Senam Poco-poco/Solopos
Health

8 Manfaat Senam Irama Bagi Kesehatan Tubuh

Novita Sari Simamora
Senin, 10 Juli 2023 - 10:02
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Tubuh akan bugar bila melakukan aktivitas senam irama secara rutin. Simak manfaat senam irama bagi kehidupan sehari-hari.

Senam memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan mental juga. Selain itu, orang-orang yang aktif senam juga bisa memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Otot, tulang, jantung, dan organ tubuh lain akan sehat, bila Anda rutin melakukan senam irama setiap minggunya.

Simak manfaat senam bagi tubuh:

1. Meningkatkan kebugaran tubuh

Manfaat senam yang dinamis bisa membuat tubuh  selalu aktif. Hampir semua anggota tubuh aktif bergerak. Mulailah gerakan dari leher, lengan hingga kaki, gerakan senam akan membuat otot bekerja lebih keras dan memacu keluarnya keringat.

Saat keringat keluar dari pori-pori kulit, maka tubuh biasanya akan terasa lebih segar. Dengan mengikuti senam pagi secara rutin, kebugaran tubuh akan ikut meningkat. Kamu tidak akan lagi merasa cepat lelah. Tubuh juga menjadi lebih lentur dan tidak gampang cedera.

2. Menciptakan Keseimbangan Tubuh

Selain memengaruhi kekuatan fisik, senam irama juga dapat melatih keseimbangan tubuh. Lantaran setiap gerakan dari senam irama perlu diselaraskan dengan alunan musik yang mengiringinya. Karena itulah, senam irama juga dapat membantu mengoptimalkan kemampuan motorik tubuh.

3. Meningkatkan kesehatan tulang

Tulang membutuhkan lebih dari sekadar nutrisi untuk menjaga kekuatannya. Meski kalsium dan vitamin D sangat penting untuk tulang, olahraga juga memiliki andil yang cukup besar.

Senam memiliki manfaat untuk menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat hingga usia senja, kamu bisa senam pagi secara rutin. Saat melakukan gerakan senam, tulang dan sendi juga ikut aktif bergerak. 

Beberapa gerakan senam bisa membuat tubuh bertumpu pada kaki dengan beban yang melebihi biasanya. Gerakan seperti ini sangat bagus untuk melatih kekuatan tulang. Risiko osteoporosis juga menurun tajam.

4. Melatih Kemampuan Otak

Hal lain yang dapat dirasakan dari manfaat senam irama adalah dapat melatih kemampuan otak. Pasalnya, senam irama ini membutuhkan konsentrasi agar setiap gerakan sesuai dengan musik yang mengiringinya. Selain itu, gerakan dari senam irama juga perlu dihafal. Dengan begitu, daya ingat Anda akan lebih terlatih saat melakukan senam irama.

5. Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Selain mengoptimalkan kesehatan fisik, manfaat senam irama adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri seseorang. Ya, senam irama memang membutuhkan ketelatenan untuk menguasainya. Ketika sudah menguasai senam irama, seseorang cenderung akan merasa puas sehingga berdampak pada kepercayaan dirinya.

6. Menurunkan Berat Badan Secara Sehat

Salah satu motif orang berolahraga adalah untuk menurunkan berat badan. Saat angka di timbangan terlalu tinggi, hal tersebut umumnya justru menurunkan kepercayaan diri.

Biasanya, obesitas diikuti dengan munculnya penyakit yang cukup berbahaya. Senam irama bisa membantu menurunkan berat badan. Gerakan yang dilakukan akan membakar kalori dalam tubuh dan membuang zat-zat berbahaya lewat keringat.

7. Melepaskan Stres

Pakar psikologis menyebutkan bahwa senam irama yang dilakukan secara rutin juga dapat membantu untuk melepaskan stres. Senam irama yang dilakukan secara berkelompok dan penuh energi tentu dapat meningkatkan suasana hati seseorang.

Selain itu, alunan musik yang mengiringi senam irama diketahui dapat membantu menurunkan produksi hormon stres dengan efektif. Dengan begitu, ketenangan dan perasaan bahagia akan muncul dalam diri Anda.

8. Membantu Mengembangkan Karakter Diri 

Senam irama juga bisa menjadi salah satu sarana untuk mengembangkan karakter diri. Lantaran, senam irama membutuhkan tekad kuat karena perlu melatih kemampuan serta keterampilan diri dalam melakukan berbagai macam gerakan.

Dengan tekad kuat yang dibangun melalui senam irama ini, Anda akan terlatih menjadi pribadi yang tangguh serta pantang menyerah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro