Contoh Proposal Kegiatan/Freepik
Relationship

Contoh Proposal Kegiatan Organisasi yang Baik dan Benar

Hana Fathina
Senin, 8 Mei 2023 - 10:27
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Proposal kegiatan organisasi merupakan dokumen tertulis yang isinya rincian dan rencana kegiatan yang akan dilakukan oleh suatu organisasi untuk mencapai tujuan tertentu. Proposal ini isinya mengenai latar belakang kegiatan, tujuan kegiatan, sasaran, waktu dan tempat pelaksanaan, metode kegiatan, anggaran biaya yang diperlukan dan manfaat yang akan diperoleh pada kegiatan itu.

Proposal kegiatan organisasi digunakan sebagai alat komunikasi dan persuasi terhadap pihak yang terkait dengan kegiatan, yakni sponsor, donator, ataupun Lembaga pemerintah. Proposal ini juga berguna sebagai pedoman dalam memudahkan pengorganisasian kegiatan dan memastikan kegiatan berjalan sesuai dengan rencana. 

Berikut ini contoh proposal kegiatan organisasi  

Contoh proposal kegiatan organisasi 


Judul: Peningkatan Minat Baca Masyarakat 

Latar belakang: menurut data yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik pada tahun 2022, minat baca masyarakat Indonesia masih rendah, terutama di daerah pedesaan. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor seperti kurangnya sumber bacaan dan kurangnya kesadaran akan pentingnya membaca. Oleh karena itu, organisasi kami “Baca Lebih Banyak”, berkomitmen untuk meningkatkan minat baca masyarakat, terutama di pedesaan. 

Tujuan: tujuan dari kegiatan ini adalah meningkatkan minat baca masyarakat terutama di pedesaan dan mengajak mereka  untuk lebih sering membaca buku dan sumber-sumber bacaan yang bermanfaat. 

Sasaran: sasaran kegiatan ini adalah masyarakat di daerah pedesaan terutama anak-anak dan remaja yang belum terbiasa membaca. 

Waktu dan tempat: kegiatan ini akan dilaksanakan pada tanggal 1-2 Mei 2023 di Desa Cilimus, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. 

Metode kegiatan

Kegiatan ini akan dilaksanakan dengan metode berikut: 

  • Menyediakan rak buku di perpusataan desa.
  • Memberikan bimbingan dan pelatihan membaca bagi anak-anak dan remaja.
  • Mengadakan lomba membaca untuk anak-anak dan remaja.
  • Menyediakan hadiah bagi pemenang lomba membaca. 

Biaya 

Biaya kegiatan ini diperkirakan sebesar Rp.10.000.000. Biaya ini akan ditanggung oleh organisasi kami dan akan didanai dari sumbangan anggota dan donator. 

Penutup

Dengan adanya kegiatan ini, kamu berharap bisa meningkatkan minat baca maysarakat, terutama di pedesaan, dan mengajak mereka untuk lebih sering membaca. Kami juga berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat dan menjadi contoh bagi organisasi lain untuk ikut serta dalam meningkatkan minat baca masyarakat. 

Elemen yang harus ada pada proposal kegiatan 

  • Nama kegiatan 
    Tuliskan nama kegiatan yang direncanakan secara singkat, padat dan jelas. Susun nama kegiatan dengan frasa yang menarik agar lebih diperhatikan. 
  • Pendahuluan 
    Pendahuluan proposal berisi tentang latar belakang dan tujuan kegiatan. Kamu bisa menjelaskan alasan mengapa kegiatan yang direncanakan itu penting dilaksanakan. 
  • Isi proposal 
    Isi proposal meliputi rincian kegiatan yang harus dilaksanakan, siapa pesertanya, fasilitas apa saja yang diperlukan dan waktu dan lokasi pelaksanaan. 
  • Susunan acara
    Bagian ini kamu bisa menerangkan susunan kegiatan yang akan direncanakan. Jelaskan juga durasi pada setiap kegiatan dan siapa saja yang terlibat dalam jadwal masing-masing. 
  • Susunan kepanitiaan 
    Pada bagian ini diterangkan siapa saja panitia yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan kegiatan. 
  • Anggaran dana 
    Rincian biaya dalam menyelenggarakan suatu kegiatan harus selalu dimasukkan pada proposal. Perkiraan biaya aja menjadi pertimbangan penting untuk sponsor. Jika diperlukan, penganggaran dana bisa dibagi menjadi bagian persiapan sebelum kegiatan, operasional selama kegiatan berlangsung dan laporan kegiatan setelah selesai dilaksanakan. 
  • Penutup proposal
    Kamu tidak sekedar mengakhiri, bagian penutup proposal lebih berperan dalam mendorong sponsor memberikan dana atau pihak yang berwenang memberikan izin pelaksanaan kegiatan. Semangat dan optimisme atau kegiatan yang direncanakan bisa dituliskan di bagian penutup proposal.


Inilah contoh proposal kegiatan yang bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro