Snorkeling/reuters
Travel

Ini Dia Deretan Lokasi Terbaik untuk Menyelam dan Snorkeling di Indonesia Timur

Redaksi
Kamis, 4 Juli 2024 - 10:15
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Laut dan kepulauan Indonesia Timur tak henti-hentinya memancarkan pesonanya.

Dengan kekayaan biotik dan abiotik yang melimpah, laut Indonesia Timur menjadi surga bagi para penyelam yang berkunjung.

Dilansir dari Aqua Expeditions, berikut ini deretan lokasi terbaik untuk menyelam dan snorkeling di Indonesia Timur:

1. Snorkeling dan Menyelam di Taman Nasional Komodo

Taman Nasional Komodo terletak di tengah kepulauan Nusa Tenggara Timur, tepatnya di antara pulau Sumbawa dan Flores.

Lokasi yang ditetapkan menjadi situs warisan dunia UNESCO ini menyediakan pengalaman menyelam dan snorkeling bagi para pengunjungnya, dengan lebih dari 1.000 spesies ikan tropis dan 260 spesies karang pembentuk terumbu.

Taman Nasional Komodo terdiri dari 29 pulau termasuk Rinca, Padar, dan Komodo, serta dapat diakses melalui Kota Labuan Bajo.

2. Selat Linta

Selat Linta menjadi tempat bertemunya air dari Samudra Hindia dan Laut Flores. Hal tersebut menjadikannya tempat dengan arus yang kaya akan nutrisi, sehingga sering dikunjungi oleh makhluk laut.

Selat ini menyuguhkan berbagai keindahan biotik laut, seperti kompleks terumbu karang Makassar yang berada di sisi barat selat.

Sembari menyelam dan snorkeling, pengunjung mendapatkan kesempatan untuk mengamati ikan pari manta, ikan pelagis, ikan trevalli raksasa, dan sekelompok besar ikan barakuda.

3. Teluk Saleh

Teluk yang berada di Pulau Sumbawa, Nusa Tenggara Barat ini merupakan salah satu lokasi langka di mana pengunjung dapat bertemu dan berenang bersama hiu paus.

Pemerintah Sumbawa telah menemukan sekelompok hiu paus semipermanen yang mencari makan dari jaring nelayan setempat.

4. Pulau Batu Bolong

Batu Bolong terletak di bagian utara Taman Nasional Komodo. Pulau yang terdiri dari terumbu karang berbentuk kerucut di bawah air ini menyajikan pemandangan habitat laut yang beragam.

Akibat arusnya yang kuat, pulau ini dipenuhi oleh ekosistem yang belum tersentuh oleh nelayan, seperti barakuda, ikan trevalli raksasa, tuna, dan hiu karang sirip putih, serta ikan pari manta dan penyu sisik pada momen tertentu.

5. Snorkeling dan Menyelam di Kepulauan Maluku

Maluku terkenal dengan terumbu karang serta kehidupan lautnya yang berwarna dan beragam di kepulauan Indonesia Timur. Berada di zona transisi antara Asia dan Oseania, Kepulauan Maluku memiliki flora dan fauna yang unik.

Di kepulauan ini, pengunjung dapat mengamati kehidupan bawah laut di sepanjang dinding karang yang dalam, gunung laut, serta gua stalaktit yang indah. Jika beruntung, pengunjung dapat melihat lumba-lumba pemintal, paus orca, dan berbagai spesies paus lainnya.

6. Teluk Laha

Pulau Manuk merupakan sebuah pulau vulkanik dengan tinggi tiga kilometer dari dasar laut. Pulau ini menjadi surga bagi para burung pemakan ikan, serta ditempati oleh ular laut terbesar di dunia yang tertarik dengan mata air panas bawah laut di daerah tersebut. Hiu karang juga sering muncul di tempat tersebut. (Rafi Abid Wibisono)

Halaman:
  1. 1
  2. 2
Penulis : Redaksi
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro