Ilustrasi penyebab pendarahan otak/drhimanshugupta.com
Health

Penyebab dan Gejala Pendarahan Otak, Seperti yang Dialami Cak Nun

Mia Chitra Dinisari
Kamis, 6 Juli 2023 - 19:04
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Budayawan Emha Ainun Najib atau Cak Nun dikabarkan dilarikan ke rumah sakit karena mengalami pendarahan otak.

Perdarahan otak adalah jenis penyakit stroke yang disebabkan oleh pecahnya pembuluh darah arteri di dalam otak dan menimbulkan perdarahan lokal hingga kematian sel-sel otak.

Dikutip dari Bisnis, dari pesan yang beredar di grup Whatsapp Jamaah Maiyah, Cak Nun dikabarkan mengalami pendarahan pada otak dan tidak sadarkan diri.

"Mohon doanya teman-teman, Cak Nun gak sadarkan diri dirawat di RS Sarjito ada pendarahan otak. Sungguh mohon keikhlasan doa dari teman-teman semua," bunyi pesan di grup Whatsapp tersebut.

Hal ini juga dikonfirmasi oleh politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Luqman Hakim melalui akun Twitter pribadinya.

Perdarahan di otak adalah salah satu kondisi darurat medis karena dapat menyebabkan kematian sel-sel di dalam otak.

Bahkan, bila tidak mendapatkan penanganan yang tepat, kondisi ini berisiko menyebabkan berbagai komplikasi serius, seperti pembengkakan otak, gangguan fungsi kognitif, hingga kelumpuhan.

Pendarahan otak adalah salah satu jenis penyakit stroke yang disebut dengan brain hemorrhage. Dimana kondisi ini terjadi saat pembuluh arteri pada otak pecah.

Pendarahan otak menyebabkan iritasi pada jaringan otak dan membuat bengkak atau yang disebut juga dengan cerebral edema.

Darah akan menggumpal dan menggenang, gumpalan darah tersebut dapat menekan jaringan otak sehingga akhirnya memengaruhi aliran darah di sekitar otak. Aliran darah yang tidak lancer membuat sel-sel diotak tidak mendapatkan oksigen sehingga sel-sel otak rusak dan mati.

Jenis-Jenis Perdarahan Otak

Berdasarkan lokasinya, perdarahan otak dibagi menjadi beberapa jenis, yaitu:

1. Intraserebral, yaitu perdarahan yang terjadi pada jaringan otak. Jenis perdarahan ini dapat menyebabkan pembengkakkan otak hingga gangguan fungsi otak.

2. Subarachnoid, yaitu jenis perdarahan yang terjadi di bawah membran atau selaput pelindung otak. Perdarahan subarachnoid umumnya dipicu oleh aneurisma (pembuluh darah menggelembung), cedera kepala, dan gangguan pembekuan darah.

3. Subdural, yaitu perdarahan yang terjadi di antara lapisan selaput pelindung otak, yaitu duramater dan arachnoid.

4. Epidural, yaitu perdarahan yang terjadi di antara lapisan tulang tengkorak dan duramater (lapisan pelindung otak paling luar).

Penyebab Perdarahan Otak

Adapun sejumlah kondisi medis yang dapat menyebabkan terjadinya perdarahan di otak adalah sebagai berikut seperti dikutip dari laman siloamhospital:

1. Cedera Kepala

Cedera kepala merupakan penyebab perdarahan di otak yang umum terjadi. Kondisi ini biasanya terjadi pada seseorang yang mengalami kecelakaan lalu lintas atau jatuh dari ketinggian.

2. Kelainan Pembuluh Darah

Arteriovenous malformations (AVM) merupakan kelainan pembuluh darah berupa terbentuknya jalinan tidak normal yang menghubungkan pembuluh darah arteri dan vena. Kondisi ini jarang menimbulkan gejala namun perlu diwaspadai karena bisa menjadi penyebab perdarahan otak secara tiba-tiba.

3. Hipertensi

Penyebab perdarahan otak yang perlu diwaspadai berikutnya adalah tekanan darah tinggi atau hipertensi kronis. Pasalnya, hipertensi yang terjadi dalam jangka panjang dapat melemahkan dinding pembuluh darah sehingga turut meningkatkan risiko pecahnya pembuluh darah di otak.

4. Aneurisma

Aneurisma merupakan penonjolan pembuluh darah yang lemah di dalam otak. Bila tidak ditangani dengan tepat, aneurisma bisa menjadi penyebab perdarahan otak hingga memicu stroke.

5. Tumor Otak

Tumor otak adalah kondisi medis yang terjadi karena tumbuhnya jaringan abnormal di jaringan otak. Kondisi ini perlu diwaspadai karena dapat memberikan tekanan pada jaringan otak hingga memicu perdarahan.

6. Aterosklerosis

Aterosklerosis merupakan pengerasan pembuluh darah arteri yang terjadi karena menumpuknya plak kolesterol di pembuluh darah. Bila terjadi pada pembuluh darah di otak, aterosklerosis dapat menghambat aliran darah dan menyebabkan pembuluh darah pecah.

7. Amyloid Angiopathy

Amyloid angiopathy adalah kelainan dinding pembuluh darah yang dipicu oleh penuaan dan hipertensi. Kelainan ini diketahui dapat meningkatkan risiko perdarahan pada jaringan otak.

8. Gangguan Hati

Gangguan hati juga dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan di otak. Hal ini dikarenakan gangguan hati dapat memengaruhi pembekuan darah dan menyebabkan peningkatan tekanan darah. Kondisi inilah yang dapat memicu perdarahan di otak.

Gejala Perdarahan Otak

Gejala perdarahan di otak cenderung beragam sesuai dengan tingkat keparahan dan bagian otak yang terdampak. Namun, sejumlah gejala umum dari perdarahan otak adalah sebagai berikut:

Sakit kepala parah secara tiba-tiba.
Mual dan muntah.
Kesulitan berbicara.
Kesulitan menulis dan membaca.
Kesulitan menelan.
Gangguan penglihatan.
Gangguan keseimbangan dan koordinasi.
Penurunan kesadaran.
Kejang.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro