Merokok/boldsky.com
Health

Ini yang Terjadi pada Tubuh Jika Anda Merokok

Kresensia Kinanti
Selasa, 18 Juli 2023 - 10:35
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA – Merokok dapat membahayakan kesehatan secara keseluruhan. Ada banyak perubahan yang terjadi pada tubuh akibat merokok.

Rokok mengandung racun yang dapat mengganggu kesehatan kulit dan dapat menyebabkan penuaan dini serta kondisi lainnya termasuk kanker kulit.

Melansir Your Tango, tidak hanya menimbulkan penyakit kronis, merokok juga dapat merubah tampilan fisik secara perlahan.

Berikut adalah 12 hal yang dapat terjadi pada tubuh jika Anda merokok:

1. Kantung mata

Tahukah Anda bahwa nikotin mengganggu pola tidur alami manusia? Hal ini dapat menyebabkan pengumpulan cairan di bawah mata. Dikombinasikan dengan berkurangnya elastisitas kulit, kantung mata dapat terlihat jelas pada seorang perokok.

2. Psoriasis

Psoriasis adalah kondisi peradangan kulit kronis yang menimbulkan bercak gatal dan bersisik. Pada warna kulit gelap, psoriasis dapat tampak ungu atau coklat tua dengan sisik abu-abu. Pada warna kulit yang terang, psoriasis dapat terlihat merah atau merah muda dengan sisik keperakan.

Satu studi menemukan bahwa semakin sering orang merokok, semakin tinggi risikonya terkena psoriasis. Hubungan antara psoriasis dan merokok mungkin adalah nikotin dalam rokok. Nikotin memengaruhi sistem kekebalan tubuh, peradangan kulit, dan pertumbuhan sel kulit, yang semuanya dapat berkontribusi pada perkembangan psoriasis.

3. Kerusakan gigi

Kandungan nikotin pada rokok dapat menodai bahkan merusak gigi. Merokok juga dapat menyebabkan kanker mulut dan penyakit gusi yang dapat menyebabkan Anda kehilangan gigi.

4. Penuaan dini dan kerutan

Racun dalam rokok dapat merusak kolagen dan elastin, yang merupakan komponen berserat pada kulit untuk menjaganya tetap kencang dan lentur. Tanpa kedua komponen ini, kulit dapat mengeras dan tidak elastis lagi, sehingga menimbulkan kerutan yang lebih dalam dan penuaan dini.

Kerutan ini biasanya paling terlihat di antara alis, sekitar mata, sekitar mulut dan bibir. Merokok juga dapat menyebabkan kulit kendur, terutama di bawah mata dan di sekitar garis rahang.

Merokok juga menyebabkan penuaan dini karena mempersempit pembuluh darah (membatasi jumlah oksigen yang didapat kulit Anda), meningkatkan produksi radikal bebas, dan menurunkan kadar vitamin A dalam kulit.

5. Jari-jari menguning

Berulang kali memegang rokok di antara jari-jari yang sama dapat menyebabkan warna kulit menguning akibat nikotin dan racun lain dalam rokok (biasanya disebut tar).

6. Rambut rontok atau rusak

Perokok memiliki rambut yang lebih tipis dan cepat beruban. Namun, Perokok pria dua kali lebih mungkin kehilangan rambutnya.

7. Bekas luka

Merokok menyebabkan penyempitan pembuluh darah, yang mengganggu kemampuan tubuh untuk mengedarkan darah dan membuat Anda lebih sulit untuk sembuh dari luka. Bahkan luka dan goresan kecil pun dapat membutuhkan waktu lebih lama untuk sembuh dengan baik jika Anda merokok.

8. Kulit Kusam

Ucapkan selamat tinggal pada kulit awet muda Anda. Semua bahan kimia dalam sebatang rokok menyebabkan kulit perokok menjadi lebih gelap karena kurangnya oksigen dalam tubuh akibat menghirup asap.

9. Stretch mark

Nikotin dapat merusak serat dan jaringan ikat di kulit Anda, menyebabkannya kehilangan elastisitas dan kekuatan.

10. Katarak

Merokok meningkatkan risiko katarak dengan memberikan stres oksidatif pada lensa mata.

11. Kanker kulit

Asap rokok mengandung karsinogen, yang merupakan zat penyebab kanker. Jika Anda merokok, Anda berisiko lebih besar terkena karsinoma sel skuamosa, suatu jenis kanker kulit.

Karsinoma sel skuamosa dapat terlihat seperti bercak kasar atau bersisik, benjolan yang menonjol, luka terbuka, atau pertumbuhan seperti kutil pada kulit Anda. Pertumbuhannya mungkin berwarna cokelat pada warna kulit gelap atau merah pada warna kulit terang.

12. Memperburuk kondisi kulit

Jika Anda memiliki salah satu dari kondisi kulit berikut ini, merokok dapat memperburuk gejalanya:
- Lupus eritematosus sistemik (penyakit autoimun)
- Kondisi kulit akibat pembuluh darah (seperti rosacea)
- Kondisi mulut (seperti sariawan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro