Ilustrasi orang minum air/istimewa
Health

Ciri Air Minum yang Berkualitas

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 14 Juli 2023 - 10:21
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Air mineral berasal dari reservoir dan mata air bawah tanah alami yang mengandung mineral penting, termasuk kalsium, magnesium, dan natrium.

Oleh karena itu, minum air mineral dipercaya memiliki beberapa manfaat kesehatan.

Menurut Food and Drug Administration (FDA), air mineral harus memiliki tidak kurang dari 250 bagian per juta (ppm) dari total padatan terlarut atau mineral dan elemen jejak dari sumbernya. 

Air mineral juga dapat diolah untuk menghilangkan zat yang berpotensi beracun seperti arsenik.

Seperti namanya, air mineral dapat mengandung mineral dalam jumlah tinggi dan senyawa alami lainnya, termasuk magnesium, kalsium, bikarbonat, natrium, sulfat, klorida, dan fluorida.

Jenis dan jumlah mineral tergantung dari mana air itu berasal. Akibatnya, manfaat kesehatan dan rasa air mineral sangat bervariasi.

Berikut 7 ciri air minum berkualitas 

1. Air Minum Berkualitas Tidak Berbau

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika memilih air minum, yakni tidak adanya bau yang tercium. Pasalnya, air bersih yang normal memang tidak seharusnya memiliki bau apapun. Ketika air minum memiliki bau tertentu, maka bisa jadi air tersebut mengandung mikroorganisme seperti bakteri atau bahan organik yang mampu menghasilkan pembusukan.

2. Air Terlihat Jernih

Secara umum, air minum berkualiatas yang cocok untuk dikonsumsi adalah air yang terlihat jernih. Artinya, air tersebut tidak boleh berwarna sama sekali. Hal ini berlaku bagi air kemasan. Apabila air tersebut berwarna, bisa jadi mengandung senyawa berbahaya bagi tubuh. Sebagai contoh, air limbah pabrik dan air sumur yang tercemar.

3. Kandungan Air Terbebas Dari Mikroorganisme dan Zat Berbahaya

Sebelum memilih sebuah air, jangan lupa untuk memerhatikannya secara detail tampilannya. Hal ini untuk menghindari adanya mikroorganisme serta zat-zat berbahaya lainnya. Beberapa senyawa yang seringkali mengkontaminasi air minum, yakni nitrat, timbal, arsenik, senyawa fenolik, dan senyawa sulfida. Semua zat-zat tersebut tidak cocok bagi tubuh manusia karena bersifat racun. Tidak ada salahnya jika kamu membaca tabel kandungan di label yang tertera di kemasan air.

4. Terhindar Dari Zat Padat Terlarut

Salah satu yang mencirikan air minum berkualitas adalah terhindar dari zat padat terlarut. Senyawa ini merupakan bahan padat yang tertinggal dari residu penguapan dan pengeringan pada suhu 103–105 derajat celcius. Hal ini seringkali muncul pada portable water dan berdampak pada rasa tidak enak di lidah serta timbulnya rasa mual.

5. Suhu air

Secara umum, kenaikan suhu perairan akan mengakibatkan kenaikan aktivitas biologi sehingga akan membentuk O2 lebih banyak lagi. Kenaikan suhu perairan secara alamiah biasanya disebabkan oleh aktivitas penebangan vegetasi di sekitar sumber air minum berkualitas tersebut, sehingga menyebabkan banyaknya cahaya matahari yang masuk tersebut memengaruhi akuifer (lapisan bawah tanah ) yang ada secara langsung atau tidak langsung.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (Sekjen PB IDI) dr. Ulul Albab, SpOG mengatakan manfaat air minum bagi kesehatan kita, yang bukan hanya untuk kecukupan hidrasi tubuh.

Menurutnya, air mineral dengan mineral esensial berkualitas dan seimbang, memiliki peranan untuk membantu memenuhi kecukupan mineral tubuh.

Selain itu, katanya, mineral esensial juga memiliki manfaat yang baik antara lain menjaga kesehatan tulang, menggunakan glukosa untuk energi, menjaga sistem kekebalan tubuh, mengatur tekanan darah dan membantu mengatur fungsi paru-paru.

Mineral esensial ini juga memiliki peranan penting untuk ibu hamil, anak-anak dan juga keluarga secara
keseluruhan. Oleh karenanya, masyarakat perlu mendapatkan edukasi yang tepat, agar bukan hanya
sekedar minum, namun untuk sehat perlu memperhatikan air minum yang berkualitas,” katanya dalam sesi edukasi kesehatan bertema “Mineral Esensial Bantu Jaga Sehatmu” kerjasama IDI dengan PT. Mayora melalui brand Le minerale.

Dia menambahkan program ini dijalankan sebagai usaha promotif preventif sebab pada dasarnya, tidak
semua air mineral memiliki kandungan mineral yang seimbang dan berkualitas. Padahal, mineral esensial
memiliki banyak manfaat bagi tubuh.

 “IDI berharap dengan adanya program ini dapat terjalin silahturahmi dengan dokter- dokter di Rumah Sakit sebagai agent of change usaha Promosi Kesehatan. Selain tentunya yang utama adalah terdapat peningkatan
awareness kepada para Dokter terkait pentingnya usaha Promosi Kesehatan,” ungkap dr. Ulul.

Head of Public Relations and Digital Le Minerale, Yuna Eka Kristina mengatakan manfaat air mineral, yang bukan hanya dapat membantu memenuhi kecukupan cairan tubuh, namun juga amatlah penting untuk memperhatikan kandungan mineral esensial di dalamnya, yang tentu sangat bermanfaat bagi kesehatan.

"Sebab minum, bukan hanya sekedar menghidrasi, sehingga diharapkan akan merubah pola hidup masyarakat, agar kualitas kesehatan Indonesia akan semakin meningkat,” ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro