Cara menghilangkan jerawat - Freepik
Health

11 Cara Menghilangkan Jerawat Batu secara Alami

Hana Fathina
Senin, 17 Juli 2023 - 14:32
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jerawat merupakan masalah kulit yang sangat umum terjadi, baik pada pria maupun wanita.

Jerawat muncul Ketika pori-pori kulit tersumbat oleh sebum atau minyak alami kulit yang berlebih, sel kulit mati, dan bakteri.

Selain area wajah, jerawat juga bisa muncul di beberapa area tubuh lain seperti dada, bahu dan punggung. Untuk itu, kamu perlu mengetahui cara menghilangkan jerawat agar wajah kamu tetap bersih. 


Kebanyakan orang mungkin akan mencoba obat jerawat yang tidak diresepkan oleh dokter. Jika tidak kunjung sembuh dalam beberapa minggu, kamu disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter. 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Cepat

1. Membersihkan wajah secara rutin 

Kamu bisa membersihkan wajah dengan sabun muka untuk jerawat secara rutin 2 kali sehari, terutama Ketika wajah berkeringat atau terlalu berminyak. Hindari mencuci muka terlalu sering karena bisa membuat kulit wajah makin kering dan teriritasi. 

2. Menjalani prosedur perawatan kulit 

Jika jerawat yang muncul tidak kunjung sembuh, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk menjalani prosedur perawatan kulit agar terbebas dari jerawat. Untuk mengatasi jerawat di kulit kamu dengan cepat, dokter bisa melakukan beberapa prosedur seperti chemical peeling, suntik jerawat dan terapi laser. 

3. Menggunakan bahan-bahan alami 

Kamu bisa menggunakan minyak essensial yang terbuat dari tea tree oil, kayu manus, daun thyme, bunga mawar dan lavender. Minyak esensial tersebut mengandung zat yang memiliki sifat anti bakteri dan antiradang. Sehingga bisa digunakan untuk menghilangkan jerawat dengan cepat. 

Cara Menghilangkan Jerawat Batu

4. Kompres air hangat 

Kompres air hangat bisa menjadi cara untuk menghilangkan jerawat baru karena berguna untuk melunakkan benjolan jerawat agar nanah bisa lebih cepat muncul ke permukaan, sehingga jerawat akan lebih cepat sembuh. 

5. Minyak daun teh (Tea Tree Oil) 

Fungsi tea tree oil sebagai cara menghilangkan obat jerawat batu yang cukup populer. Sebab, tea tree oil mengandung terpine yang  bersifat antibakteri dan anti radang. Sehingga efektif untuk mengatasi peradangan dan mencegah perkembangan bakteri penyebab jerawat. 

6. Menggunakan pembersih non sabun 

Jika dibandingkan dengan sabun tradisional, pembersih non sabun diketahui lebih aman digunakan oleh orang yang berjerawat sehingga mencegah terjadinya iritasi atau hal-hal lain yang bisa memperbaiki kondisi jerawat. 

7. Kompres es 

Cara ini bermanfaat untuk mengurangi peradangan dan rasa nyeri akibat jerawat batu. Jadi, kamu bisa menggunakan kompres air hangat dan es secara bergantian. 

Cara Menghilangkan Jerawat dengan Bahan Alami 

8. Perasan lemon 

Lemon bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan mencegah tersumbatnya pori-pori. Kamu bisa menggunakan lemon untuk menghilangkan jerawat dengan cara membilas perasan buah lemon di wajah. Kamu bisa melakukannya Ketika akan tidur dan beraktivitas di pagi hari. 

9. Masker madu dan kayu manis 

Berbagai penelitian menunjukkan bahwa madu dan kayu manis memiliki kandungan yang bisa membunuh bakteri P. acne. Campuran ini bisa menjadi obat jerawat alami yang bisa kamu coba. Campurkan dua sendok madu dengan 1 sendok bubuk kayu manis hingga membentuk pasta. Oleskan campuran tersebut ke wajah, setelah wajah kamu sudah dibersihkan. Lalu biarkan selama 10-15 menit. Setelah nya bilas wajah hingga bersih. 

10. Aloe Vera

Aloe Vera merupakan tanaman tropis yang daunnya memproduksi gel. Gel tersebut digunakan untuk mengatasi berbagai kondisi kulit, seperti jerawat. Cara menggunakan aloe vera untuk jerawat adalah dengan mengoleskan gel tersebut, 1-2 kali per hari di daerah wajah. 

11. Jojoba Oil 

Jojoba oil merupakan minyak yang diekstrak dari biji tanaman jojoba. Minyak ini bisa membantu memperbaiki kerusakan kulit, seperti bekas jerawat. Cara menghilangkan jerawat alami menggunakan bahan ini adalah dengan mencampurkan minyak jojoba dengan gel, krim atau minyak lainnya. 

Cara Menghilangkan Bekas Jerawat

1. Mengoleskan soda kue 

Soda kue berfungsi sebagai exfoliator atau pengelupas sel kulit mati untuk mengurangi bekas jerawat. Caranya, campur 2 sendok makan kue dan 2 sendok makan air. Oleskan campuran tersebut ke area bekas jerawat dan diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air hangat. 

2. Membuat masker madu 

Untuk menghilangkan bekas jerawat alami, oleskan madu pada bekas jerawat setiap hari atau gunakan madu sebagai masker wajah. Cara menggunakan masker madu juga cukup mudah. Setelah mencuci muka dengan sabun dan air, oleskan madu murni ke wajah, diamkan selama beberapa menit dan bilas dengan air bersih. 

3. Menempelkan irisan lemon

Kandungan vitamin C dan antioksidan pada buah lemon dipercaya mampu memudarkan noda bekas jerawat di wajah dengan baik. Kamu juga bisa menggunakan jeruk purut sebagai alternatif untuk menghilangkan bekas jerawat. 

Itulah beberapa cara menghilangkan jerawat serta bekas jerawat yang mungkin bisa kamu coba. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Penulis : Hana Fathina
Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro