Desain Hotel Meruorah yang dimiliki ASDP dan PTPP, tempat kegiatan utama KTT Asean ke-42/Istimewa
Fashion

Kisah Hotel Meruorah Komodo, Tempat Utama Kegiatan KTT Asean 2023

Kahfi
Minggu, 14 Mei 2023 - 17:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA- Hotel Meruorah Komodo yang merupakan tempat berlangsungnya kegiatan utama KTT Asean ke-42 memiliki riwayat yang unik. Dibangun dari puing pelabuhan tua, hingga disulap menjadi hotel mewah yang eksotis.

Kini, Meruorah dimiliki oleh IFPRO, anak perusahaan patungan antara dua BUMN, yakni PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) dan PT  PP Tbk. ASDP sebagai pemegang saham mayoritas. Sementara pengelola hotel adalah HIG (Hotel Indonesia Group).

Hotel ini sendiri semula merupakan lokasi pelabuhan tua yang bersebelahan dengan pusat pelelangan ikan. Kawasan tersebut telah ada sejak 1982 yang difungsikan sebagai pelabuhan Ferry Labuan Bajo, memiliki luas 3.649 meter persegi.

Pada 2016, kawasan tersebut ditetapkan sebagai pengembangan kawasan marina. Sejak saat itu pula, Presiden Joko Widodo kerap berkunjung hingga desain hotel yang telah berdiri dan sebelumnya bernama Inaya Bay itu terwujud.

Tercatat pada Oktober 2021, Inaya Bay secara resmi diubah nama menjadi Meruorah. Presiden Joko Widodo pun secara langsung meresmikan pergantian nama dan pengoperasian hotel pelat merah tersebut.  

Meruorah sendiri diambil dari Bahasa lokal, kata “Mere” yang berarti puncak, dan “Ora”  berarti komodo. "Nama yang baru, selain memberikan nuansa lokal yang lebih kuat, juga mengandung harapan agar hotel ini selalu berada di puncak dalam memberikan kualitas pelayanan", tutur Ira Puspadewi, Direktur Utama ASDP, dikutip dari siaran pers, Minggu (14/5/2023).

Salah satu keunggulan utama hotel ini adalah multi function room yang berkapasitas 1.000 orang dengan view terbuka menghadap laut, bukit, dan lalu lalang pinisi klasik. Ada beberapa acara internasional yang sudah menggunakan Meruorah sebagai  venue utama.

Beberapa di antaranya yakni International Association Women Police pada 2021, serta enam rangkaian kegiatan G20 setingkat menteri yakni Asia International Week Water (AIWW), 1st TWG Meeting, SAI20, 2nd ETWG Meeting, 2rd Sherpa Meeting, dan 3rd DEWG Meeting pada 2022, dan kini KTT Asean 2023.

Kehadiran Hotel Meruorah di pusat kota Labuan Bajo juga membawa nilai budaya tinggi serta experience yang berkesan bagi masyarakat dan juga wisatawan. Kawasan Marina Terpadu Labuan Bajo ini sukses dikembangkan ASDP sebagai bagian transformasi dan inovasi pengembangan bisnis properti tepi pantai (waterfront destination).

"ASDP sebagai entitas pemilik, memiliki visi untuk mendukung kemajuan pariwisata tanah air melalui diversifikasi bisnis yang berorientasi pada pengembangan kawasan waterfront destination. Hal ini akan mendukung konektivitas dan bisnis hospitality di Labuan Bajo," kata Ira.

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan bahwa pemerintah pusat dan daerah harus berkolaborasi dalam menghadirkan akomodasi pariwisata baru. “Pengembangan kawasan wisata Labuan Bajo di Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menjadi bukti kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah. Saat ini perlu adanya kehadiran ‘Bali Baru’ dalam mengakomodasi peningkatan pertumbuhan sektor pariwisata,” jelasnya.

Kehadiran Hotel Meruorah diharapkan membawa dampak signifikan terhadap perekonomian di Labuan Bajo. Apalagi, masa tinggal (length of stay) wisatawan di Labuan Bajo terus meningkat dari rata-rata hanya 1,7 hari.

Hotel Meruorah memiliki total hingga 145 kamar yang didesain dengan sentuhan kearifan lokal berstandar internasional yang elegan, sehingga hotel ini dipilih menjadi venue utama KTT ASEAN 2023.

Hotel ini memiliki enam jenis kamar dengan pemandangan dan dilengkapi dengan fasilitas kolam renang outdoor dan Sky Lounge yang menghadap ke laut dapat memanjakan para wisatawan yang menginap.

Enam jenis kamar yang tersedia, mulai dari The Signature Hill View, yang didesain untuk relaksasi. Jenis kamar ini menghadap langsung ke perbukitan terjal Labuan Bajo sehingga menambah sensasi ketenangan. Lalu, The Signature Sea View yang menawarkan pemandangan laut Labuan Bajo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Kahfi
Editor : Kahfi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro