Tahu kedelai
Health

11 Makanan Protein Tertinggi, Cocok Untuk Diet dan Imunitas Tubuh

Elsa Hayati Sukma
Selasa, 21 Maret 2023 - 16:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Protein menjadi salah satu zat gizi yang diperlukan oleh tubuh yang berperan penting untuk perbaikan dan pembentukan berbagai jaringan tubuh serta sebagai sumber energi.

Zat gizi makro yang terkandung dalam protein terbentuk dari beberapa unsur yaitu Karbo, Hidrogen, Oksigen dan Nitrogen. Protein berfungsi penting bagi sistem kekebalan tubuh, membantu pertumbuhan sel-sel serta menjaga daya tahan tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.

Tubuh sangat membutuhkan asupan protein sebanyak 56 gram per hari yang bersumber dari protein hewani seperti telur, daging, ikan, seafood dan protein nabati seperti tahu, tempe, brokoli, kacang-kacangan dan biji-bijian. Kebutuhan protein ini harus dipenuhi per hari karena jika kekurangan protein berdampak pada tubuh seperti mudah lemas, diare, anemia, penurunan berat badan, berkurangnya massa otot hingga rambut rontok.

Memiliki kandungan yang bagus bagi kesehatan berikut berbagai macam manfaat protein bagi kesehatan tubuh:

1. Membentuk pembentukan tulang, otot, tulang rawan, kulit, dan darah
2. Memproduksi hormon yang berfungsi mengirim pesan dan mengkoordinasikan fungsi sel maupun organ dalam tubuh.
3. Memperbaiki dan memperkuat dan mengganti jaringan tubuh yang rusak.
4. Menguatkan rambut dan kuku.
5. Membentuk antibodi dan menguatkan sistem kekebalan tubuh
6. Memproduksi enzim yang berfungsi memfasilitasi reaksi metabolisme tubuh.

Berikut daftar makanan tinggi protein

1. Dada Ayam

Dada ayam menjadi salah satu makanan yang sering dikonsumsi. Mempunyai banyak manfaat, dada ayam juga dijadikan sebagai salah satu makanan yang cocok untuk diet dengan kandungan 32.1 gram protein per 100 gram dengan kandungan lemak sebanyak 284 kalori. Dada ayam menjadi salah satu bagian tubuh unggas yang dikenal dengan kandungan protein yang tinggi dibandingkan dengan jenis unggas lainnya.

2. Biji Labu

Biji labu menjadi salah satu protein nabati yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh untuk membantu mengontrol sinyal saraf, meningkatkan memori, sumber serat dan dapat mengurangi stres dll. Kandungan dalam biji labu sebanyak 29.8 per 100 gram penyajian.

3. Daging babi tanpa lemak

Daging babi merupakan protein hewani yang mengandung 31 gram protein per 100 gram menjadikannya pilihan protein yang ideal untuk pemakan daging. Kandungan daging bagi tanpa lemak ini banyak dicari bagi pecinta daging babi karena dapat menjaga kesehatan tubuh.

4. Ikan tuna

Ikan tuna dianggap sebagai ikan berlemak dengan kandungan protein yang sebanyak 29.9 gram protein dalam 100 gram ikan tuna. Daging ikan tuna ini mengandung vitamin B dan selenium yang berfungsi sebagai zat antioksidan serta kaya akan protein tinggi, asam amino, dan omega-3 yang baik untuk tubuh. Kandungan kalori yang terdapat dalam ikan tuna ini cukup rendah hanya 157 kcal dan bagus bagi yang ingin diet dengan mengkonsumsi ikan tuna.

5. Daging Sapi

Daging sapi menjadi makanan hewani yang mengandung protein tinggi sebanyak 28.7 protein per 100 gram serta vitamin B12 dan zat besi yang berfungsi untuk meningkatkan imunitas tubuh dan mencegah anemia. Bagian sapi yang paling banyak mengandung protein tinggi adalah sirloin yang memiliki sedikit lemak yang mengandung protein tinggi untuk kesehatan tubuh.

6. Tahu

Tahu merupakan sumber protein nabati yang berasal dari olahan kacang kedelai dengan kandungan protein tinggi sebanyak 17.3 gram per 100 gram tahu. Makanan ini banyak sekali dijumpai di Indonesia selain mengandung banyak manfaat, tahu ini mudah untuk diolah menjadi makanan, tak heran jika masyarakat banyak yang menyukai tahu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro