Ginjal/thekidneysolution.com
Health

6 Makanan dan Minuman yang Bisa Sebabkan Batu Ginjal

Mia Chitra Dinisari
Minggu, 6 Agustus 2023 - 15:01
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Sebuah penelitian baru mengungkapkan, makanan dan minuman olahan tinggi gula, seperti biskuit, kue, dan minuman bersoda dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Dalam studi yang dipublikasikan di jurnal Frontiers in Nutrition, para peneliti telah menunjukkan untuk pertama kalinya bahwa asupan gula tambahan yang lebih besar meningkatkan kemungkinan mengembangkan kondisi tersebut.

Batu ginjal terjadi ketika produk limbah dalam darah membentuk kristal dan terkumpul di ginjal.

Hal ini dapat menyebabkan rasa sakit yang parah, mual, muntah, demam, menggigil, dan urin berdarah.

Jika tidak dikeluarkan secara alami melalui urin atau diobati, mereka juga dapat menyebabkan infeksi, pembengkakan ginjal, dan penyakit ginjal yang berpotensi fatal.

Menurut NHS, penyebab umum batu ginjal termasuk dehidrasi, beberapa obat dan kondisi tertentu seperti diabetes, obesitas, dan penyakit radang usus.

Penulis utama studi Doctor Shan Yin berkata: “Studi kami adalah studi pertama yang melaporkan hubungan antara konsumsi gula tambahan dan batu ginjal.

"Ini menunjukkan bahwa membatasi asupan gula tambahan dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal."

Sebagai bagian dari penelitian, Dr Yin dan rekannya menganalisis data kesehatan dari lebih dari 28.000 orang dewasa Amerika yang melaporkan sendiri jika mereka memiliki riwayat batu ginjal.

Asupan gula tambahan harian mereka diperkirakan dari ingatan konsumsi makanan dan minuman terakhir mereka, diberikan dua kali termasuk sekali dalam wawancara tatap muka, dan sekali dalam wawancara telepon antara tiga dan 10 hari kemudian.

Para peserta juga diberikan skor indeks makan sehat yang meringkas pola makan mereka dalam hal kecukupan komponen makanan yang bermanfaat seperti buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian.

Asupan makanan yang berpotensi berbahaya, seperti biji-bijian olahan, garam, dan lemak jenuh juga dipertimbangkan.

Tim peneliti menyesuaikan kemungkinan berkembangnya batu ginjal per tahun selama percobaan untuk berbagai faktor termasuk jenis kelamin, usia, ras atau etnis, pendapatan relatif dan indeks massa tubuh (BMI).

Pada awal penelitian, peserta dengan asupan gula tambahan yang lebih tinggi cenderung memiliki prevalensi batu ginjal yang lebih tinggi saat ini, skor makan sehat yang lebih rendah, dan tingkat pendidikan yang lebih rendah.

Asupan rata-rata keseluruhan gula tambahan adalah 272 kalori per hari, yang setara dengan 13,2 persen dari total asupan energi harian.

Tim peneliti menunjukkan bahwa persentase asupan energi dari gula tambahan "secara positif dan konsisten" berkorelasi dengan batu ginjal.

Misalnya, peserta yang asupan gula tambahannya termasuk 25 persen tertinggi memiliki peluang 39 persen lebih besar untuk mengembangkan batu ginjal selama penelitian.

Demikian pula, peserta yang memperoleh lebih dari 25 persen energi total mereka dari gula tambahan memiliki peluang 88 persen lebih besar daripada mereka yang memperoleh kurang dari lima persen energi total dari gula tambahan.

“Studi lebih lanjut diperlukan untuk mengeksplorasi hubungan antara gula tambahan dan berbagai penyakit atau kondisi patologis secara rinci. Misalnya, jenis batu ginjal apa yang paling banyak dikaitkan dengan asupan gula tambahan? Berapa banyak kita harus mengurangi konsumsi gula tambahan untuk menurunkan risiko pembentukan batu ginjal?" ujar tim peneliti dilansir dari Express.

Penelitian ini, oleh tim dari Nanchong di China, menyimpulkan bahwa peningkatan konsumsi gula tambahan harus ditambahkan ke dalam daftar faktor risiko batu ginjal.

Mereka menunjuk enam jenis makanan dan minuman yang merupakan penyebab terburuk karena jumlah tambahan gula yang dikandungnya.

Minuman bersoda yang dimaniskan dengan gula

  1. Minuman buah
  2. Cokelat
  3. Es krim
  4. Biskuit
  5. Kue

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel

Bagikan

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terkini

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Terpopuler

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro