Stres/boldsky.com
Health

Ini Kiat-Kiat Bermanfaat dalam Mengelola Stres

Salma Permata Dewi
Jumat, 5 Mei 2023 - 17:43
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Stres merupakan sebuah kondisi kesehatan mental yang dirasakan oleh semua orang dari berbagai usia dan gender. Tantangan hidup dan situasi tak terduga inilah yang biasanya membuat kita kewalahan dan stres.

Banyak orang merasa kewalahan oleh stres akhir-akhir ini, baik terkait dengan pandemi, keuangan, perang dan penderitaan di seluruh dunia, atau tuntutan hidup sehari-hari. Saat kita mengalami situasi yang tidak biasa, kita mungkin merasakan campuran emosi yang kuat yang bisa sangat mengganggu dan tidak nyaman. Oleh karena itu, cara kita mengatasi stres penting untuk kesehatan kita secara keseluruhan, baik psikis dan mental.

Dilansir Longevity Technology, merawat tubuh dapat membuat pikiran dan emosi lebih damai dan tangguh. Faktanya, menggerakkan tubuh kita secara teratur dapat menangkal perasaan stagnasi dan lesu yang dapat dikaitkan dengan stres. Aktivitas fisik dapat membuat kita tetap waspada, fokus, dan berenergi.

Beberapa orang mungkin tidak dapat mengidentifikasi stres meskipun mereka sudah mengalami gejalanya. Oleh karena itu, langkah pertama untuk menghilangkan stres adalah mengetahui apakah Anda benar-benar mengalaminya sendiri dan alasan di baliknya. Berikut tanda-tanda orang mengalami stres.

- Jerawat

- Sakit kepala, nyeri kronis, nyeri tubuh, masalah perut, dan ruam kulit

- Perasaan takut, kaget, marah, sedih, khawatir, mati rasa, atau frustrasi

- Perubahan nafsu makan, energi, keinginan, libido, dan minat

- Kesulitan tidur atau mimpi buruk, berkonsentrasi, dan mengambil keputusan

- Memburuknya masalah kesehatan kronis

- Kondisi kesehatan mental yang memburuk, seperti depresi

Mengelola stres bisa dilakukan dengan berbagai cara dan yang terpenting adalah konsisten melakukannya. Untuk mengurangi dan menghilangkan stres, Anda bisa melakukan hal-hal yang diadaptasi dari The CBT Flip Chart sebagai berikut seperti yang dilansir dari Psychology Today.

Simak cara mengelola stres:

1. Kelola pola pikir

Perhatikan saat pikiran Anda memicu reaksi stres. Pikiran umum yang berhubungan dengan stres meliputi:

  • Saya harus menyelesaikan ini.
  • Saya harus melakukan lebih banyak.
  • Ini terlalu lama.
  • Saya akan gagal.
  • Saya tidak punya waktu untuk beristirahat.

Seringkali pikiran semacam itu hanyalah cerita yang diceritakan oleh pikiran kita dan itu tidak sepenuhnya benar. Mulailah mempertanyakan asumsi tersebut sebagai perubahan pola pikir, seperti apakah Anda "harus" menyelesaikan proyek hari ini atau apakah itu tenggat waktu yang ditentukan sendiri? Pikiran-pikiran positif juga dapat membantu mengurangi stres.

2. Nikmati hari dan diri sendiri

Rencanakan untuk melakukan hal-hal yang membuat Anda senang setiap hari. Lakukan hobi dan perawatan diri, seperti melakukan spa, ke salon, membaca buku, atau lainnya. Apabila Anda tidak memiliki banyak waktu, relaksasi seperti spa dan perawatan diri lainnya juga banyak yang dapat dilakukan di rumah.

3. Lakukan aktivitas tubuh

Latihan fisik yang konsisten adalah salah satu cara paling andal untuk mengelola stres. Carilah aktivitas fisik yang Anda sukai, bisa berenang, menari, berjalan, bulu tangkis, atau lainnya. Hanya meregangkan tubuh ketika beraktivitas sehari-hari pun dapat mengurangi stres. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro