Mengangkat kaki ke dinding sebelum tidur
Health

Ini Lho Manfaat Mengangkat Kaki ke Dinding Sebelum Tidur

Sabina Arla Yogandini
Rabu, 3 Mei 2023 - 09:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Banyak dari Anda yang menghabiskan waktu dalam sehari untuk duduk atau melakukan aktivitas. Tetap aktif dan bergerak tentunya akan membuat tubuh tetap bugar.

Namun, ada baiknya sesekali untuk bersantai dengan pose meninggikan kaki sebelum tidur di malam hari. Terkesan simpel, tetapi apabila Anda melakukan hal tersebut secara rutin akan memberikan manfaat bagi kesehatan Anda.

Anda mungkin sudah biasa untuk pergi ke gym atau melakukan yoga yang diyakini dapat meningkatkan kesehatan Anda. Namun, berbaring dengan melakukan pose kaki di dinding juga memiliki manfaat kesehatan yang potensial.

Melansir dari Healthshots, berikut adalah manfaat meninggikan kaki di dinding sebelum tidur:

1. Meningkatkan sirkulasi darah

Dengan menjaga kaki Anda tetap tinggi di dinding, Anda dapat meningkatkan aliran darah di bagian atas tubuh Anda. Hal itu dikarenakan adanya gaya gravitasi yang membuat darah di dalam tubuh tetap aktif di bagian bawah tubuh pada waktu-waktu tertentu. Darah yang kekurangan oksigen di dalam tubuh akan kembali ke jantung melalui pembuluh darah.

Berbeda halnya dengan arteri, vena memiliki tekanan yang rendah. Pembuluh darah ini menggunakan katup-katup kecil dan gerakan kontraksi otot-otot disekitarnya untuk membantu memindahkan darah kembali ke jantung. Bersamaan dengan itu, meninggikan kaki juga akan membantu meningkatkan aliran darah di pembuluh darah kaki Anda.

2. Mengatasi pembengkakan

Kelebihan darah yang menumpuk di bagian tertentu dari tubuh kita dapat menyebabkan peradangan atau pembengkakan. Selain itu, pembengkakan juga dapat terjadi karena cedera atau kondisi kesehatan tertentu. Oleh karena itu, meninggikan kaki Anda di atas level jantung Anda membantu meningkatkan aliran darah dan mengalirkan kelebihan cairan dengan cara yang efektif.

3. Meredakan ketegangan pada paha belakang dan area punggung bawah

Dengan meninggikan kaki Anda akan memberikan peregangan lembut pada paha belakang, bokong, pinggul dan tulang belakang. Selain itu, hal ini juga membantu tubuh Anda terbebas dari ketegangan di area punggung bawah. Jika Anda rutin melakukan pose tersebut, Anda akan melihat peningkatan pada nyeri punggung dan peningkatan fleksibilitas.

4. Meningkatkan pencernaan

Meninggikan kaki di dinding akan membantu mengaktifkan respons saraf tubuh dan membantu pencernaan aktif.

5. Mengurangi kram otot

Meninggikan kaki Anda merupakan salah satu solusi untuk mengurangi ketegangan yang menumpuk dan meredakan kram otot pada tungkai dan kaki. Selain itu, pose ini juga membantu relaksasi otot panggul dan mengurangi kram menstruasi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro