Gejala demensia sering dialami oleh lansia./AgingCare
Health

Tips Sukses Menjalani Masa Tua dan Pensiun

Sabina Arla Yogandini
Kamis, 6 Juli 2023 - 18:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Setiap orang yang menginginkan hidup lebih lama pastinya ingin menghabiskan waktu bersama dengan orang yang dicintai dan membuat kenangan. Bukan hanya menghabiskan waktu untuk mengatasi penyakit di usia lanjut. 

"Salah satu tantangan terbesar yang dihadapi para lansia adalah mencegah kecacatan fisik dan memperpanjang apa yang kita sebut 'harapan hidup aktif'," kata spesialis geriatri Ami Hall, DO, dikutip  Cleveland Clinic.

Faktor genetik akan berperan dalam menentukan seberapa baik Anda menjalani masa tua. Namun, gen bukanlah sebuah takdir Anda. Terdapat beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk membantu menjaga kesehatan Anda seiring bertambahnya usia. 

Penyakit diabetes, gagal jantung kongestif, dan beberapa bentuk demensia dapat ditunda atau bahkan dicegah. Adapun kelemahan otot seiring dengan bertambahnya usia juga dapat dicegah. Tak hanya itu, menjaga pola pikir Anda untuk tetap positif juga dapat membantu Anda tetap kuat secara mental saat Anda menghadapi penyakit dan kehilangan.

Kesehatan fisik Anda adalah salah satu faktor terpenting dalam mencapai keberhasilan dalam menjalani masa tua. Dengan memiliki tubuh yang sehat akan membuat diri Anda berkesempatan untuk melakukan hal yang Anda sukai. 

Banyak orang yang yang mendambakan atau membayangkan kehidupan di masa tua dengan melakukan hal seperti bepergian, menjadi sukarelawan, atau merawat cucu setelah mereka pensiun. Namun, tujuan tersebut akan lebih mudah tercapai jika Anda memiliki kondisi fisik yang sehat. 

Tips untuk menjaga kesehatan seiring bertambahnya usia:

1. Hindari merokok

2. Batasi konsumsi alkohol Anda

3. Olahraga secara teratur 

4. Mengonsumsi makanan sehat dan memprioritaskan makanan nabati, protein tanpa lemak, dan lemak sehat

5. Pertahankan berat badan ideal 

6. Tidur yang cukup

7. Mengelola stres

8. Lakukan pemeriksaan kesehatan secara teratur

9. Perhatikan keterbatasan fisik apa pun, seperti kesulitan berjalan atau masalah keseimbangan 

Salah satu hal yang penting dalam keberhasilan menjalani masa tua adalah menjaga otak Anda tetap aktif. National Institute on Aging menjelaskan bahwa dengan menjaga otak Anda tetap aktif dapat membantu mengatasi beberapa perubahan yang menyebabkan hal-hal seperti demensia dan kehilangan memori. 

Dalam hal ini, Anda dapat mencoba hobi baru dan mempelajari keterampilan baru. Sama halnya dengan otot, semakin sering Anda melatih otak, semakin besar pula peluang Anda untuk menjaganya tetap kuat.

Cara untuk meningkatkan kesehatan otak: 

- Rutinlah melakukan hobi yang Anda minati

- Cobalah aktivitas baru dan kembangkan keterampilan baru

- Ikut serta dalam kegiatan yang aktif secara fisik seperti menari, berenang, berlari, atau berjalan. Selain membuat tubuh Anda tetap aktif dan meningkatkan suasana hati, hal ini dapat membantu meningkatkan aliran darah dan oksigen ke otak Anda untuk membantu menjaga mental Anda tetap kuat. 

- Tetap aktif dalam kehidupan sosial

- Mencoba permainan yang mengasah otak Anda 

Mengetahui apa yang ingin Anda capai dalam hidup dapat menentukan bagaimana Anda merawat diri sendiri dan bagaimana Anda merencanakan masa depan yang Anda inginkan.  

Tidak ada satu pun orang yang mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Namun, dengan mempersiapkan masa depan yang Anda inginkan akan sangat penting untuk kesuksesan masa tua. Adapun Anda dapat memulainya sekarang dengan langkah-langkah seperti:

- Pertimbangkan apa yang Anda inginkan untuk rencana hidup Anda di masa depan. Misalnya dengan membuat asuransi kesehatan jangka panjang atau mengelola investasi dan aset untuk menutupi biaya

- Memilih pengasuh yang memiliki pengetahuan tentang perawatan medis untuk orang dewasa yang lebih tua

- Mengkomunikasikan tujuan perawatan Anda kepada keluarga dan penyedia layanan kesehatan 

- Membuat surat wasiat

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro