Pisang/boldsky.com
Health

Ini Dia Karbohidrat untuk Diet dan Turunkan Berat Badan

Mia Chitra Dinisari
Rabu, 22 Februari 2023 - 10:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak orang menghindari makan karbohidrat saat ingin diet atau menurunkan berat badan.

Pasalnya, karbohidrat dianggap musuh bagi mereka yang ingin terlihat langsung.

Padahal, ternyata Anda harus terus tetap konsumsi karbohidrat. Meskipun, karbohidrat juga sering dikaitkan dengan diabetes tipe 2, penambahan berat badan, dan sejumlah masalah kesehatan lainnya.

Memang benar bahwa biji-bijian olahan dan makanan olahan yang tinggi gula seringkali kekurangan vitamin dan mineral yang diperlukan. Namun, banyak makanan padat nutrisi dan kaya serat mungkin sangat bermanfaat bagi kesehatan Anda.

Meskipun beberapa orang mungkin mendapat manfaat dari diet rendah karbohidrat, tidak perlu sepenuhnya mengecualikan makanan tinggi karbohidrat. 

Berikut makanan kaya karbohidrat ini yang bantu mempercepat penurunan berat badan:

1. Oat

Gandum utuh yang sangat bergizi, oat adalah sumber vitamin, mineral, dan antioksidan yang luar biasa. Selain itu, oat adalah sumber protein yang layak dan memiliki kandungan protein lebih tinggi daripada kebanyakan biji-bijian.

Menurut penelitian, makan oat dapat menurunkan kadar kolesterol Anda, sehingga menurunkan risiko penyakit jantung. Khususnya bagi penderita diabetes tipe 2, mengonsumsi oat dapat menurunkan kadar gula darah. Oat juga cukup mengenyangkan, yang dapat membantu manajemen berat badan yang baik.

2. Biji-bijian sereal

Jelai, biji-bijian sereal, mungkin memiliki kapasitas untuk meningkatkan kadar hormon yang berhubungan dengan rasa kenyang.

Biji jelai yang direbus dapat mengubah mikroorganisme di usus Anda, yang pada gilirannya dapat meningkatkan metabolisme Anda, menurut sebuah penelitian di Swedia. Kandungan serat pati yang tinggi ini juga dilaporkan dapat mengurangi rasa lapar, menurut para peneliti.

3. Quinoa

Quinoa adalah benih sehat yang telah mendapatkan popularitas luar biasa di kalangan konsumen yang peduli dengan kesehatan mereka. Itu termasuk dalam kategori pseudocereal, yaitu benih yang diproses dan dikonsumsi seperti biji-bijian.

Quinoa yang dimasak adalah makanan tinggi karbohidrat karena mengandung 70% karbohidrat. Tapi itu juga merupakan sumber serat dan protein yang fantastis. Quinoa telah dikaitkan dengan sejumlah manfaat kesehatan, termasuk kontrol gula darah dan kesehatan jantung yang lebih baik. Quinoa tinggi jumlahnya

4. Soba

Soba dianggap sebagai pseudocereal, mirip dengan quinoa. Soba tidak terkait dengan gandum, terlepas dari namanya, dan tidak mengandung gluten. Karena mengandung protein dan serat, soba sangat padat nutrisi.

Dibandingkan dengan banyak biji-bijian lainnya, ia juga mengandung lebih banyak nutrisi dan antioksidan. Studi menunjukkan bahwa itu mungkin sangat menguntungkan untuk kontrol gula darah dan kesehatan jantung.

5. Popcorn

Lain kali Anda lapar, cobalah berondong jagung daripada keripik. Para peneliti dari bidang makanan dan kesehatan di seluruh negeri mengevaluasi rasa kenyang jangka pendek dari dua makanan ringan umum ini dan menemukan bahwa sebagian besar sukarelawan melaporkan merasa kurang lapar dan lebih puas setelah makan popcorn.

Menjadi lebih puas mungkin akan menyebabkan Anda makan lebih sedikit, yang akan mengakibatkan konsumsi kalori lebih sedikit. Mereka juga merupakan alternatif yang jauh lebih baik untuk keripik dan makanan ringan olahan lainnya.

6. Pisang

Pisang adalah buah populer yang dinikmati orang dengan berbagai cara. Selain kaya akan potasium dan vitamin B6 dan C, pisang juga mengandung sejumlah komponen tumbuhan yang bermanfaat. Pisang dapat membantu menurunkan tekanan darah dan meningkatkan kesehatan jantung karena kandungan potasiumnya yang tinggi.

Pisang hijau dan mentah memiliki lebih banyak pati. Saat pisang matang, ini berubah menjadi gula alami, yang menyebabkan pisang menjadi kuning. Oleh karena itu, jika Anda mengonsumsi pisang saat belum matang, Anda akan sering mendapatkan lebih banyak pati dan lebih sedikit gula.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro