Ilustrasi pria berhenti merokok/Freepik
Health

Merokok Sebabkan Keriput? Ini Penjelasannya

Sabina Arla Yogandini
Jumat, 23 Juni 2023 - 21:29
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Bagi Anda yang merupakan seorang perokok, mungkin Anda sudah mengetahui risiko apa yang terjadi bagi kesehatan Anda kedepannya. Adapun salah satu hal yang akan Anda alami sebagai perokok adalah perubahan penampilan kulit secara keseluruhan. 

Dilansir dari Healthline, racun dalam tembakau atau yang Anda hirup saat merokok dapat mempengaruhi seluruh organ tubuh Anda, termasuk kulit. Racun tersebut dapat mengurangi aliran darah ke sel-sel kulit, mengurangi kelembapan dalam dermis, dan memecah kolagen dan elastin sehingga  mengakibatkan keriput di kemudian hari. 

Ketika kadar kolagen dan elastin menurun,  kulit cenderung mengendur, berkerut, dan kehilangan kekencangannya. Kebiasaan merokok dapat membuat pembuluh darah Anda menyempit. Hal ini dapat  menghambat oksigen dan nutrisi penting yang masuk ke dalam sel-sel kulit Anda. 

Umumnya, seorang perokok dapat mengalami keriput dini atau muncul lebih awal dibandingkan dengan keriput yang disebabkan oleh penuaan biasa. 

Adapun kebiasaan mengerutkan dahi ketika menghisap rokok dapat menyebabkan kerutan di sekitar bibir Anda lebih terlihat. Untuk hubungan antara kerutan dan merokok akan nampak jelas jika seorang perokok merokok lebih dari 40 bungkus per tahun.

Sebuah penelitian tahun 2019 menemukan bahwa 19 mantan perokok mengalami peningkatan kadar kolagen secara signifikan 4-8 minggu setelah berhenti merokok. Oleh karena itu, terdapat kemungkinan hilangnya kerutan setelah berhenti merokok. 

Namun, hingga saat ini belum terdapat bukti yang jelas terkait berhenti merokok yang akan mengembalikan kerusakan kulit sepenuhnya. Sebuah penelitian menemukan bahwa bintik-bintik penuaan dan hiperpigmentasi membaik dalam waktu satu bulan setelah berhenti merokok.

Ini cara mencegah keriput pada wajah akibat merokok:

1. Mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral agar dapat membantu memulihkan, memperkuat, dan melindungi kulit Anda

2. Olahraga secara teratur agar dapat meningkatkan aliran darah dan meningkatkan produksi antioksidan alami dalam tubuh Anda. Hal ini juga  dapat membantu melindungi semua sel Anda, termasuk sel kulit

3. Tidur nyenyak karena dapat membantu memperbaiki sel kulit dan meningkatkan produksi kolagen

4. Menggunakan tabir surya untuk membantu mengurangi kerutan dan bintik-bintik matahari

5. Melakukan perawatan kulit secara rutin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro