Pemudik melakukan perjalanan saat libur Lebaran/Senin (25/4/2022)./Dok. Kemenag
Travel

Libur Lebaran 2023, Jumlah Perjalanan Domestik Meningkat 2 Kali Lipat

Arlina Laras
Selasa, 28 Maret 2023 - 11:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Perjalanan domestik selama periode libur lebaran 2023 mengalami peningkatan yang signifikan. 

Chief of Marketing Officer Traveloka Shirley Lesmana, mengatakan, kondisi ini didukung dengan berakhirnya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) per 31 Desember 2022 oleh pemerintah

"Kami melihat tren perjalanan baik domestik maupun internasional terus meningkat, terlebih di masa libur Lebaran 2023 nanti,” katanya berdasarkan keterangan resmi yang diterima Bisnis, Selasa (28/3/2023). 

Tercatat, sebanyak 48 persen pengguna menyatakan bahwa mereka akan memanfaatkan momen Lebaran 2023 untuk merencanakan liburan, baik domestik maupun internasional. 

Jumlah konsumen yang merencanakan untuk berlibur pun meningkat, di mana pencarian penerbangan domestik yang melonjak hampir dua kali lipat dibandingkan 2022.

Berdasarkan Survei Badan Kebijakan Transportasi (BKT), Kementerian Perhubungan memperkirakan pergerakan masyarakat mencapai 123,8 juta orang pada masa mudik lebaran 2023. Jumlah ini meningkat 14,2 persen dibandingkan pergerakan masyarakat di masa lebaran 2022 yang mencapai 85,5 juta orang. 

Pihaknya melihat ada sejumlah perubahan tren yang terjadi di masyarakat, di mana momen libur Lebaran yang selalu identik dengan kebersamaan dan berkumpul bersama keluarga kini tidak hanya digunakan untuk mudik, namun juga untuk berlibur. 

Terkait destinasi yang paling diminati masyarakat dalam merayakan libur lebaran yaitu  Bali, Surabaya, Medan, Padang, Yogyakarta untuk destinasi domestik. Sementara itu, Singapura, Malaysia, Thailand, Korea Selatan, Jepang menjadi negara yang paling banyak dikunjungi untuk destinasi internasional. 

Dalam  menjalani libur lebaran pun, masyarakat tak hanya mengandalkan pesawat, melainkan ragam moda transportasi darat lainnya seperti kereta api, bus & shuttle, serta mobil pribadi juga menjadi favorit. 

Sejauh ini, konsumen Online Travel Agency (OTA) memang cenderung memilih perjalanan yang personalized dan fleksibel. 

Melihat tumbuhnya tren untuk melakukan perjalanan di periode libur Lebaran ini, Traveloka melalui rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay siap menghadirkan layanan end-to-end serta promosi menarik baik untuk pemesanan tiket transportasi pesawat terbang, kereta api, bus, maupun akomodasi serta atraksi hiburan, dilengkapi dengan fitur PayLater.

Hal ini memungkinkan konsumen untuk merencanakan perjalanan yang lebih personalized dan sesuai dengan preferensi mereka, seperti destinasi wisata yang ingin dikunjungi, jenis akomodasi yang diinginkan, dan aktivitas yang ingin dilakukan selama perjalanan.

Rangkaian kampanye #RAYAkanYourWay yang telah diluncurkan sejak 7 Maret 2023 ini mengajak konsumen untuk mengeksplorasi berbagai cara dalam merayakan libur Lebaran, mulai dari persiapan mudik hingga perjalanan liburan domestik maupun internasional. 

Program promosi spesial menyambut bulan Ramadan ini dimulai dengan tawaran diskon hingga Rp 1 juta untuk pemesanan tiket pesawat domestik, diskon hingga Rp 1,75 juta untuk reservasi tiket pesawat internasional, diskon hingga Rp 300.000 untuk reservasi tiket kereta, diskon reservasi bus dan shuttle serta kejutan Flash Sale Ramadan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro