Vitamin E bisa mengurangi kerontokan rambut/klikdokter
Health

Ini Manfaat Vitamin E bagi Kesehatan Rambut

Salma Permata Dewi
Selasa, 2 Mei 2023 - 23:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Vitamin E memiliki fungsi sebagai antioksidan yang dapat membantu mengurangi kerusakan dan memperkuat sel-sel dalam tubuh, seperti kulit. Vitamin E adalah nutrisi yang larut dalam lemak yang tersedia dari beberapa sumber makanan dan juga dalam bentuk suplemen.

Dilansir dari Healthline, Selasa (2/5/2023), vitamin E telah digunakan dalam dermatologi sejak tahun 1950-an untuk membantu melindungi kulit dari penuaan, peradangan, dan kerusakan akibat sinar matahari. Antioksidan yang larut dalam lemak sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh yang kuat.

Sebagian besar klaim tentang peran vitamin E dalam kesehatan rambut berkaitan dengan sifat antioksidannya. Hal ini berfokus pada gagasan bahwa vitamin E dapat mengurangi kerusakan sel dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Berikut manfaat vitamin E bagi kesehatan rambut menurut Medical News Today dan Healthline:

1. Membuat kulit kepala lebih sehat

Vitamin E dapat membantu mendukung kesehatan kulit kepala dan rambut karena memiliki efek antioksidan alami yang dapat membantu menjaga pertumbuhan rambut. Sifat antioksidan vitamin dapat membantu mengurangi jumlah stres oksidatif dan radikal bebas yang menyebabkan sel folikel rambut di kulit kepala seseorang rusak.

2. Mencegah kerontokan rambut

Ada beberapa bukti terbatas untuk mendukung klaim bahwa vitamin E dapat membantu mencegah kerontokan rambut. Studi penelitian kecil menggunakan total 38 sukarelawan yang mengalami kerontokan rambut meneliti peran vitamin E dalam mencegah kerontokan ini.

Studi tersebut menemukan bahwa salah satu komponen vitamin E meningkatkan pertumbuhan rambut para sukarelawan dibandingkan dengan plasebo. Penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk menentukan bagaimana vitamin E mempengaruhi kerontokan rambut.

3. Membuat rambut lebih bersinar

Menurut sebagian orang, vitamin E dapat membantu mengembalikan kilau rambut yang hilang akibat kerusakan. Bahan kimia, panas, dan produk penataan rambut lainnya dapat merusak rambut. Seseorang dapat mengembalikan kilau menggunakan minyak, yang memberikan lapisan perlindungan ekstra pada kulit dan rambut. Banyak produsen akan menambahkan vitamin E ke produk mereka untuk membantu mengembalikan kilau.

4. Menyeimbangkan produksi minyak

Vitamin E penting untuk menciptakan penghalang pelindung pada permukaan kulit. Penghalang ini membantu mengunci kelembapan. Kulit kering dan teriritasi bisa menjadi tanda kekurangan vitamin E. Meskipun tidak jelas apakah vitamin E topikal dapat menyeimbangkan produksi minyak kulit kepala, minyak yang mengandung vitamin E, seperti minyak alpukat, dapat membantu melembapkan kulit kepala. Vitamin E juga dapat membantu mencegah produksi minyak berlebih.

5. Meningkatkan sirkulasi darah di kulit kepala

Vitamin E dapat meningkatkan aliran darah, seperti yang dikatakan dapat meningkatkan kesehatan rambut. Para peneliti dalam sebuah studi tahun 1999 menemukan bahwa vitamin E dosis tinggi meningkatkan aliran darah ke mata pada penderita diabetes tipe 1. Lalu, studi tahun 2001 menemukan bahwa peningkatan suplai darah mendorong pertumbuhan rambut dan meningkatkan folikel dan ukuran rambut pada tikus.

Vitamin E bisa didapat dari beberapa sampo dan kondisioner yang mengandung ini. Lalu juga ada pada suplemen rambut, seperti minyak rambut, masker rambut, dan vitamin rambut. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memperbaiki pola makan untuk mendapatkan rambut yang sehat.

Makanan-makanan yang perlu dikonsumsi termasuk:

- sayuran berdaun hijau

- kacang-kacangan dan biji-bijian

- minyak sayur

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro