbike.org
Health

Studi: Bike to Work Tingkatkan Kesehatan Mental

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 17 Januari 2024 - 16:20
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah studi baru menyoroti korelasi antara moda transportasi yang efektif dan dampaknya terhadap kesehatan mental.

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Epidemiology menemukan bahwa bersepeda ke tempat kerja mungkin tidak hanya bermanfaat bagi lingkungan tetapi juga bagi kesehatan mental Anda.

Sebanyak 378.253 orang berusia 16-74 tahun di Skotlandia ditindaklanjuti selama 5 tahun untuk tujuan penelitian.

Para peneliti menemukan penurunan sebesar 15 persen dalam resep untuk depresi atau kecemasan di kalangan pengguna sepeda dalam lima tahun dibandingkan dengan non-pengendara sepeda.

Studi ini juga menemukan bahwa pergantian siklus menyebabkan penurunan yang lebih besar dalam resep kesehatan mental pada wanita dibandingkan pada pria. Temuan ini memberikan bukti lebih lanjut tentang pentingnya mendorong perjalanan aktif dan investasi infrastruktur untuk mendorong lebih banyak orang bepergian dengan sepeda, kata tim tersebut.

Bersepeda adalah olahraga yang sangat efektif yang menggabungkan manfaat kardiovaskular dengan olahraga berdampak rendah. Mengayuh melibatkan kelompok otot besar, meningkatkan kebugaran kardiovaskular dan mendorong penurunan berat badan. Aktivitas aerobik ini tidak hanya memperkuat jantung tetapi juga meningkatkan kapasitas paru-paru.

Bersepeda lembut pada persendian, sehingga cocok untuk berbagai tingkat kebugaran dan usia. Ini meningkatkan kekuatan kaki, mengencangkan otot, dan meningkatkan daya tahan secara keseluruhan.

Selain itu, ini adalah pereda stres yang hebat, meningkatkan kesejahteraan mental. Baik bersepeda di luar ruangan atau menggunakan sepeda stasioner, olahraga serbaguna ini menawarkan cara yang menyenangkan dan berkelanjutan untuk tetap aktif, sehingga berkontribusi pada tujuan kesehatan dan kebugaran jangka panjang.

Bersepeda memiliki efek positif yang besar terhadap kesehatan mental dengan mengurangi stres, kecemasan, dan depresi. Gerakan ritmis dan fokus yang diperlukan mendorong pelepasan endorfin, meningkatkan suasana hati dan melawan perasaan sedih.

Berada di luar ruangan saat bersepeda membuat individu terpapar alam, sehingga semakin meningkatkan kesejahteraan mental. Rasa berprestasi dan peningkatan harga diri dari bersepeda secara teratur berkontribusi terhadap ketahanan mental secara keseluruhan, menjadikannya aktivitas yang berharga untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan psikologis.

Hindari kesalahan umum bersepeda seperti mengabaikan perawatan sepeda yang benar, memakai perlengkapan keselamatan yang tidak memadai, atau mengabaikan peraturan lalu lintas. Gagal mendapatkan hidrasi yang cukup dapat menyebabkan kelelahan. Latihan berlebihan tanpa memberikan waktu pemulihan dapat menyebabkan cedera. Mengabaikan kesesuaian sepeda yang tepat dapat mengakibatkan ketidaknyamanan dan ketegangan otot. Mengabaikan nutrisi dapat memengaruhi kinerja. Tetap waspada, gunakan sinyal yang tepat, dan waspadai lingkungan sekitar untuk mencegah kecelakaan. Mengatasi aspek-aspek ini memastikan pengalaman bersepeda yang lebih aman dan menyenangkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro