Raja Ampat Papua/Unesco
Travel

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Mia Chitra Dinisari
Sabtu, 27 Mei 2023 - 12:44
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Empat wisata di Indonesia masuk dalam jajaran UNESCO Global Geoparks 2023 yang baru saja dirilis.

Empat kawasan wisata itu, merupakan bagian dari 18 Unesco Global Park yang disematkan tahun 2023 ini.

Label Unesco Global Park merupakan predikat yang mengakui warisan geologis yang memiliki signifikansi internasional.

Geopark melayani komunitas lokal dengan menggabungkan konservasi warisan geologis mereka yang signifikan dengan penjangkauan publik dan pendekatan pembangunan yang berkelanjutan.

Ke-18 penunjukan baru telah membawa jaringan hingga 195 UNESCO Global Geoparks, yang mencakup total luas permukaan 486.709 km2, setara dengan dua kali luas Inggris Raya.

Berikut daftar lengkap 18 Unesco Global Park 2023

1. Brasil: Caçapava UNESCO Global Geopark

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Bagi Guarani, penduduk asli di Brasil, geopark ini adalah 'tempat di mana hutan berakhir'. Geopark ini terletak di Negara Bagian Rio Grande do Sul di Brasil paling selatan.

Warisan geologisnya, yang terdiri dari pertambangan logam sulfida dan marmer, sangat penting bagi perkembangan ekonomi kawasan ini. Endapan sedimen yang berasal dari vulkanik di cekungan Camaquã mewakili catatan transisi Platform Amerika Selatan yang paling lengkap dan terekspos dengan baik dari periode Ediacaran ke periode Cambrian antara 600 dan 500 juta tahun yang lalu.

Ediacaran adalah hewan paling awal yang diketahui. Organisme laut bertubuh lunak ini mirip dengan spesies modern seperti ubur-ubur.

Selain keanekaragaman hayatinya, geopark ini adalah rumah bagi kaktus, bromeliad, bunga endemik, dan spesies lebah yang terancam punah.

Semak belukar dan padang rumput asli yang mengelilingi bukit batu gundul melestarikan mata pencaharian yang berkelanjutan, yaitu peternakan domba dan kambing berbasis keluarga.

Perbukitan geopark yang indah berfungsi sebagai benteng militer alami dari abad pertengahan hingga periode awal-modern.

2. Yunani: Lavreotiki UNESCO Global Geopark

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Terkenal dengan kelimpahan dan variasi spesimen mineraloginya, banyak di antaranya pertama kali ditemukan di daerah tersebut, geopark ini dikenal di seluruh dunia karena perak yang diekstraksi dari campuran sulfida.

Wilayah ini telah dihuni sejak jaman dahulu karena kekayaan geologi bawah tanahnya, dan saat ini menjadi rumah bagi 25.102 jiwa. Lavreotiki UNESCO Global Geopark juga menampung Biara Suci Bizantium St Paul the Apostle.

Biara ini mempromosikan 'Monastisisme Ortodoks' dan mempraktikkan lukisan mural fresco, teknik tradisional yang menggunakan warna alami dari batu.

3. Indonesia: Ijen UNESCO Global Geopark

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Geopark ini terletak di Kabupaten Banyuwangi dan Bondowoso di Provinsi Jawa Timur. Letak geopark yang strategis antara selat dan laut menjadikannya sebagai persimpangan migrasi dan perdagangan manusia.

Ijen adalah salah satu gunung berapi paling aktif di sistem kaldera Ijen. Sekitar 22 kerucut vulkanik pasca-kaldera telah terbentuk baik di dalam kaldera maupun di pinggirannya.

Ijen adalah danau kawah paling asam di Bumi dan terbesar dari jenisnya. Berkat fenomena langka, belerang konsentrasi tinggi naik dari kawah aktif sebelum terbakar saat bertemu dengan atmosfer yang kaya oksigen; saat gas terbakar, ia membentuk nyala api biru elektrik yang unik dan hanya terlihat pada malam hari.

Airnya sendiri bersifat asam karena didaur ulang dengan merembes ke bawah permukaan vulkanik.

4. Indonesia: Maros Pangkep UNESCO Global Geopark

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Geopark ini terletak di sepanjang lengan selatan pulau Sulawesi di Kabupaten Maros dan Pangkep. Penduduk setempat terutama terdiri dari masyarakat adat Bugis dan Makassar.

Meskipun geopark mencakup area seluas 5.077 km2, lebih dari setengahnya (55,4%) berada di bawah air. Terpisah dari daratan, kawasan geopark berisi gugusan 39 pulau.

Kepulauan ini terletak di Coral Triangle dan berfungsi sebagai pusat konservasi ekosistem terumbu karang.

Geopark ini terkenal dengan Menara Karst yang Spektakuler dan Kepulauan Terumbu Karang Spermonde.

Area yang dicakup oleh geopark berusia lebih dari 100 juta tahun; itu memiliki jejak bentuk kehidupan purba dan merupakan rumah bagi spesies endemik seperti kera hitam dan beruang kuskus yang hidup di sepanjang garis Wallace (dinamai menurut Alfred Russel Wallace, yang sampai pada kesimpulan yang sama tentang evolusi seperti orang sezamannya, Charles Darwin), palung laut dalam yang memisahkan pulau Kalimantan dari pulau Sulawesi.

Daratan di sebelah barat terletak pada lempeng tektonik benua Asia, sedangkan daratan di sebelah timur terletak pada lempeng benua Australia; ini menjelaskan keanekaragaman spesies yang ditemukan di pulau-pulau tetangga ini.

5. Indonesia: Merangin Jambi UNESCO Global Geopark

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Geopark ini adalah rumah bagi fosil unik “flora Jambi”, yang merupakan satu-satunya tumbuhan fosil yang terekspos dari jenisnya di dunia saat ini. Ini terletak di bagian tengah Pulau Sumatera di Indonesia.

Nama 'flora Jambi' mengacu pada fosil tanaman yang ditemukan sebagai bagian dari formasi batuan yang berasal dari Permian Awal (berusia 296 juta tahun).

Tumbuhan yang memfosil ini termasuk lumut, tumbuhan runjung primitif, dan pakis biji, yang bereproduksi melalui penyebaran biji, bukan melalui spora.

Bentang alam geopark ini memadukan dataran rendah di sisi timur dengan dataran tinggi di sisi barat, dengan puncak tertinggi menjulang hingga ketinggian 2.900 m dpl di Gunung Masurai, yang terbentuk akibat letusan besar 33.000 tahun lalu.

Kawasan tersebut telah dihuni sejak zaman prasejarah dan menjadi rumah bagi berbagai kelompok adat, antara lain suku Orang Batin Lamo dan marga Serampas.

Geopark adalah rumah bagi lanskap karst yang terbentuk selama era Mesozoikum (252–66 juta tahun lalu). Gua-gua karst berisi artefak prasejarah yang merupakan bagian dari proyek penelitian arkeologi penting.

6. Indonesia: Raja Ampat UNESCO Global Geopark

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Wilayah geopark ini mencakup empat pulau utama dan istimewa karena memiliki unit batuan terbuka tertua di negara ini (Silurian–Devonian yang berasal dari 443,8–358,9 juta tahun yang lalu), yang hampir sepersepuluh usia Bumi.

Fitur geologis yang paling tidak biasa adalah Kepulauan Tropis yang muncul sebagai akibat dari kenaikan permukaan laut pada Periode Kuarter (antara 2,58 juta tahun lalu dan 11.700 tahun lalu); di sini, karstifikasi telah menciptakan banyak gua baik di atas maupun di bawah garis air.

Karst terbuat dari batu kapur, yang merupakan batuan lunak dan berpori yang larut dalam air. Saat air hujan meresap ke dalam batu dari waktu ke waktu, batu ini perlahan terkikis, menciptakan gua-gua ini.

Penyelam scuba berduyun-duyun ke daerah itu, tertarik oleh keindahan gua bawah laut dan keanekaragaman hayati laut yang luar biasa.

Di sini, mereka bisa mengamati seni cadas yang dihasilkan oleh manusia prasejarah yang hidup di kawasan tersebut beberapa ribu tahun lalu.

7. Iran: Aras UNESCO Global Geopark

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Sungai Aras menandai batas utara geopark ini yang terletak di barat laut Iran di ujung selatan pegunungan Kaukasus Kecil. Pegunungan ini bertindak sebagai penghalang alami.

Ini telah menciptakan berbagai iklim, serta keanekaragaman hayati dan keanekaragaman hayati yang kaya; itu juga menghubungkan budaya yang berbeda di sisi utara dan selatan rantai gunung.

Fitur geologi terpenting yang memiliki signifikansi internasional di geopark ini adalah jejak peristiwa kepunahan yang terjadi 252 juta tahun lalu yang menandai Permian–Triassic Boundary, salah satu peristiwa terpenting dalam sejarah Bumi.

Geopark ini juga menjadi rumah bagi hewan langka seperti Caucasian Black Grouse, Red Deer, Armenian Ram, dan Caucasian Leopard, yang menghuni tiga kawasan lindung.

8. Iran: Tabas UNESCO Global Geopark

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Banyak pemikir menyebut gurun seluas 22.771 km2 di barat laut Provinsi Khorasan Selatan di mana geopark ini berada sebagai 'surga geologis Iran'.

Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa seseorang dapat mengikuti evolusi planet ini dari bagian awal sejarah Bumi 4,6 miliar tahun yang lalu (Prakambrium) hingga Kapur Awal sekitar 145 juta tahun yang lalu tanpa gangguan sedikit pun.

Geopark adalah rumah bagi Suaka Margasatwa Naybandan, yang terbesar di Iran, yang meliputi area seluas 1,5 juta hektar dan merupakan habitat terpenting cheetah Asia.

Tabas UNESCO Global Geopark menyediakan setengah dari habitat global tanaman endemik Ferula assa-foetida, yang banyak digunakan untuk tujuan pengobatan.

Sepanjang sejarah, kawasan tersebut telah berfungsi sebagai jalan raya yang menghubungkan selatan dan barat ke timur dan timur laut Iran. Akibatnya, ia menarik ekowisata untuk warisan alam dan budayanya yang berharga.

9. Jepang: Hakusan Tedorigawa UNESCO Global Geopark

Keren! Ijen, Merangin, Maros Pangkep dan Raja Ampat Masuk UNESCO Global Park

Terletak di Jepang tengah, yang mengikuti Sungai Tedori dari Gunung Hakusan hingga ke laut, Geopark Hakusan Tedorigawa mencatat sejarah sekitar 300 juta tahun.

Ini berisi bebatuan yang terbentuk oleh tumbukan benua. Ia juga memiliki lapisan yang mengandung fosil dinosaurus yang terakumulasi di sungai dan danau di darat pada saat Jepang bergabung dengan benua Eurasia.

Endapan vulkanik terbentuk selama proses rifting yang memisahkan Jepang dari benua Eurasia sekitar 15 juta tahun yang lalu, saat lempeng subduksi menarik Jepang ke arah timur.

Endapan vulkanik yang lebih baru berasal dari letusan Gunung Hakusan yang masih aktif, salah satu dari 'Tiga Gunung Suci' di Jepang.

Menjulang setinggi 2.702 m di atas permukaan laut, gunung ini mencatat beberapa tingkat curah salju tertinggi di dunia untuk sebuah gunung yang begitu dekat dengan Khatulistiwa.

Hujan salju lebat ini mendorong siklus air dan erosi yang terus membentuk bentang alam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro