Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Selatan telah memeriksa 712 ekor hewan kurban di wilayah Setiabudi menjelang perayaan Hari Raya Iduladha 1441 Hijriah pada 31 Juli 2020./beritajakarta.id
Health

Bagaimana Cara Memilih Hewan Kurban yang Sehat? Berikut Tipsnya!

Kresensia Kinanti
Kamis, 22 Juni 2023 - 14:57
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Menyambut hari raya Iduladha tentunya menjadi momentum untuk bersedekah dengan cara berkurban.

Nah, bagi para umat muslim yang berencana akan berkurban, penting untuk mengetahui bagaimana cara memilih hewan kurban yang sehat dan sesuai dengan syariat Islam.

Bagaimana cara mengetahuinya?

Melansir laman resmi baznas.go.id, berikut tips memilih hewan kurban yang sehat

1. Jenis Hewan Ternak

Jenis hewan ternak yang boleh dijadikan kurban adalah sapi, kambing, domba, kerbau, dan unta.

2. Usia Hewan

Usia hewan kurban yang disyaratkan memenuhi kriteria kurban adalah kambing atau domba yang berusia 1-2 tahun atau minimal 1 tahun, sapi atau kerbau yang berusia 2 tahun, dan unta yang berusia 5-6 tahun.

Cara mengetahuinya adalah dengan melihat gigi atau geligi hewan. Hewan yang sah ditandai dengan pergantian gigi yaitu jika dua gigi depan sudah tanggal.

3. Pastikan Hewan Kurban Tidak Cacat

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat dan tidak menunjukkan tanda-tanda sakit seperti demam, tidak nafsu makan, serta lemas. Cara mengetahui hewan itu sehat adalah dengan melihat cuping hidungnya yang basah namun bukan karena flu.

Bentuk tubuh hewan kurban tidak boleh cacat. Tulang punggung hewan kurban sebaiknya rata, tanduknya seimbang, dan kakinya simetris. Hewan tidak boleh cedera, luka, memar atau memiliki tanduk yang patah.

Hewan kurban harus dalam kondisi normal. Sebagai acuan kesehatan hewan, anda bisa menanyakan tentang Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH).

4. Pastikan Hewan Memiliki Kondisi Fisik yang Baik

Ciri-ciri hewan yang sehat secara fisik adalah hewan yang aktif serta reaktif ketika didekati atau disentuh. Kondisi fisik hewan kurban juga penting untuk diperhatikan, pastikan hewan kurban tidak gelisah, memiliki nafsu makan yang baik dan bulu yang tidak kusam.

Ciri lainnya, postur tubuh hewan memiliki kombinasi yang ideal antara perut, kaki depan dan belakang, kepala dan leher. Kesehatan hewan sangat penting dan hewan harus dilihat apakah hewan tersebut sehat.

Pastikan hewan juga bebas dari parasit kulit seperti tungau, kutu, dan sebagainya. Anda patut waspada, jika kulit hewan terlihat kusam dan tubuhnya kurus, itu menunjukan hewan tersebut cacingan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro