Aplikasi WhatsApp terlihat di layar ponsel./Reuters-Thomas White
Fashion

Bug di WhatsApp dapat Akses Mikrofon Pengguna?

Elsa Hayati Sukma
Rabu, 10 Mei 2023 - 20:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp menjadi salah satu platform komunikasi instan yang paling banyak digunakan secara global.

Beberapa pengguna aplikasi milik Meta ini telah melaporkan bahwa adanya Bug pada aplikasi yang dapat mengakses mikrofon secara diam-diam.

Google dan WhatsApp telah mengkonfirmasi bahwa adanya bug yang membuat WhatsApp dapat mengakses mikrofon secara diam-diam di Android.

Dikutip melalui Engadget bahwa masalah mengenai bug ini telah terjadi sebulan yang lalu, namun baru mendapatkan perhatian setelah seorang Insinyur Twitter membuat tweet tentang hal ini dan didukung oleh Elon Musk.

Gambar yang dibagikan oleh akun insinyur Twitter tersebut bernama Foad Dabiri yang menunjukan bahwa mikrofon telah berulang kali berjalan di latar belakang saat aplikasi tidak sedang digunakan.

Foad memberikan hasil tangkapan layar dari dashboard privasi Android yang telah melacak seberapa sering aplikasi mengakses mikrofon dan kamera perangkat.

Melalui unggahannya tersebut, Elon Musk me-retweet postingan Foad Dabiri dan mengatakan “WhatsApp tidak dapat dipercaya”.

Foad Dabiri bukan menjadi orang pertama yang menyadari masalah ini. Blog wabetainfo telah menyoroti bug tersebut selama sebulan yang lalu dan menggambarkannya pada saat “false positive” yang mempengaruhi pemilik beberapa Pixel dan Samsung.

Hal tersebut juga diungkapkan oleh PiunikaWeb yang mengeluhkan hal yang sama sejak beberapa sebulan yang lalu.

PiunikaWeb telah mengatakan bahwa hal tersebut mempengaruhi banyak ponsel Android dan menunjukan bahwa itu tersebar luas dan mempengaruhi orang-orang terlepas dari model atau versi Android mereka.

Melalui keluhan yang dibagikan di Twitter, WhatsApp mengklarifikasi bahwa itu adalah Bug di Android yang salah memberikan informasi di Dashboard Privasi mereka.

WhatsApp juga mengatakan bahwa mereka berhubungan dengan Google dan para pengembangan ini sedang mencari perbaikan.

Namun hingga saat ini Google tidak banyak bicara mengenai penyebab terjadinya Bug, dan mengkonfirmasi bahwa pihaknya sedang menyelidiki masalah tersebut

“Kami mengetahui masalah ini dan bekerja sama dengan WhatsApp untuk menyelidikinya “ kata juru bicara Google dalam sebuah pernyataan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro