Ilustrasi jerawat
Fashion

Makanan yang Harus Dikonsumsi dan Dihindari untuk Cegah Jerawat

Sabina Arla Yogandini
Senin, 20 Maret 2023 - 14:00
Bagikan

Selain makanan yang perlu dihindari, ada juga makan yang dapat dikonsumsi untuk menjaga kulit Anda agar tetap bersih dari jerawat.

Berikut adalah makanan yang dapat membantu Anda dalam mencegah timbulnya jerawat:

1. Karbohidrat kompleks

Untuk mencegah timbulnya jerawat, Anda dapat mengonsumsi makanan yang ditemukan dalam biji-bijian - quinoa, roti gandum, dan beras merah. Adapun buah-buahan dan sayuran (bukan dalam bentuk jus) seperti paprika merah dan kuning, wortel, ubi jalar, tomat, bayam, dan aprikot. lalu kacang-kacangan seperti kacang-kacangan, buncis, dan kacang polong.

2. Vitamin A, D, E

Sebuah studi menemukan bahwa seseorang yang kekurangan Vitamin A dan E akan meningkatkan pertumbuhan jerawat. Untuk itu, penting untuk mengonsumsi makanan yang kaya akan vitamin A seperti tuna, hati, krim dan keju feta, mentega, telur, makarel, dan lain-lain. Selain itu, konsumsi pula makanan yang kaya akan vitamin E seperti kacang-kacangan seperti almond, kacang tanah, dan brokoli.

3. Probiotik

Dengan mengonsumsi yogurt, buttermilk, kefir, dan lain-lain yang kaya akan probiotik dapat membantu mengurangi munculnya jerawat karena probiotik dapat membantu lebih dari separuh masalah kulit.

4. Kunyit

Kunyit mengandung kurkumin (antioksidan kuat) yang dikenal untuk mengurangi peradangan dan mengurangi bakteri penyebab jerawat.

5. Seng

Orang dengan kadar seng yang rendah dalam tubuh mereka mungkin lebih rentan terhadap jerawat. Maka dari itu, perlu asupan konsumsi seperti buncis, kacang-kacangan, biji-bijian seperti labu dan biji bunga matahari, daging, dan kerang untuk mencegah jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro