Menguap/calmclinic
Health

Sering Menguap? Waspada Indikasi Stress hingga Parkinson

Mia Chitra Dinisari
Jumat, 14 Juli 2023 - 18:05
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menguap adalah gejala umum kelelahan dan mengantuk, tapi ternyata jika Anda sering menguap bisa jadi ada masalah kesehatan di tubuh Anda.

Menguap berlebihan ini ketika terjadi lebih dari tiga kali dalam periode 15 menit, menurut Dokter GP Johannes Uys dokter umum di Broadgate General Practice di London dilansir dari Express.

Salah satu penyebab paling umum dari menguap berlebihan, menurut Dr Uys, adalah kurang tidur yang, dengan sendirinya, mungkin mengindikasikan kondisi kesehatan yang mendasarinya seperti sleep apnea atau insomnia.

Dia menambahkan, menguap berlebihan juga bisa disebabkan oleh obat-obatan yang Anda minum.

“Obat-obatan tertentu, seperti antipsikotik atau antidepresan, dapat menyebabkan menguap berlebihan sebagai efek sampingnya,” jelas Dr Uys.

Salah satu kemungkinan yang menakutkan dari menguap berlebihan adalah bahwa hal itu bisa menjadi indikasi adanya gangguan otak.

Kondisi seperti penyakit Parkinson, multiple sclerosis, dan sakit kepala migrain dapat menyebabkan menguap berlebihan.

Penyebab lain dari menguap berlebihan juga bisa termasuk kecemasan atau stres, yang mungkin menjadi cara bagi Anda untuk "mengatasi ketegangan".

Jika suplai oksigen ke seluruh tubuh dipengaruhi oleh serangan jantung, misalnya, hal ini dapat menyebabkan menguap berlebihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro