Aplikasi Satu Sehat.
Health

Cara Lihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat

Rahmi Yati
Senin, 6 Maret 2023 - 13:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Aplikasi PeduliLindungi sudah berganti nama dan tampilan menjadi Satu Sehat. Aplikasi tersebut digunakan sebagai bagian dari syarat naik pesawat dan kereta api. Berikut cara lihat sertifikat vaksin di aplikasi Satu Sehat Mobile.

Kementerian Kesehatan (Kemenkes) melakukan transformasi aplikasi yang sebelumnya wajib digunakan selama pandemi Covid-19 sejak 1 Maret 2023.

Namun, masih banyak pengguna yang mengeluhkan tidak bisa melihat sertifikat vaksin Covid-19. Padahal, dokumen tersebut diperlukan untuk syarat naik pesawat atau kereta api.

Staf Ahli Teknologi Kesehatan sekaligus Chief Digital Transformation Office (DTO) Kemenkes Setiaji mengimbau masyarakat untuk memperbarui atau update aplikasi PeduliLindungi menjadi Satu Sehat melalui Play Store atau App Store.

"Setelah memberikan persetujuan syarat dan ketentuan di Satu Sehat Mobile, pengguna hanya perlu log in dengan nomor ponsel atau email yang telah terdaftar," ujarnya pekan lalu.

Proses migrasi data ke aplikasi Satu Sehat dari PeduliLindungi membutuhkan waktu, sehingga pengguna wajib untuk mengecek sertifikat vaksin secara berkala.

Bagi yang ingin menlihat sertifikat vaksin di aplikasi Satu Sehat Mobile, berikut caranya dikutip dari akun Instagram @pedulilindungi.id:

Cara Lihat Sertifikat Vaksin di Aplikasi Satu Sehat

  1. Buka Satu Sehat Mobile
  2. Login dengan nomor HP/email terdaftar
  3. Pilih menu Vaksin dan Imunisasi
  4. Pilih Riwayat dan Sertifikat Vaksin
  5. Klik nama yang ingin dicek sertifikat vaksinnya
  6. Klik sertifikat vaksin yang mau dilihat

PeduliLindungi sebelumnya digunakan untuk membantu penanganan Covid-19 selama hampir tiga tahun terakhir. Aplikasi itu memiliki sejumlah fitur, termasuk download sertifikat dan tiket vaksin serta scan QR saat masuk ke tempat publik.

Namun jangan khawatir, kendati ada perubahan ke Satu Sehat Mobile, fitur-fitur itu masih tetap tersedia dengan sejumlah fitur tambahan lain yang akan hadir dalam waktu dekat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Rahmi Yati
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro