Ilustrasi jerawat
Fashion

Ogah Jerawatan? Ini Makanan yang Harus Dipantang dan Dikonsumsi

Salma Permata Dewi
Kamis, 30 Maret 2023 - 23:13
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Jerawat merupakan kondisi peradangan pada kulit yang disebabkan oleh beberapa hal. Hal yang menyebabkan jerawat muncul pada kulit adalah genetik, gaya hidup, dan makanan.

Ada beberapa makanan yang memperburuk jerawat di kulit, tetapi ada juga yang mencegah atau menguranginya.

Dilansir dari medicalnewstoday, beberapa orang percaya bahwa diet memainkan peran penting dalam jerawat. Dalam komunitas medis ada perdebatan tentang hal itu. Banyak ahli pernah berpikir pola makan tidak memiliki peran dalam perkembangan jerawat, tetapi hasil beberapa penelitian terbaru menunjukkan sebaliknya.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk mencegah atau mengurangi jerawat menurut webmd.com.

1. Ikan

Ikan-ikanan yang kaya akan lemak omega-3, seperti salmon, mackerel dan sarden dapat menurunkan peradangan di tubuh sehingga dapat membantu mencegah jerawat. Ikan-ikanan juga membantu menurunkan protein yang dibuat di tubuh manusia, IGF-1, yang terkait jerawat.

2. Kacang-kacangan

Orang berjerawat sering memiliki tingkat antioksidan yang rendah. Segala jenis kacang dan olahannya, seperti tempe dan tofu, kaya akan vitamin E dan selenium yang dapat melindungi sel dari kerusakan dan infeksi.

Tidak ada bukti jelas bahwa antioksidan akan menghilangkan jerawat, tetapi antioksidan baik untuk tubuh. Jadi, tidak ada salahnya menambahkan kacang-kacangan ke dalam pola makan. Jangan berlebihan dalam mengonsumsi kacang-kacangan.Untuk contoh, Anda cukup mengonsumsi sekitar 24 almond atau tiga atau empat kacang Brazil.

3. Rumput laut

Rumput laut adalah sumber yodium yang bagus dan dibutuhkan kelenjar tiroid untuk berfungsi dengan baik. Anda bisa memakan rumput laut dalam gulungan sushi, salad, atau langsung sebagai cemilan asin. Namun, yodium tidak baik bagi jerawat jika dikonsumsi terlalu banyak.

Orang dewasa membutuhkan yodium 150 mikrogram per hari dan wanita hamil dan menyusui membutuhkan lebih banyak.

4. Oyster

Makanan laut seperti oyster kaya akan nutrisi yang penting untuk kulit, seperti zinc. Nutrisi ini dapat membantu membunuh bakteri penyebab jerawat jenis tertentu.

Tidak hanya itu, oyster juga dapat membantu tubuh berhenti membuat bahan kimia yang dapat menyebabkan peradangan yang terkait dengan jerawat. Anda perlu memperhatikan jumlah oyster yang dikonsumsi karena terlalu banyak zinc dapat menyebabkan masalah kesehatan juga. Orang dewasa tidak boleh mendapatkan lebih dari 30 mg sehari.

5. Makanan berserat tinggi

Makanan berserat, seperti oatmeal, buncis, apel, wortel, dan sayuran hijau, baik untuk kulit. Sayuran hijau, seperti bayam, kaya akan klorofil yang dapat membantu membersihkan bakteri dan racun dari saluran pencernaan dan aliran darah. Bayam kaya akan vitamin A yang dapat bertindak secara alami sebagai agen anti jerawat.

Adapun makanan yang perlu dihindari agar tidak memperparah jerawat.

1. Susu

Semakin banyak susu yang diminum, semakin besar kemungkinan berjerawat, terutama susu skim. Para ilmuwan masih mencoba untuk mencari tahu alasan susu menyebabkan jerawat, tetapi bisa jadi itu adalah hormon yang dibuat oleh sapi saat mereka hamil yang berakhir di dalam susu mereka. Orang yang memiliki kadar hormon yang lebih tinggi dalam darahnya cenderung memiliki lebih banyak jerawat.

2. Gula dan beberapa karbohidrat

Jika pola makan penuh dengan makanan dan minuman seperti soda, roti putih, nasi putih, dan kue, mungkin Anda memiliki jerawat lebih banyak. Gula dan karbohidrat dalam makanan-makanan tersebut cenderung masuk ke dalam darah dengan sangat cepat atau tinggi pada indeks glikemik. Ketika tubuh membuat lebih banyak insulin untuk menurunkan gula darah, hormon yang lain berpengaruh dalam meningkatkan produksi minyak di kulit.

3, Cokelat

Beberapa penelitian menunjukkan, orang yang makan lebih banyak coklat akan lebih mungkin berjerawat. Bahan utamanya, kakao, bukan alasannya karena dalam sebuah penelitian, orang yang makan cokelat dengan 10 kali lebih banyak kakao tidak lebih mungkin terkena jerawat daripada mereka yang makan jenis biasa, seperti lebih banyak susu dan gula. Oleh karena itu, cokelat hitam mungkin merupakan pilihan yang lebih baik jika Anda mencoba mengendalikan jerawat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro