Diving
Travel

Tips Olahraga Ekstrem Cave Diving

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 16 Juli 2023 - 09:30
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Indonesia yang memiliki wilayah perairan yang luas, menjadi salah satu wisata diving yang menarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Setiap tahunnya, banyak penyelam dari seluruh dunia datang ke Indonesia untuk diving, sambil menikmati keindahan bawah laut Tanah Air.

Apalagi, Indonesia termasuk dalam coral triangle, yaitu kawasan perairan yang mencakup enam juga km persegi lautan di kawasan Asia-pasifik dengan keanekaragaman jenis karang pembentuk terumbu.

Kirana Larasati salah satu artis yang gemar menyelam mengatakan setiap laut punya nilai atau cerita personal bagi setiap orang.

Menurut Kirana, dunia selam sangat menyenangkan karena ilmunya tidak akan pernah habis. Karena laut Indonesia punya pemandangan yang lebih indah.

“Setiap laut punya daya tarik masing-masing, tapi kalau di Indonesia memang sangat bagus, karena terumbu karangnya bertebaran seperti kebun,” katanya.

Hal itu menjadikan Indonesia masuk dalam perhitungan wisatawan mancanegara untuk melakukan open water hingga menyelam di dalam goa atau cave diving.

Khusus cave diving di Indonesia, lokasi yang menarik untuk di datangi berada dikawasan Kupang dan Buton, yang kini sudah memiliki operator khusus.

Cave Instructor sekaligus Technical Deep Instructor Adi Halim, menjelaskan, cave diving sebagai olahraga berisiko, sehingga penting untuk membekali diri sebelum terjun.

“Cave diving itu menyelam di tempat yang berbahaya, jadi memang bukan olahraga untuk semua orang,” kata Adi.

Saat memutuskan untuk mengeksplorasi gua di bawah, penyelam biasanya membutuhkan sistem tangki sesering mungkin, dengan kapasitas udara yang banyak dan tingkat mobilitas yang tinggi, sehingga mampu melewati celah-celah gua.

Sementara itu, instruktur cave diving HP Hartmann mengatakan, penting untuk mengenakan pakaian menyelam yang pas dan nyaman di tubuh ketika menyelam.

Tidak hanya pakaian, penyelam juga perlu memilih alat menyelam yang nyaman dan aman untuk menyelam di dalam gua nantinya. Salah satunya ialah tangki udara.

Dia menambahkan, seorang penyelam di goa membutuhkan sistem manajemen tangki yang ringan, memiliki kapasitas udara yang banyak, dan tingkat mobilitas tinggi.

Hal ini sangat membantu ketika seorang penyelam hendak melewati celah-celah lubang yang ada di dalam goa saat menyelam.

Jika biasanya seorang penyelam menyimpan tangki di bagian pundak (back mount), kini ada opsi lain penyimpanan tangki, yaitu diletakkan sejajar di samping tubuh (side mount)

Hartmann mengatakan, menyelam dengan posisi tangki sejajar dengan tubuh akan membuat daya dorong di dalam air jauh lebih mudah. Dengan begitu, penyelam bisa lebih santai dan nyaman saat menyelam.

"Kelebihan pakai tangki di samping tubuh yaitu, kita bisa melepas tangki dan memasukkan tangki satu persatu ke dalam lubang goaa terlebih dahulu. Kondisi ini, biasanya dilakukan ketika seorang penyelam merasa barang bawaannya terlalu lebar dan tidak memungkinkan masuk melewati lubang goa,” terangnya.

Salah satu produsen sistem tabung tangki oksigen di samping adalah Razor Side Mount. 

Salah satu fiturnya yakni BCD RAZOR 4 SIDE MOUNT memiliki Double Bladder, sehingga apabila bladder (pelampung utama) bermasalah atau peralatan pelampung seperti Inflator Hose bermasalah, ada secondary bladder yang bisa difungsikan secara manual.

Adapun, harga yang ditawarkan Rp17.200.000 di Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro