Westminster Abbey/westminsterabbey
Entertainment

Westminster Abbey, Saksi Penobatan Raja Charles dan Pemakaman Putri Diana, Sama-sama Tanggal 6

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 7 Mei 2023 - 08:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Raja Charles III akan mengikuti upacara penobatan pada hari ini, 6 Mei 2023 di Westminster Abbey, London Inggris.

Upcara tersebut akan digelar selama 2 jam dan dihadiri sekitar 2.000 undangan, dari keluarga dan tamu undangan lainnya.

Westminster Abbey telah menjadi saksi puluhan raja Ingggris. Berdasarkan data, 39 raja telah dimahkotai di Westminster Abbey sejak 1066.

Penobatan pertama yang didokumentasikan di Westminster adalah penobatan William the Conquero pada tanggal 25 Desember 1066.

Sebelum tahun ini tidak ada lokasi tetap untuk upacara penobatan raja.  Edward the Confessor tampaknya tidak sengaja merencanakan Biara barunya sebagai gereja penobatan.

Penerus langsungnya, Harold Godwinson, kemungkinan besar dimahkotai di sini setelah kematian Confessor, tetapi tidak ada bukti kontemporer yang bertahan untuk mengonfirmasi upacara ini.

William mungkin memilih Biara untuk penobatannya untuk memperkuat klaimnya sebagai penerus Edward yang sah.

Raja pertama yang dimahkotai di Biara saat ini adalah Edward I pada tahun 1274.

Dua raja yang tidak memiliki penobatan adalah Edward V, yang diduga dibunuh di Menara London sebelum dia dapat dinobatkan, dan Edward VIII yang turun tahta 11 bulan setelah menggantikan ayahnya dan sebelum tanggal yang ditetapkan untuk penobatannya.

William III dan Mary II adalah satu-satunya raja bersama yang dimahkotai dan kursi yang dibuat khusus untuk digunakan Mary pada tahun 1689 dapat dilihat di Galeri Perayaan Berlian Ratu di triforium Biara.

Semua perencanaan upacara penobatan dibuat oleh Earl Marshal dan Komite Penobatannya atas nama Mahkota dan bukan oleh otoritas Biara.

Sejak akhir abad ke-14 setiap upacara penobatan pada dasarnya mengikuti urutan layanan yang sama yang ditetapkan dalam manuskrip Latin abad pertengahan yang megah di Biara, Liber Regalis, yang dapat dilihat di Galeri di Biara.

Westminster Abbey awalnya didirikan sebagai biara Benediktin lebih dari seribu tahun yang lalu. Gereja kerajaan dibangun kembali pada tahun 1065 oleh Edward sang Pengaku dan sekali lagi antara tahun 1220 dan 1272.

Biara saat ini memiliki luas lantai 32.000 kaki persegi (2.973 meter persegi); ia memiliki dua menara dengan ketinggian 225 kaki (69 meter).

Pemakaman Putri Diana

Bukan hanya digelar sebagai tempat upacara penobatan, tetapi juga pemakama Lady Diana alias Putri Diana juga digelar di sana. 

Gereja tersebut telah menggelar pernikahan dan pemakaman kenegaraan yang ikonik, termasuk perpisahan Putri Diana pada tahun 1997.

Pemakaman Diana, Putri Wales, dimulai pada hari Sabtu 6 September 1997 pukul 09:08 di London, ketika lonceng tenor dari Westminster Abbey mulai berdentang untuk menandakan kepergian iring-iringan dari Istana Kensington.

Peti mati dibawa dari istana dengan kereta senjata oleh pengendara Pasukan Raja dan dikawal oleh polisi berkuda di sepanjang Hyde Park ke Istana St James, tempat jenazah Diana disimpan selama lima hari sebelum dibawa ke Istana Kensington.

Bendera Persatuan di atas istana diturunkan menjadi setengah tiang. Upacara resmi diadakan di Westminster Abbey di London dan selesai di tempat peristirahatan di Althorp.

Dua ribu orang menghadiri upacara di Westminster Abbey sementara penonton televisi Inggris rata-rata mencapai 32,10 juta, salah satu angka penonton tertinggi di Britania Raya.

Diperkirakan 2 hingga 2,5 miliar orang menonton acara tersebut di seluruh dunia, menjadikannya salah satu acara televisi terbesar dalam sejarah.

Upacara di Westminster Abbey dibuka pada pukul 11:00 BST dan berlangsung selama satu jam sepuluh menit.

Keluarga kerajaan menempatkan karangan bunga di samping peti mati Diana di hadapan mantan perdana menteri Inggris yang masih hidup John Major, Margaret Thatcher, James Callaghan dan Edward Heath dan mantan anggota parlemen Konservatif Winston Churchill, cucu Perdana Menteri era Perang Dunia II Sir Winston Churchill.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro