Ilustrasi fitur WhatsApp terbaru/Freepik
Entertainment

Nomor Ponsel WhatsApp akan Diganti dengan Username

Mia Chitra Dinisari
Senin, 5 Juni 2023 - 19:50
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - WhatsApp messenger akan memungkinkan Anda memaka nama pengguna atau username, daripada hanya nomor kontak.

Username ini, dapat dicari di aplikasi whatsapp, berbeda dengan saat ini dimana pencarian dilakukan dengan nomor ponsel.

Perubahan ini bertujuan untuk meningkatkan privasi pengguna aplikasi. Hal ini dibuktikan dengan fakta bahwa percakapan yang dilakukan oleh pengguna dengan nama unik masih dilindungi oleh enkripsi ujung ke ujung yang canggih, artinya hanya pengguna yang dapat mengaksesnya.

Dengan adanya username ini, maka nomor kontak Anda bisa sedikit terlindungi karena selama ini banyak orang membagikan nomor telepon ke orang lain. Akibatnya, nomor ponsel menjadi mudah tersebar dan muncul penipuan.

Fungsi dari username itu, saat ini sedang dalam tahap pengujian. 

Nama pengguna unik bukanlah solusi baru, karena juga digunakan oleh layanan perpesanan lainnya.

WABetaInfo mengungkapkan, pembaruan ini akan merevolusi cara pengguna mengidentifikasi dan terhubung satu sama lain di platform.

WABetaInfo melaporkan hal ini setelah menjelajahi pembaruan WhatsApp beta terbaru untuk Android 2.23.11.15.

Tangkapan layar yang dibagikan oleh WABetaInfo mengungkapkan bahwa WhatsApp secara aktif berupaya mengimplementasikan fitur nama pengguna di bagian Profil pada menu pengaturan aplikasi.

Dengan nama pengguna, pengguna dapat memilih pengidentifikasi yang dipersonalisasi yang lebih mudah diingat daripada nomor telepon.

Pengguna akan memiliki kontrol lebih besar atas privasi mereka, karena mereka dapat membagikan nama pengguna mereka dengan orang-orang tertentu sambil tetap merahasiakan nomor telepon mereka.

Detail lebih lanjut mengenai fungsionalitas dan ketersediaan yang tepat kemungkinan besar akan diberikan oleh WhatsApp pada waktunya.

Selain itu, di samping fitur nama pengguna, WhatsApp kemungkinan akan memperkenalkan antarmuka yang lebih baik untuk layar pengaturan grup.

Pembaruan ini bertujuan untuk menyederhanakan pengelolaan obrolan grup dengan memungkinkan pengguna mengubah pengaturan langsung dari layar.

Dengan meniadakan kebutuhan untuk membuka jendela terpisah untuk setiap opsi, pembaruan ini akan menghemat waktu pengguna dan menawarkan pengalaman yang lebih intuitif saat mengonfigurasi pengaturan grup.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro