Cara kerja di luar negeri/Freepik
Relationship

Cara Kerja di Luar Negeri Tanpa Biaya dan Tips Pentingnya

Hana Fathina
Senin, 17 April 2023 - 20:38
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bekerja di luar negeri bisa memberimu banyak keuntungan yang tidak kamu dapatkan dari bekerja di negara sendiri. Seperti, kamu bisa memahami perbedaan budaya kerja di luar negeri dan di Indonesia. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan banyak informasi tentang ilmu yang digeluti kamu dari perspektif yang berbeda. Untuk mendapatkan keuntungan tadi, kamu wajib mengetahui cara kerja di luar negeri berikut ini.

Semua pengalaman kerja kamu di luar negeri bisa menjadi tambahan di CV kamu. Jika kamu juga bisa berbicara bahasa lokal di sana, itu akan meningkatkan kemampuan bahasa asing kamu. Karena banyak perusahaan asing, itu menunjukkan bahwa kamu memiliki banyak peluang terutama di negara maju. 

Berikut ini adalah beberapa cara kerja di luar negeri:

1. Cara Kerja di Luar Negeri Lewat Depnaker

  • Mengunjungi Depnaker (Dinas Tenaga Kerja) yang ada di masing-masing kabupaten baik fisik maupun online melalui laman website resminya.
  • Jika melalui online bisa mengunjungi laman kemnaker.go.id lalu klik “kunjungi laman”, kamu akan diarahkan untuk mendaftar dan membuat akun. Selanjutnya pilih “cari lowongan kerja”
  • Siapkan persyaratan yang harus dipenuhi, baik dokumen ataupun fisik. Biasanya persyaratan di setiap negara tujuan berbeda.
  • Mengecek email agar tahu perkembangan informasi atas layanan Depnaker yang sudah diakses apakah lolos atau tidak.
  • Barangkali ada persyaratan umum untuk bekerja di luar negeri dan harus dipenuhi sebagai berikut:
  • Minimal usia harus 18 tahun.
  • Sehat jasmani dan rohani.
  • Menempuh Pendidikan minimal SLTA atau sederajat D3, S1.
  • Menyiapkan persyaratan umum yang ditentukan negara tujuan.

2. Tips Kerja di Luar Negeri

  • Tentukan jenis pekerjaan 
    Sebelum mencari lowongan pekerjaan di luar negeri, tentunya kamu harus benar-benar yakin dengan pekerjaan yang ingin kamu lakukan nantinya. Karena ini berkaitan rencana kamu kedepannya. Alasannya karena hal ini tidak bisa diputuskan tanpa pertimbangan yang matang. 
  • Sesuaikan penulisan CV dengan negara tujuan
    Setiap negara biasanya memiliki perbedaan pada jenis CV dan resume untuk pekerjaan. Negara-negara Eropa biasanya mencantumkan foto dan informasi pribadi lengkap pada CV mereka. Sedangkan untuk di Amerika, UK dan Australia informasi pribadi hanya mencantumkan lokasi, nomor handphone, alamat email dan tidak harus mencantumkan foto. 
  • Tentukan negara tujuan dan melakukan riset
    Setelah mengetahui jenis pekerjaan yang diinginkan, selanjutnya kamu bisa menentukan negara apa yang dituju. Pada tahapan ini kamu harus melakukan riset negara tujuan. Di samping itu, pertimbangan untuk melakukan perjalanan jangka pendek ke negara incaran untuk membantu mempelajari budaya, mengenal lokasi dan menjalin hubungan dengan beberapa orang di sana. 

3. Cara Kerja ke Luar Negeri Tanpa Biaya

  • Melalui beasiswa 
    Cara kerja di luar negeri yang pertama dengan menjadi penerima beasiswa luar negeri, tentunya juga harus melalui beberapa seleksi dan mengalahkan banyak pesaing. Jadi, pahami Lembaga pengelola beasiswa yang kamu ikuti dan bekerja keras untuk bisa lolos. 
  • Aupair
    Aupair merupakan program Kerjasama yang bisa membuat kamu bekerja dan sekolah secara gratis di luar negeri selama beberapa waktu. Program ini akan menyekolahkan dan memberikan uang saku pada tiap bulannya. Ketentuannya kamu harus bekerja dengan mereka selama 5 jam/hari pada hari Senin-Jumat. Selain itu, kamu juga akan mendapatkan fasilitas berupa tempat tinggal bersama keluarga angkat, makanan hingga diajak berlibur bersama. Untuk waktunya juga beragam ada yang 3 bulan, 6 bulan, hingga 1 tahun. 
  • Magang di perusahaan besar
    Cara kerja di luar negeri yang bisa kamu lakukan adalah dengan magang. Perusahaan skala internasional seperti Google, Microsoft, Facebook dan yang lainnya bisa menambah catatan bagus pada pekerjaan selanjutnya. Apalagi jika kinerja pada pekerjaan bagus dan memuaskan perusahaan. Tidak menutup kemungkinan nantinya akan ditawari pada perusahaan tersebut pada berbagai cabangnya di luar negeri. 


Itulah beberapa cara kerja di luar negeri yang bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro