Ikan Shisamo
Health

Ini Manfaat Makan Ikan Shisamo, Makanan Favorit Anak Raffi Ahmad Rayyanza Alias Cipung

Mutiara Nabila
Senin, 10 Juli 2023 - 19:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Ikan shisamo atau ikan chapelin tiba-tiba viral karena menjadi makanan kesukaan anak selebriti Raffi Ahmad, Rayyanza Malik Ahmad. 

Mengutip Organicfacts.net, ikan yang berasal dari perairan Samudera Pasifik dan Atlantik ini memiliki beragam manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh, memperbaiki kesehatan kulit, tekanan darah, sampai kualitas tidur. 

Ikan chapelin ini sangat populer dan banyak ditemukan di berbagai negara seperti Jepang, Korea, Eropa, dan Amerika.

Ikan ini juga memiliki ciri-ciri kulit perak mengilap dan di dalam perutnya dipenuhi oleh telur-telur ikan. 

Ikan penuh gizi ini bisa menjadi sumber fosfor, selenium, vitamin B12, mangan, dan asam lemak omega-3, serta memiliki magnesium, dan kalsium. Selain itu, ikan ini juga mengandung berbagai vitamin B dan kadar protein tinggi yang hampir mencapai 30 persen dari kebutuhan harian dalam porsi 3 ons.  

Di samping itu, ikan ini pun cocok untuk diet karena memiliki kadar kalori dan lemak jenuh yang rendah. 

Manfaat Ikan Chapelin

Beberapa manfaat mengkonsumsi ikan chapelin di antaranya adalah kemampuannya untuk merawat kulit dan rambut.

Mengkonsumsi ikan ini dapat meremajakan kulit dari kandungan vitamin B-nya. Selain itu, asam lemak omega-3 juga dapat mengurangi peradangan pada kulit, dan dengan selenium, menjadi antioksidan yang dapat memperbaiki penampilan kulit dan mengurangi tanda-tanda penuaan.

Selanjutnya, kandungan fosfor dalam ikan ini menyumbang mineral penting untuk tubuh yang bisa dalam mengubah nutrisi menjadi energi. Setidaknya 20 persen dari kebutuhan mineral harian bisa didapatkan dengan mengkonsumsi seporsi ikan chapelin. 

Selanjutnya, kandungan kalsium dan elektrolit di dalam ikan ini juga bermanfaat untuk mendukung sistem saraf dalam tubuh.

Kemudian, kandungan potasium dan mineral lainnya dalam ikan chapelin juga berfungsi untuk mencegah risiko penyakit jantung seperti serangan jantung karena dapat mengurangi ketegangan pada pembuluh darah dan arteri.

Dengan kandungan kalsiumnya mineralnya antara lain mangan, fosfor, kalsium, tembaga, seng, dan besi, ikan yang terkenal dengan nama Shisamo ini juga bermanfaat untuk mencegah osteoporosis. 

Selain mencegah berbagai penyakit, konsumsi ikan chapelin juga bisa meningkatkan kualitas tidur melalui konsentrasi kandungan magnesium yang ada di dalamnya. Magnesium bermanfaat mengubah triptofan menjadi serotonin, hormon perasaan senang yang dapat mendorong relaksasi dalam tubuh dan memudahkan orang yang mengkonsumsi untuk bisa tidur lebih nyenyak. 

Kemudian, dengan jumlah protein yang tinggi, asam amino dalam proteinnya dapat mendukung pertumbuhan jaringan otot, dan pertumbuhan tubuh, sekaligus membantu mempercepat metabolisme tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Mutiara Nabila
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro