Raja Charles III/Forbes
Entertainment

7 Momen Penting di Penobatan Raja Charles, Salah Satunya Ada Pengurapan Suci

Jessica Gabriela Soehandoko
Sabtu, 6 Mei 2023 - 19:19
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Penobatan Raja Charles III bersama dengan Permaisuri Ratu Camilla menjadi yang ditunggu-tunggu bagi semua masyarakat. Hal ini lantaran upacara penobatan yang kembali digelar di masa kini yang semakin modern.

Upacara penobatan ini sendiri diketahui berbeda dengan penobatan sang Ibunda yakni Ratu Elizabeth II. Jika sebelumnya acara penobatan berlangsung selama hampir empat jam, upacara Charles sendiri akan berlangsung selama dua jam.

Dalam upacara penobatan, tentu ada beberapa momen ikonik yang paling ditunggu. Bahkan, ada beberapa momen yang perlu Anda saksikan baik dari proses pengurapan hingga mahkota dikenakan oleh Raja. 

Berikut 7 momen penting yang terjadi selama penobatan Raja Charles III, dikutip dari Reuters:

1. Proses Kereta Kuda

Charles dan Istrinya yakni Camilla yang akan dinobatkan akan melakukan perjalanan dari Istana Buckingham ke Westminster Abbey di Kereta Kuda Negara Jubile Berlian modern. Kereta tersebut dibuat untuk memperingati 60 tahun ibunya memerintah. 

Setelahnya, Charles dan Camilla akan kembali dalam  'Prosesi Penobatan' di Kereta Kuda Negara Emas berusia 260 tahun yang memiliki berat empat ton dan membutuhkan delapan kuda untuk ditarik. 

Kereta ini pertama kali digunakan oleh Raja George III  untuk perjalanan menuju Pembukaan Negara Parlemen pada tahun 1762.

Selain itu, proses ini akan melibatkan sekitar 4.000 personel angkatan bersenjata, yang paling terbesar dalam beberapa generasi. 

2. Pengurapan

Dalam kebaktian, Charles akan diurapi dengan minyak suci Krisma yang dibuat menggunakan buah zaitun dari Bukit Zaitun dan ditasbihkan di Yerusalem.

Tradisi ini berasal dari Perjanjian Lama dari Alkitab. Sejarawan Publik di Istana Kerajaan Bersejarah sering dianggap sebagai bagian paling sakral dalam upacara. 

“Ini adalah upacara kuno dan sangat simbolis. Secara historis mirip dengan pengurapan imam dan uskup” Jelasnya, mengutip dari pemberitaan Reuters (6/6/2023). 

3. Penobatan Camilla

Camilla, istri kedua yang dinikahi pada 2005 juga akan dimahkotai secara terpisah sebagai ratu, seperti dengan suaminya yang akan diurapi oleh Uskup Agung Canterbury, Justin Welby.

Dia akan dimahkotai menggunakan mahkota Ratu Mary, ditugaskan dan dikenakan oleh permaisuri Raja George V untuk penobatan tahun 1911.

Mahkota juga diatur ulang dengan berlian dari koleksi perhiasan pribadi Ratu Elizabeth sebagai penghargaan untuknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro