Gunting kuku
Health

Mengenal Lunula, Bulan Sabit di Kuku, Tanda Penyakit Apa?

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 8 Juni 2023 - 14:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bentuk yang terlihat seperti bulan sabit pada kuku itu disebut sebagai lunula. Lunula menutupi bagian bawah kuku Anda, tepat di atas kutikula.

Lunula adalah bagian dari matriks kuku Anda. Matriks mengacu pada jaringan yang berada tepat di bawah kuku Anda yang dapat membantu membuat sel-sel baru. Sel-sel ini kemudian bersatu dan mendorong keluar dari kulit.

Pada umumnya, setiap orang memiliki matriks kuku. Namun, tidak semua orang menyadari bahwa tampilan lunula tiap orang itu berbeda-beda. Lunula ini juga dapat dikaitkan dengan kondisi kesehatan.

Dilansir Medical News Today, adapun kondisi tertentu yang menyebabkan lunula tidak terlihat:

1. Malnutrisi

Kekurangan gizi dapat terjadi pada Anda yang tengah melakukan diet ekstrem. Kondisi ini mempengaruhi kemampuan tubuh untuk menyerap nutrisi dan gangguan makan dapat menyebabkan perubahan pada kuku sehingga berwarna  abu-abu kecoklatan. Oleh karena itu, Anda dapat melakukan tes darah untuk mendeteksi kekurangan vitamin dan mineral. 

2. Anemia

Anemia dapat terjadi ketika sel darah merah yang membawa hemoglobin yang kaya zat besi tidak bekerja dengan baik. Hal tersebut mengakibatkan penderitanya kekurangan oksigen yang membuatnya nampak pucat sehingga membuat lunula tidak terlihat.

3. Gagal ginjal

Orang yang menjalani dialisis untuk gagal ginjal sering kali tidak memiliki lunula. Seseorang yang menderita gagal ginjal mungkin juga melihat pita coklat di ujung jari, pada titik di mana ujung putih terhubung ke dasar kuku.

4. Penyakit jantung dan paru-paru

Lunula dapat berubah warna menjadi merah pada orang yang menderita jenis penyakit jantung dan paru-paru tertentu, seperti penyakit paru obstruktif kronik,  gagal jantung, penyakit pembuluh darah kolagen, kuku juga dapat berubah bentuk atau tekstur, dan seseorang yang mengalami gejala tambahan, seperti sesak napas, batuk, atau nyeri dada.

5. Keracunan perak

Perlu diwaspadai bagi Anda yang sering kontak dengan perak secara berlebihan atau terpapar bahan kimia karena bisa saja hal itu adalah tanda  dari penyakit argyria. Hal itu menyebabkan lunula menjadi warna biru tua.

6. Penyakit Wilson

Penyakit Wilson adalah kelainan genetik yang terjadi ketika seseorang terlalu banyak  tembaga yang terakumulasi di dalam organ tubuh. Adapun hal ini membuat lunula menjadi biru. Penyebab dari adanya hal ini karena munculnya berbagai gejala, termasuk gagal hati, tremor, kecemasan, depresi, kecanggungan, dan kesulitan berjalan.

Lunula yang berubah warna atau hilang biasanya tidak perlu dikhawatirkan karena terkadang lunula tidak terlihat. 

Namun, apabila Anda merasakan perubahan pada kuku Anda dan memiliki gejala tertentu seperti kesulitan bernapas, nyeri dada, demam, atau pembengkakan yang tidak biasa, Anda perlu mengkonsultasikan nya agar mengetahui apakah kondisi tersebut berpengaruh atau tidak terhadap perubahan lunula dan kesehatan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro