Pekerja melakukan perawatan videotron yang menampilkan iklan Tokopedia di Jakarta, Selasa (11/10/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha
Fashion

Simak Produk Paling Laris Selama Periode Ramadan hingga Lebaran 2023

Arlina Laras
Selasa, 9 Mei 2023 - 19:03
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Para pelaku usaha di Indonesia, terutama UMKM lokal, telah berhasil memanfaatkan momen Ramadhan hingga Lebaran 2023 dengan baik. 

Head of Corporate Affairs Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan meningkatnya daya beli masyarakat telah menciptakan peluang bisnis online yang luar biasa, dan banyak kategori seperti Perlengkapan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman, serta Fesyen menjadi sangat laris 

Tren ini diperkirakan sejalan dengan kondisi dimana masyarakat kini bisa kembali menjalin tali silaturahmi dengan keluarga dan kerabat secara langsung,” jelasnya, Selasa (9/5/2023). 

Sementara itu, beras, mie instan dan daun bawang tercatat sebagai produk terlaris di sepanjang Ramadan hingga Lebaran 2023.

"Pasalnya, sistem pembelian online dirasa mempermudah masyarakat–untuk belanja kebutuhan harian, termasuk bahan segar untuk masakan sahur maupun buka puasa–dalam waktu maksimal 2 jam setelah pembayaran dan bebas ongkir,” jelas Ekhel.

Di kategori Fesyen, data internal Tokopedia menunjukkan bahwa kaos, sepatu serta kerudung menjadi sejumlah produk yang paling banyak dibeli masyarakat pada Ramadhan hingga Lebaran tahun ini.

“Di sisi lain, untuk kategori makanan dan minuman, tercatat kurma, madu dan parsel makanan menjadi produk yang banyak dibeli masyarakat pada Ramadan-Lebaran 2023

Terkait pengiriman paling jauh selama periode Ramadan-Lebaran 2023 dari Jakarta menuju Jayapura dengan jarak lebih dari dari 3.500 km dengan lebih dari 14 mitra logistik yang terhubung. 

Tokopedia juga mempermudah masyarakat melakukan mudik dengan menyediakan berbagai pilihan tiket transportasi umum, salah satunya pesawat. 

“Kami mencatat tiket tujuan pesawat yang paling banyak terjual selama Ramadhan 2023, yaitu ke Sidoarjo,” ujarnya.

Sepanjang Ramadhan hingga Lebaran 2023, Tokopedia bersama pelaku usaha juga terus menghadirkan berbagai tayangan interaktif live shopping melalui kanal video streaming. 

Tak hanya itu, selama Ramadan Tokopedia bersama lembaga kemanusiaan terpercaya dan terverifikasi juga mempermudah masyarakat menjalankan ibadah, termasuk berzakat, secara online. 

“Selama Ramadhan hingga Lebaran 2023, lebih dari Rp5M zakat terkumpul di Tokopedia,” tutup Ekhel.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Arlina Laras
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro