Ilustrasi Air Fryer/Philips
Health

Ini 4 Makanan yang Tidak Boleh Dimasak dengan Air Fryer

Sabina Arla Yogandini
Senin, 12 Juni 2023 - 18:48
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Popularitas air fryer memang tak dapat diragukan lagi. Saat ini, sudah banyak dari Anda yang mungkin beralih ke air fryer karena tidak lagi memerlukan minyak dan membuat hidup Anda jauh lebih mudah. 

Air fryer dapat digunakan untuk memasak berbagai jenis makanan-seperti ayam, steak, dan bahkan donat. Tak jarang, adapun tanggapan bahwa tidak ada makanan yang tidak bisa dimasak dengan alat ini. 

Namun, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua makanan dapat dimasak menggunakan air fryer. Dilansir dari Real Simple, berikut adalah makanan yang harus Anda hindari untuk dimasak dengan air fryer:

1. Apa pun yang dilapisi tepung roti atau dipanggang

Masalah dalam memasak makanan yang dilapisi tepung roti seperti tempura udang atau ikan yang dilumuri dengan saus tertentu di dalam air fryer berisiko menetes. Hal itu membuat Anda akan sulit membersihkannya bahkan berpotensi merusak mesin Anda.

2. Sayuran Berdaun

Sayuran merupakan salah satu makanan yang penting untuk Anda konsumsi setiap harinya. Namun, memasak sayuran seperti bayam, sawi hijau, lobak Swiss, dan kangkung dengan menggunakan air fryer adalah cara yang salah. 

Hal ini karena kecepatan udara menyebabkan panasnya tidak merata. Namun, jika Anda ingin memakannya, Anda dapat mengkreasikan masakan tersebut misalnya seperti membuat keripik sayuran dari jenis sayuran ini. Tak hanya itu, adapun jenis sayuran seperti brokoli, kembang kol, dan zucchini masih dapat dimasak dengan menggunakan air fryer.

3. Makanan bersaus 

Keranjang atau wadah air fryer memiliki lubang di bagian bawah atau jaring kawat untuk sirkulasi udara. Saus atau adonan yang jatuh ke dalam lubang dapat membuat air fryer akan sulit untuk dibersihkan.

4. Makanan Keju

Makanan keju seperti keju panggang, mac and cheese, atau kentang au gratin juga tidak boleh dimasak dengan menggunakan air fryer. Namun, ada beberapa pengecualian pada makanan beku yang sudah digoreng seperti stik mozzarella dapat dipanaskan kembali di dalam  air fryer.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro