Ilustrasi perempuan meminum air putih untuk jaga imunitas tubuh/Freepik
Fashion

6 Tips Sehat dan Awet Muda Sejak Muda Hingga Tua

Novita Sari Simamora
Senin, 23 Mei 2022 - 09:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Memiliki pikiran dan tubuh yang sehat sangat penting bagi tubuh. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan agar sehat mental, fisik dan jiwa.

Saat semua orang menghargai kesehatan yang baik dan selalu mendambakan tubuh dan pikiran yang sehat, tetapi tidak menjaga pola konsumsi maka hal tersebut tidak berdampak baik bagi tubuh.

Simak cara untuk menjaga kesehatan tubuh, yang bisa kamu lakukan rutin selama 3 bulan:

1. Meditasi

Aktivitas meditasi bisa menyeimbangkan sistem kesehatan tubuh. Latihan meditasi 15-30 menit secara teratur dapat membantu meningkatkan metabolisme tubuh, menurunkan tekanan darah, meredakan stres dan kecemasan, serta meningkatkan detak jantung dan pernapasan.

Meditasi tidak hanya berarti menutup mata, tetapi juga melatih pernapasan. Meditasi adalah berfokus melakukan sesuatu yang menenangkan pikiran.

2. Makanan mentah

Makanan adalah satu-satunya faktor terpenting yang dapat secara langsung memengaruhi tingkat kesehatan Anda. Pilih makanan alami seperti sayuran mentah, buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, biji-bijian dan kecambah.

Mereka dikemas dengan fitokimia, anti-oksidan, vitamin, mineral dan nutrisi makro. Usahakan untuk makan setidaknya satu kali makan mentah per hari. Ingat, tidak mungkin memiliki pikiran yang sehat jika tubuh tidak sehat.

3. Berolahraga

Menggerakkan tubuh atau berolahraga sangat penting untuk tetap bugar secara fisik maupun mental. Namun, berolahraga bukan berarti menyiksa diri dan menusuk tubuh dengan melakukan olahraga berlebihan di gym.

Anda dapat memasukkan olahraga dalam rutinitas harian Anda dengan menaiki tangga, berjalan-jalan sambil berbicara melalui telepon; melakukan cucian (mengangkat keranjang cucian yang penuh dengan pakaian karena dapat menjadi alat latihan lengan yang baik).

4. Tertawa Keras

Tertawa mungkin merupakan salah satu respons emosional paling dasar, tetapi dampaknya terhadap kesehatan mental dan fisik kita sangat besar.

Tertawa yang murni dan sederhana dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko penyakit jantung, mengurangi stres dan ketegangan, mengurangi tekanan darah, bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami, membantu mengendalikan diabetes dan memberi energi pada pikiran dan tubuh.

5. Tidur teratur

Tidur nyenyak 6-8 jam menyegarkan pikiran, memperbaiki tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melepaskan stres dan menunda proses penuaan kulit serta pikiran. Jadi, tidurlah dengan cara Anda menuju tubuh dan pikiran yang sehat, seperti secara harfiah!

6. Berpikiran positif

Ini dapat memberikan keajaiban bagi kesehatan Anda dan membunuh semua hal negatif di sekitar Anda. Ini dapat meningkatkan rentang hidup Anda, melawan depresi dan stres, dan membantu kesejahteraan psikologis. Untuk tetap sehat dalam pikiran dan tubuh Anda, Anda perlu bekerja secara teratur.

Jadi, yang terbaik adalah menetapkan langkah-langkah kecil yang dapat Anda tambahkan dengan mudah ke dalam kehidupan sehari-hari Anda. Pikiran dan tubuh yang sehat adalah tentang membuat pilihan yang tepat seperti aktif, makan sehat, dan meningkatkan kesejahteraan mental Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro