10 Cara Mengatasi Cegukan Pada Orang Dewasa dan Bayi - Freepik
Health

Ini 10 Cara Menghilangkan Cegukan Pada Orang Dewasa dan Bayi

Nuraini
Rabu, 15 Februari 2023 - 19:53
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Cegukan bisa dialami oleh orang dewasa maupun anak-anak. Cegukan bisa membuat seseorang merasa tidak nyaman.

Maka dari itu, cegukan perlu segera diatasi. Namun, bagaimana cara menghilangkan cegukan? Simak selengkapnya berikut ini.

Cara Menghilangkan Cegukan Pada Orang Dewasa

Cegukan merupakan respon tubuh untuk mengeluarkan kelebihan udara dari dalam perut. Udara yang dipaksa keluar lewat pita suara yang tertutup menyebabkan timbulnya suara cegukan. 

Kondisi tersebut bisa membuat orang yang mengalaminya menjadi tidak nyaman. Adapun beberapa cara menyembuhkan cegukan pada orang dewasa, seperti berikut. 

1. Tahan nafas selama beberapa detik

Cara menyembuhkan cegukan yang paling mudah dan populer yaitu dengan menahan nafas selama beberapa detik. Pasalnya, kadar karbondioksida yang tinggi dalam darah dapat membantu menghentikan cegukan. Lakukan cara ini secara berulang hingga cegukan mulai hilang. 

2. Posisi duduk memeluk lutut

Cara mengatasi cegukan selanjutnya dengan posisi duduk sambil memeluk lutut. Hal ini dilakukan untuk memberi tekanan pada diafragma sehingga cegukan bisa menghilang. 

3. Minum air hangat

Cara menghilangkan cegukan berikutnya dengan air. Air hangat membantu melancarkan peredaran darah agar kebutuhan oksigen dalam tubuh tercukupi. Minum air hangat untuk menghentikan cegukan dapat dilakukan dengan mudah.

Caranya dengan menyiapkan air hangat dan meminumnya tanpa ditelan terlebih dahulu. Kemudian, telan air hangat setelah menahan napas selama beberapa detik, lalu hembuskan. Ulangi cara ini beberapa kali agar cegukan hilang. 

4. Menjulurkan lidah

Cara menghentikan cegukan yang satu ini sebaiknya dilakukan di dalam ruangan agar lebih nyaman. Gerakan menjulurkan lidah akan mendistraksi saraf vagus, mengurangi kejang diafragma, dan membantu terhindar dari reflek muntah akibat cegukan.

5. Minum air dengan sedotan

Ketika cegukan, saraf vagus harus distimulasi agar fungsinya kembali berjalan normal. Minum air menggunakan sedotan sambil menutup hidung atau kedua telinga bisa juga menjadi salah satu cara mengatasi cegukan terus menerus pada orang dewasa. Lakukan cara ini secara berulang hingga cegukan berhenti. 

Cara Mengatasi Bayi Cegukan

Cegukan juga bisa dialami oleh bayi. Pada bayi, cegukan yang dibiarkan begitu saja dapat mengganggu dan menimbulkan masalah serius. Berikut ini beberapa cara menyembuhkan cegukan berikut ini. 

1. Sendawakan bayi

Cegukan terjadi karena adanya kelebihan gas dalam perut. Pemberian ASI memungkinkan udara masuk dan tertelan oleh mulut bayi. Maka dari itu, ketika bayi cegukan saat sedang disusui, pemberian ASI harus dihentikan untuk menghindari kemungkinan bayi tersedak. 

Gas harus dikeluarkan agar tidak mengiritasi perut. Caranya dengan menghentikan pemberian ASI, menegakkan bayi, dan menepuk-nepuk punggungnya dengan lembut untuk membantu bayi bersendawa. 

2. Beri makanan saat bayi tenang

Ketika bayi cegukan saat sedang disusui, sebaiknya hentikan sementara pemberian susu. Kemudian, bayi digendong dan dipeluk agar tenang sembari menunggu cegukan hilang. Lakukan pemberian makanan lagi setelah bayi tenang dan cegukan hilang. 

3. Perlambat pemberian ASI

Cara menghentikan cegukan pada bayi bisa dengan memperlambat pemberian ASI.  Pemberian ASI sebaiknya dalam jumlah yang sedikit dan dengan interval pendek agar udara tertelan oleh bayi saat minum menjadi lebih sedikit. 

4. Tegakkan tubuh bayi 

Setelah meminum ASI, hendaknya bayi digendong dengan posisi tubuh tegak. Hal ini dapat membantu mengatasi cegukan karena sistem pencernaan bekerja menjadi lebih mudah. 

5. Posisikan botol dot dengan mulut bayi dengan benar

Cara mengatasi cegukan pada bayi dengan membenarkan posisi botol dot. Ketika meminum ASI dengan bantuan botol dot, pastikan agar udara di dalam botol sedikit dan posisinya dengan mulut bayi sudah benar. Hal ini untuk menghindari terjadinya cegukan. 

Itulah beberapa cara menghilangkan cegukan pada orang dewasa maupun bayi agar cepat diatasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro