Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Jerawat (pixabay)
Health

Manfaat Kayu Manis untuk Kesehatan, Bisa Jadi Obat Buat Jerawat

Nuraini
Senin, 9 Januari 2023 - 16:25
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Kayu manis merupakan rempah tradisional yang biasa digunakan sebagai bumbu masak dan dijadikan sebagai minyak esensial.

Rempah beraroma khas ini kaya akan manfaat. Lalu, apa saja manfaat kayu manis? Dilansir dari SehatQ, Alodokter, dan Klikdokter, berikut penjelasan lengkapnya. 

Kandungan Kayu Manis

Kayu manis merupakan rempah yang kaya nutrisi. Kayu manis mengandung protein, zat besi, selenium, kalium, kalsium, serat, fosfor, vitamin A, vitamin B, dan vitamin K. Kandungan kayu manis tersebut berperan sebagai antibakteri, antiradang, dan antioksida. 

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

Kandungan kayu manis yang beragam membuat rempah ini mempunyai banyak manfaat. Kayu manis diketahui dapat mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut ini kumpulan manfaat dari kayu manis untuk kesehatan.

1. Baik untuk pengidap diabetes

Manfaat kayu manis untuk diabetes yakni dengan menurunkan kadar gula darah. Kandungan kayu manis mampu mencegah diabetes dan meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin pada pengidap diabetes tipe 2. 

2. Mengurangi peradangan dan nyeri 

Kandungan antioksidan dalam kayu manis dapat mengurangi peradangan dan nyeri. Kayu manis dapat mengurangi nyeri dari sakit kepala, sakit gigi, dan nyeri otot. Selain itu, manfaat kayu manis untuk wanita juga dapat mengurangi nyeri yang diakibatkan oleh menstruasi. 

3. Menjaga kesehatan jantung

Manfaat rebusan kayu manis selanjutnya dapat menjaga kesehatan jantung. Hal ini dapat terjadi karena kandungan kayu manis dapat mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida sehingga penyumbatan pembuluh darah tidak terjadi. 

4. Mencegah kanker prostat

Prostat berfungsi menghasilkan cairan semen bagi pria. Penelitian Journal of Toxicology menyebutkan bahwa manfaat kayu manis untuk pria dapat mencegah mutasi sel pada kelenjar prostat. 

5. Mengatasi peradangan lambung

Kandungan kayu manis berperan sebagai anti bakteri, anti jamur, anti pembekuan darah, dan anti radang yang baik untuk mengatasi asam lambung. Manfaat kayu manis untuk asam lambung yang satu ini harus diiringi dengan menjaga pola makanan.

6. Mengontrol tekanan darah

Manfaat air rebusan kayu manis lainnya yaitu bisa mengontrol tekanan darah. Kandungan antioksidan yang tinggi pada kayu manis dapat mengontrol tekanan darah dan mencegah hipertensi atau darah tinggi. 

7. Melawan infeksi bakteri dan jamur

Kayu manis dapat membantu melawan berbagai jamur penyebab gangguan pernapasan. Selain itu, kayu manis juga dapat membantu melawan bakteri penyebab bau mulut. 

Manfaat Kayu Manis Untuk Wajah

Masker wajah yang terbuat dari bahan kayu manis dapat memberi manfaat baik untuk wajah. Inilah penjelasannya.

1. Mengobati jerawat

Berdasarkan penelitian International Journal of Pharmaceutical Science Invention membuktikan bahwa minyak esensial dari kayu manis dapat melawan bakteri penyebab jerawat. 

2. Memperlambat tanda penuaan

Manfaat kayu manis untuk wajah selanjutnya dapat memperlambat tanda penuaan. Berdasarkan penelitian dalam American Chemical Society telah dibuktikan bahwa kayu manis baik untuk perawatan pencegah penuaan. Kandungan antioksidan dalam kayu manis dapat melindungi kulit dari paparan sinar matahari sehingga garis-garis halus dan kulit kusam dapat terhindarkan.

3. Menyehatkan kulit 

Kayu manis yang diolah menjadi masker dapat menyehatkan kulit. Hal ini terjadi karena kayu manis akan meningkatkan aliran darah pada wajah.

4. Mengencangkan kulit

Manfaat kayu manis untuk wanita lainnya yaitu bisa mengencangkan kulit wajah. Peningkatan aliran darah ke wajah dapat membuat kulit wajah tampak lebih kencang.

5. Mengatasi peradangan pada kulit

Kandungan anti radang pada kayu manis berguna untuk mengatasi peradangan pada kulit. Selain itu, dapat membantu penyembuhan bekas jerawat.

6. Menyembuhkan luka

Kandungan antibakteri dari kayu manis berfungsi dalam proses penyembuhan luka. Manfaat ini didapatkan setelah mengolah kayu manis menjadi masker wajah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro