Contoh teks eksposisi/Freepik
Relationship

3 Contoh Teks Eksposisi Lengkap dengan Strukturnya

Hana Fathina
Rabu, 10 Mei 2023 - 16:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Contoh teks eksposisi yang biasa ditemui sehari-hari adalah iklan, poster, pengumuman, slogan, esai, ceramah, pembelaan hukum, editorial, hingga tajuk rencana. Teks eksposisi merupakan teks faktual yang menampilkan satu sisi masalah lewat satu sisi argument, yaitu mendukung atau menentang dengan tujuan meyakinkan atau membujuk pembaca agar setuju dan melakukan sesuatu sebagaimana disampaikan penulisnya. 

Struktur teks eksposisi terdiri dari sudut pandang atau pratinjau argument, lalu bagian isi atau argument dan ditutup dengan simpulan yang merangkum argument dan memperkuat sudut pandang penulis. 

Contoh Teks Eksposisi beserta Strukturnya

1. Contoh Teks Eksposisi Pendidikan 

Judul: pentingnya Pendidikan untuk masa depan yang lebih baik

Tesis: Pendidikan sangat penting untuk memperoleh berbagai ilmu dan pelajaran yang akan berguna dalam kehidupannya. Seseorang bisa mengetahui dan memahami dunia yang luas melalui Pendidikan. 

Argumen: definisi Pendidikan tidak hanya berarti belajar di sekolah, tetapi juga Pendidikan kehidupan. Pendidikan membantu seseorang untuk memahami berbagai hal yang dia rasakan dalam kehidupannya. Dengan mendapat Pendidikan yang tepat dan sesuai, seseorang akan lebih mampu mmebuat keputusan dalam merencakan masa depan. Pendidikan juga dianggap sangat penting dalam kehidupan ekonomi. Pendidikan bisa membantu seseorang mendapatkan pekerjaan yang lebih baik untuk meningkatkan ekonomi keluarga. 

Penegasan ulang: setiap orang harus mendapatkan Pendidikan yang layak untuk masa depan yang lebih baik. Pendidikan diberikan banyak manfaat dalam membentuk karakter dan keterampilan. Mereka yang memiliki Pendidikan tinggi dan keahlian memiliki peluang sukses yang lebih besar di masa depan. 

2. Contoh Teks Eksposisi Kesehatan 

Judul: manfaat dari daun sirih merah 

Tesis: salah satu jenis tumbuhan rumahan yang bisa dijadikan obat tradisional adalah sirih merah. Pembudidayaan tanaman ini bisa dilakukan sendiri di rumah untuk dijadikan persediaan obat-obat tradisional. Hal ini didasari oleh beberapa penelitian yang dilakukan bahwa daun sirih merah bisa dijadikan obat sakit maag, kanker, diabetes dan juga masalah ketombe. 

Argument: pada umumnya, masyarakat menggunakan daun sirih merah dengan memanfaatkan daunnya yang biasanya diolah melalui proses perebusan. Terdapat senyawa aktif yang ada di dalamnya, sehingga sirih merah sangat ampuh dijadikan tumbuhan obat tradisional. Senyawa aktif tersebut diantaranya seperti atsiri, polifenol, eugenol dan sebagainya. 

Penegasan kembali: daun sirih merah mengandung berbagai zat yang baik untuk Kesehatan. Tapi perlu diingat juga, jika ingin menggunakan sebagai ramuan pengobatan penyakit, sebaiknya berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

3. Contoh Teks Eksposisi Berita

Virus Covid-19 masih terus ada hingga saat ini. meskipun peningkatan kasusnya tidak signifikan, namun harus tetap diwaspadai. Untuk menekan angka covid-19, pemerintah dan kementrian Kesehatan tetap menghimbau masyarakat untuk tetap melaksanakan protocol Kesehatan. Tetap menggunakan masker, wajib mencuci tangan dan menjaga jarak dimanapun kita berada. 

Itulah beberapa contoh teks eksposisi lengkap dengan strukturnya yang mungkin belum kamu ketahui. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro