the Mukaab/
Travel

Fakta-fakta The Mukaab, Bangunan Kontroversial di Arab Saudi Mirip Kabah

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 22 Februari 2023 - 09:08
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Putra Mahkota Arab Saudi dan Perdana Menteri Mohammad bin Salman bin Abdulaziz, telah mengumumkan peluncuran perusahaan baru untuk membangun proyek ambisius di ibu kota negara.

Perusahaan Pengembangan Murabba itu, akan mengembangkan pusat kota terbesar di dunia di Riyadh pada tahun 2030.

Proyek Murabba baru seluas 19 kilometer persegi, akan berlokasi di persimpangan jalan Raja Salman dan Raja Khalid di barat laut Riyadh.

Diharapkan untuk menambah SAR180bn ke PDB non-minyak negara itu dan menciptakan 334.000 pekerjaan langsung dan tidak langsung pada tahun 2030.

Proyek ini akan menampilkan area hijau dan jalur pejalan kaki dan bersepeda, serta museum, universitas teknologi dan desain, teater imersif multiguna, dan lebih dari 80 tempat hiburan dan budaya.

Selain itu, ia akan menawarkan lebih dari 25 juta meter persegi luas lantai, menampilkan lebih dari 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel, dan lebih dari 980.000 meter persegi ruang ritel.

Lokasi ini juga akan menampung 1,4 juta meter persegi ruang kantor, 620.000 meter persegi aset rekreasi, dan 1,8 juta meter persegi ruang yang didedikasikan untuk fasilitas komunitas.

Lokasi tersebut akan menawarkan "pengalaman hidup, bekerja, dan hiburan yang unik dalam radius 15 menit berjalan kaki", dan mengoperasikan sistem transportasi internalnya sendiri.

Salah satu proyek besar dalam pengembangan ini adalah The Mukaab, salah satu bangunan terbesar di dunia, dengan tinggi 400m, lebar 400m, dan panjang 400m.

“Terinspirasi oleh gaya arsitektur Najdi modern, Mukaab akan menjadi tujuan imersif pertama di dunia yang menawarkan pengalaman yang diciptakan oleh teknologi digital dan virtual dengan holografi terbaru”, lapor SPA.

Landmark ini akan terdiri dari sebuah menara di atas dasar spiral, dan sebuah struktur yang menampilkan luas lantai 2 juta meter persegi, menjadi tujuan perhotelan yang akan menampilkan atraksi ritel, budaya dan wisata, bersama dengan unit perumahan dan hotel, ruang komersial, dan fasilitas rekreasi.

Proyek ini merupakan strategi untuk menarik sektor swasta dan meningkatkan konten lokal, serta berkontribusi pada pengembangan proyek real estate dan infrastruktur lokal.

Awal pekan ini, Dana Investasi Publik mengumumkan investasi senilai $1,3 miliar di empat perusahaan konstruksi lokal.

The Mukaab akan menarik pengunjung dari seluruh dunia dengan hiburan, santapan, dan ritel canggihnya yang luar biasa. Pusat kota modern terbesar di dunia. 

Sebuah kubus raksasa setinggi lebar dan dalam 400 meter itu, dikatakan bisa menampung ratusan ribu penduduk.

Di dalamnya akan ada hotel mewah, museum, dan tempat hiburan, bertujuan untuk menjadi simbol "Visi 2030", filosofi "Arab Saudi baru" Putra Mahkota Mohammed bin Salman. "

Ini akan menjadi fisiognomi "Mukaab" (kubus), pusat kota baru di ibu kota Saudi yang diluncurkan oleh pewaris takhta Riyad dengan gaya megah dengan rangkaian rendering dan video futuristik yang biasa.

Mukaab adalah kelanjutan ideal dari Neom, kota yang telah dibangun oleh Saudi dari awal di utara negara itu selama beberapa tahun, dengan ambisi menjadikannya alternatif magnet internasional dari kota-kota besar di Teluk.

Pusat baru Riyadh akan dibangun di persimpangan Jalan Raja Salman dan Jalan Raja Khalid di barat laut kota, di area seluas 19 kilometer persegi, berjarak 20 menit berkendara dari bandara.

Proyek ini akan menawarkan lebih dari 25 juta meter persegi ruang lantai, dengan lebih dari 104.000 unit hunian, 9.000 kamar hotel dan lebih dari 980.000 meter persegi ruang ritel, serta 1,4 juta meter persegi ruang kantor, 620.000 meter persegi ruang rekreasi. kegiatan dan 1,8 juta meter persegi ruang yang didedikasikan untuk fasilitas masyarakat.

Menurut rencana Mohammed bin Salman, pekerjaan di Mukaab Riyadh juga diharapkan selesai pada tahun 2030.

Fakta Proyek Murabba Baru:

  • Proyek ini akan mencakup area seluas 19 kilometer persegi dan akan menawarkan lebih dari 25 juta meter persegi luas lantai
  • Proyek Murabba Baru akan menampung ratusan ribu warga
  • Proyek Murabba Baru akan dibangun dengan konsep keberlanjutan, menampilkan area hijau dan jalur pejalan kaki dan bersepeda yang akan meningkatkan kualitas hidup dengan mempromosikan gaya hidup sehat, aktif, dan aktivitas masyarakat
  • Proyek Murabba Baru akan selesai pada tahun 2030

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro