7 Cara Diet Saat Puasa agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar (freepik)
Health

7 Cara Diet Saat Puasa agar Tubuh Tetap Sehat dan Bugar

Nuraini
Sabtu, 25 Maret 2023 - 20:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ketika bulan Ramadan, kita mengurangi waktu makan dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari.

Akan tetapi, pada kenyataannya banyak yang mengalami kenaikan berat badan saat puasa. Salah satu penyebabnya karena makanan yang dikonsumsi tidak terkontrol dengan baik.

Maka dari itu, penting untuk mengetahui cara diet saat puasa agar berat badan tidak mengalami lonjakan.

Tips Diet Saat Puasa

Bagi Anda yang selama ini menjalankan program diet, ketika memasuki bulan Ramadhan, kebiasaan diet bisa tetap dijalankan. Namun, perlu strategi khusus agar diet puasa bisa efektif. Berikut ini beberapa tips cara diet saat puasa.

1. Tetap makan sahur

Banyak diantara kita yang mengira bahwa tidak makan sahur ketika puasa bisa mempercepat penurunan berat badan. Padahal, anggapan tersebut tidak benar. Melewatkan sahur bahkan tindakan yang tidak disarankan.

Makan sahur ketika puasa sangat penting karena bisa membuat tubuh tetap berenergi selama puasa. Tidak makan sahur justru bisa membuat Anda makan lebih banyak saat buka puasa. Hal tersebut membuat porsi makan menjadi tidak terkendali.

2. Mengkonsumsi makanan yang bergizi

Cara diet saat puasa selanjutnya memastikan makanan yang dikonsumsi bergizi seimbang juga menjadi hal yang penting saat ingin diet di bulan Puasa. Ketika berpuasa, kita makan hanya dua kali yakni saat buka dan sahur. Maka dari itu, penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi harian agar tubuh tetap sehat dan bugar selama berpuasa.

3. Hindari makanan yang terlalu manis

Cara diet di bulan Puasa lainnya yaitu dengan menghindari makanan maupun minuman yang mengandung gula tambahan. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan maupun minuman yang manis bisa membuat lemak menumpuk.

Kondisi tersebut dikarenakan saat puasa, produksi insulin menurun yang menyebabkan proses perubahan gula menjadi energi terhambat. Gula yang tidak teroleh akan disimpan menjadi lemak. Maka dari itu, saat puasa sebaiknya kita tidak terlalu banyak mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis.

4. Rutin berolahraga

Cara diet saat puasa satu ini penting dilakukan. Puasa bukan menjadi alasan untuk berhenti berolahraga. Justru ketika sedang berpuasa, sebaiknya kita rutin berolahraga agar tubuh tetap bugar.

Meskipun demikian, intensitas olahraga ketika berpuasa tentu lebih ringan. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti yoga, berjalan kaki, atau bersepeda. Dengan demikian, tubuh menjadi sehat dan berat badan tetap terjaga.

5. Mencukupi kebutuhan air

Tubuh manusia membutuhkan air untuk metabolisme tubuh. Saat puasa, konsumsi air hanya bisa dilakukan di malam hari setelah berbuka puasa.

Selain menyehatkan, mencukupi kebutuhan air juga bisa membantu menjaga berat badan agar tetap ideal.

6. Mengatur porsi makan

Cara diet saat puasa lainnya yaitu dengan mengatur porsi makan saat buka maupun sahur. Makan dengan porsi yang berlebihan akan membuat kadar gula meningkat secara drastis. Tentu saja hal ini tidak baik karena tubuh tidak dapat menghasilkan insulin dalam jumlah banyak saat puasa.

Anda sebaiknya menggunakan piring kecil agar tidak makan berlebihan. Selain itu, jangan paksakan makan ketika perut sudah kenyang.

7.  Mencukupi waktu tidur

Tidur yang cukup ternyata bisa menjadi salah satu cara diet puasa. Kurang tidur dapat membuat metabolisme menjadi kacau. Akibatnya, tubuh tidak bisa membakar cadangan lemak dengan efektif.

Sedangkan kurang tidak bisa membuat hormon giberelin meningkat. Hormon tersebut membuat nafsu makan juga meningkat.

Itulah beberapa cara diet saat puasa yang bisa Anda coba. Selain cara di atas, Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter gizi agar program diet yang dijalankan saat puasa sesuai dengan kebutuhan dan kondisi tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Nuraini
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro